6 Cara Hemat Di Tengah Pandemi Virus Corona

Cara Hemat Di Tengah Pandemi Virus Corona

Harus diakui banyak ekonomi rumah tangga yang terimbas dari wabah Covid 19 ini. Baik karena pekerjaannya hilang, usahanya redup atau bisnisnya bangkrut. Mungkin Anda adalah salah satunya? Jika iya anda harus lebih pandai dengan mengetahui cara hemat di tengah pandemi Virus Corona.

Anda yang terdampak jangan berkecil hati. Karena di luar sana banyak orang yang memiliki nasib sama dengan Anda. Sejak pandemi terjadi dan dilakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar di berbagai wilayah, jutaan orang telah terpaksa kehilangan pekerjaannya.

Sejak Mei 2020 berdasarkan data yang dihimpun oleh Kementerian Ketenagakerjaan, tak kurang dari 1,7 juta pekerja terkena dampaknya. Baik yang bekerja secara formal, maupun informal. Itu baru yang terverifikasi, bisa jadi angka sebenarnya lebih besar dan bertambah terus hingga hari ini.

Tentu saja Anda yang terdampak harus melakukan siasat untuk menjalani kehidupan. Akal mesti diputar lebih kencang untuk memikirkan langkah yang mesti dilakukan. Salah satunya dengan cara menghemat pengeluaran di tengah pandemi Virus Corona.

Cara Hemat Di Tengah Pandemi Virus Corona

Jika Anda tak bekerja atau gaji Anda dipotong, pasti Anda akan mengandalkan tabungan Anda. Aset-aset juga mungkin dijual satu persatu. Hanya saja, bagaimanapun harus disadari, bahwa itu semua terbatas. Ada masanya habis juga. Sementara Anda tak bisa memastikan, kapan pandemi ini akan berakhir?

Oleh karena itu perlu cara baru dalam mengelola keuangan. Lantas bagaimana cara hemat di tengah pandemi Virus Corona?

Jangan Buang-Buang Makanan

Dalam kondisi normal, mungkin Anda termasuk orang-orang yang dengan mudah menyisakan makanan. Baik itu berupa nasi, maupun lauk pauknya. Lalu dengan tanpa beban, Anda membuangnya ke tempat sampah.

Di tengah pandemi sebaiknya Anda pikir-pikir ulang untuk melanjutkan kebiasaan tersebut. Sebagai antisipasi Anda bisa memasak seperlunya saja. Dengan ukuran dan takaran yang lebih bijak, sehingga sisa pengeluaran untuk makanan bisa ditabung.

Mengurangi Jajan

Jajan adalah membeli makanan atau minuman tambahan yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan oleh tubuh Anda. Biasanya hanya untuk pemuasan rasa penasaran atau reaksi sesaat dari imajinasi dan penglihatan Anda terhadap makanan atau minuman.

Nah karena tak begitu vital bagi hidup Anda, untuk sementara waktu sebaiknya Anda mengurangi kegiatan jajan. Optimalkan kebutuhan tubuh dengan makanan yang bergizi dan nutrisi cukup.

Mengurangi Tagihan Listrik atau Pulsa

Listrik dan pulsa adalah sumber daya untuk menunjang aktivitas Anda yang berhubungan dengan teknologi. Cobalah lakukan refleksi, apakah pemakaian keduanya sudah dilakukan dengan seefektif mungkin?

Cobalah untuk mengatur kembali penggunaannya. Dengan lebih disiplin mematikan daya listrik manakala tidak digunakan. Begitu juga dengan kuota. Jika tidak terlalu penting, jangan habiskan kuota untuk kepentingan-kepentingan yang tidak bermanfaat.

Menunda Keinginan Memiliki Barang Tersier

Anda mungkin pernah mempelajari tentang teori kebutuhan ekonomi ketika sekolah. Dalam teori tersebut, kebutuhan ada tiga. Primer, sekunder dan tersier.

Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang identik dengan pemenuhan atas hasrat-hasrat memiliki benda mewah yang sebenarnya tidak benar-benar Anda butuhkan. Jangan mudah tergiur dengan promo. Cobalah lebih selektif dalam berbelanja.

Menghapus Budget Jalan-Jalan untuk Akhir Pekan

Kebanyakan rumah tangga, menyediakan uang khusus untuk dipakai berjalan-jalan di akhir pekan. Seringkali jumlahnya tidak sedikit. Kebiasaan yang satu ini sebetulnya dapat menjadi salah satu yang bisa dipangkas. Terlebih di masa pandemi, jalan-jalan ke tempat wisata adalah hal yang menantang resiko. Iya kan?

Mulailah Bercocok Tanam

Kita tidak tahu kapan pandemi berakhir. Namun walaupun kemungkinan terburuk itu datang, setidaknya kita mesti menyiapkan diri. Setidaknya dengan membangun sumber kemandirian pangan untuk keluarga sendiri. Yakni dengan cara bercocok tanam.

Cara hemat di tengah corona ini mungkin dampaknya kecil dirasakan dalam jangka pendek. Namun dalam jangka panjang, ini akan sangat bermanfaat dan merefleksikan keseriusan Anda menjaga masa depan keluarga.

Nah itulah 6 cara hemat di tengah pandemi Virus Corona. Tentu saja Anda mungkin punya cara lain diluar itu. Namun jika dirasa cara-cara di atas sangat relevan dan bisa Anda lakukan, tunggu apalagi untuk memulainya? Let’s Start!

Related Posts