10 Perusahaan Properti Dengan Agregat Proyek Terbesar Di Indonesia

10 Perusahaan Properti Dengan Agregat Proyek Terbesar Di Indonesia

Sepuluh perusahaan properti terbesar Indonesia berhasil meraih BCI Asia Top 10 Awards tahun 2019. Bentuk penghargaan ini hanya diberikan pada pengembang yang nilai agregat proyeknya terbesar dan sedang dibangun dalam kurun waktu selama tahun 2018 penuh. Research Manager pihak BCI Asia yakni Cahyono Siswanto menyampaikan bahwa penilaian agregat berdasarkan proyek yang sedang dalam proses pengerjaan perusahaan properti tersebut.

Kendati ada para pengembang melansir memiliki banyak new project, tetapi pengembang tak langsung mengerjakan, sehingga nilai proyek itu tak masuk penghitungan. Jadi yang menjadi penilaian adalah nilai konstruksinya, bukan seberapa besar nilai hasil penjualan. Oleh karena itu, annual event menjadi sarana untuk memetakan tolak ukur. Berikut ini adalah daftar 10 perusahaan properti terbesar Indonesia yang berhasil memperoleh BCI Asia Top 10 Awards tahun 2019, antara lain.:

PT Adhi Commuter Properti

Salah satu perusahaan properti terbesar Indonesia ini merupakan anak perusahaan BUMN (Badan Usaha Milik Negara) PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Perusahaan ini bergerak dalam bidang Town Management & Support dan Property.

Pada 16 Mei 2016, didirikan berdasarkan tujuan memenuhi kebutuhan tersedianya kawasan hunian yang terintegrasi serta support facilities sekitar area jalur LRT (Light Rail Transit). Pada 2 Juli 2018, ADHI melakukan pemisahan Departemen TOD dan menjadi sebuah anak perusahaan yaitu PT. Adhi Commuter Properti.

PT Ciputra Development Tbk

Salah satu perusahaan properti terbesar Indonesia ini didirikan tahun 1981. Mengembangkan perumahan berskala besar serta komersial merupakan keahlian bisnis sekaligus inti PT Ciputra Development Tbk.

Perusahaan properti ini sudah memperluas operasinya menangani proyek perumahan komersial di kota-kota besar seluruh Indonesia, termasuk merambah proyek internasional di China. Perusahaan property ini pertama kali masuk dalam daftar pasar saham di tahun 1994.

BACA JUGA :  Cara Jitu Promosi Jualan Yang Sukses

PT Astra Land Indonesia

Perusahaan properti terbesar Indonesia ini berdiri pada 14 Oktober tahun 2016. Pengembang in merupakan joint venture antara Hongkong Land Ltd dan Astra International dengan kepemilikan saham 50 : 50.

PT Astra Land Indonesia menjadi ‘kendaraan’ Astra Property Group dalam hal residential. PT. Astra Land Indonesia memfokuskan diri untuk menggarap proyek pengembangan perumahan, fasilitas publik, area terbuka publik dan apartemen.

PT Pakuwon Jati Tbk

Pakuwon Jati sudah lebih dari 36 tahun menjadi pengembang yang berpengalaman. Didirikan pada tahun 1982 dan terdaftar di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya sejak 1989. Perusahaan terintegrasi secara vertikal di seluruh rantai nilai real estat, mulai dari pembebasan lahan, pengembangan properti, pemasaran dan manajemen operasional.

Pakuwon Jati menjadi pelopor konsep Superblock di Indonesia, pengembangan mixed-use terintegrasi berskala besar dari pusat perbelanjaan ritel, perkantoran, kondominium dan hotel.

PT Wijaya Karya Realty

Perusahaan properti terbesar Indonesia ini memfokuskan bisnisnya dalam pengembangan property dan realty yang juga mencakup layanan konsultasi, perencanaan, konstruksi dan layanan lansekap. WIKA Realty telah mengembangkan beberapa hunian sejak tahun 1985. Pada tahun 2001, WIKA Realty melakukan diversifikasi bisnis.

PT Summarecon Agung Tbk

Perusahaan ini berdiri oleh Soetjipto Nagaria dan rekan-rekannya pada tahun 1975. Pembangunan awal mulai dari lahan rawa dengan luas 10 hektar di area Jakarta. Dari situ para pendiri berhasil menjadikannya sebagai kawasan perumahan dan komersial di Jakarta, area ini adalah Kelapa Gading.

Bertahun-tahun kemudian perusahaan ini berhasil membangun reputasi yakni sebagai pemain properti terkemuka yang ada di Indonesia, utamanya untuk pengembangan areal perkotaan.

PT PP Properti Tbk

PT PP Properti Tbk berdiri Tahun 2013. PP Properti mengintegrasikan pengembangan dengan fasilitas beragam dan lengkap. Lebih 20 tahun PP Properti mengembangkan kemampuannya. PT PP Properti Tbk mempunyai 3 fokus bisnis, yaitu Residensial, Hotel dan Komersial.

BACA JUGA :  Peluang Usaha Minuman Kemasan Dan Mudah Dikembangkan

Sinarmas Land

Sinar Mas Land Limited atau dikenal dengan AFP Properties Limited merupakan adalah salah satu dari sekian perusahaan properti Indonesia yang terdaftar di Bursa Singapura. Tak hanya itu, Sinarmas Land ini juga memiliki kantor pusat di Singapura juga.

Sinar Mas Land memiliki investasi jangka panjang berupa bangunan komersial, hotel dan resort, serta terlibat dalam pengembangan dan penyewaan properti di Cina, Indonesia, Singapura, dan Malaysia.

PT Trans Property

Perusahaan ini sebelumnya dikenal dengan nama PT Para Inti Propertindo. Salah satu perusahaan properti terbesar Indonesia ini didirikan tahun 1996, kemudian tahun 2007 berganti nama menjadi Trans Property. Chairul Tanjung merupakan tokoh kunci dibalik berdirinya perusahaan property yang berkantor pusat di Jakarta ini

Waskita Realty

PT. Waskita Karya memiliki 5 bidang bisnis meliputi Beton Precast, Jasa Konstruksi, Properti, Procurement dan Engineering, serta Pengoperasian – Pemeliharaan Tol. Perusahaan properti ini didirikan pada 1 Januari 1961 dan menjadi salah satu pelopor developer di Indonesia. Sejak tahun 1973, Waskita Karya resmi menjadi PT (Perseroan Terbatas). Untuk proyek-proyek properti pengelolaan di bawah naungan PT Waskita Karya Realty.

Related Posts