5 Tips Desain Kop Surat Yang Efektif

5 Tips Desain Kop Surat yang Efektif

Meskipun saat ini perkembangan dunia teknologi semakin canggih dan memudahkan aktivitas akan tetapi penggunaan surat untuk kedinasan atau instansi bahkan dalam dunia bisnis tetap menjadi hal yang penting.

Adanya surat maka sebuah pemberitahuan atau undangan akan lebih bersifat resmi jika dibandingkan dengan pemberitahuan melalui media lainnya. Oleh karena itu dalam pembuatan surat resmi ini sebaiknya terdapat salah satu unsur yang sangat penting yaitu kop surat. Oleh karena itu sebaiknya Anda mengetahui cara pembuatan desain kop surat yang benar serta efektif.

Bagi Anda yang saat ini bekerja dalam sebuah instansi atau perusahaan tentu akan sering berhubungan dengan klien atau pihak terkait. Setiap detail dari pembuatan surat akan menjadi penilaian tersendiri bagi klien sehingga akan sangat berpengaruh bagi kerjasama kedepannya.

Dalam hal ini Anda harus memperhatikan betul pembuatan desain kop surat dan tak menganggapnya sebagai hal yang remeh. Untuk membantu Anda untuk membuat desain kop surat yang efektif dan tepat maka berikut akan dijelaskan 5 tipsnya.

1. Masukkanlah Logo Sesuai Format yang Tepat
Kebanyakan surat resmi biasanya menggunakan sebuah logo instansi atau perusahaan pada bagian kop suratnya. Akan tetapi terkadang masih ditemukan banyak yang maih salah dalam menggunakan format logo tersebut. Tentu saja hal ini harus benar-benar diperhatikan demi kesuksesan kerjasama dengan meningkatkan kredibilitas instansi atau perusahaan melalui logo yang digunakan pada kop surat.
Kesalahan yang sering muncul dalam pemasangan logo pada kop surat adalah ukuran logo yang terlalu besar atau terlalu kecil serta pengaturan warna pada logo yang kurang tepat. Oleh karena itu disarankan untuk memasang logo kop surat dengan ukuran 300DPI, format TIF serta mode warna RGB.

2. Maksimalkan Informasi di bagian Samping atau Bawah Logo
Dalam pembuatan desain kop surat efektif, Anda harus memaksimalkan informasi yang tertera pada bagian samping atau bawah logo. Untuk surat sebuah perusahaan maka bisa menuliskan alamat, nomor telepon, email serta website perusahaan di bagian bawah logo. Pastikan menuliskan alamat, telepon, email dan website secara benar dan terbaru agar klien yang membacanya bisa menemukan informasi kontak Anda secara mudah. Karena jika salah menuliskan satu huruf saja maka bisa berdampak fatal. Sedangkan untuk bisnis perorangan maka bisa menuliskan nama pada bagian kop surat tersebut. Dengan tips ini maka klien akan lebih mudah jika ingin menghubungi perusahaan atau instansi Anda nantinya.

3. Ukuran Huruf atau tulisan
Agar desain kop surat dapat menjadi lebih efektif maka pastikan ukuran huruf pada tulisan di bawah atau disamping logo dapat terlihat lebih proporsional. Hindari memilih bentuk huruf yang terlalu rumit karena justru akan terlihat kurang profesional dihadapan klien. Selain itu ukuran huruf yang tepat akan mudah dibaca dan enak dipandang.

4. Cara Membuat Kop Surat
Bagi Anda yang masih belum memiliki pengalaman dalam membuat desain kop surat maka tak perlu khawatir karena sebetulnya pembuatan kop surat cukuplah mudah, cara dengan menggunakan Microsoft Word. Langkah pertama buatlah dokumen baru di Microsoft Word lalu klik view, pilih header and footer dan masukkan logo dengan klik insert, pilih picture lalu klik from file dalam pilih file logo Anda. Untuk menambahkan warna atau garis maupun tulisan maka pilih menu drawing toolbars. Pastikan Anda memilih warna serta penempatan garis yang tepat agar sesuai dengan kolom untuk isi surat.

5. Sesuaikan desain kop surat dengan material marketing
Untuk menciptakan brand image secara konsisten maka sesuaikan desain kop surat dengan desain material marketing misalnya judul pada website, kartu nama maupun brosur. Dengan cara ini tingkat kepercayaan serta konsistensi instansi atau perusahaan akan memiliki nilai lebih di mata klien.

Itulah penjelasan mengenai 5 tips desain kop surat yang efektif. Berdasarkan penjelasan diatas kini Anda bisa belajar membuat desain kop surat yang sesuai dengan ketentuan sehingga mampu meningkatkan branding serta kredibilitas instansi atau perusahaan Anda di mata klien maupun pihak lain yang terkait. Bagi Anda yang masih belum memahami cara pembuatan desain kop surat maka bisa menghubungi kontak Pranata Printing sekarang juga. Dapatkan informasi lengkap sebelum Anda mencetak kop surat.

Related Posts