7 Cara Menenangkan Pikiran Agar Jauh Dari Stress

Stres adalah reaksi yang diberikan oleh tubuh manakala seseorang  mengalami hal yang dianggap dapat memberi ancaman, tekanan, ataupun suatu perubahan yang mengusik hidup. Ketika muncul, jelas ini bukan sesuatu yang mengenakkan. Sehingga perlu diketahui cara menenangkan pikiran agar jauh dari stres.

Data mencengangkan pernah diungkapkan oleh dr.Eka Viora, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa. Ia menyampaikan bahwa 15,6 juta orang di Indonesia mengidap depresi. Depresi sendiri adalah kondisi yang lebih parah dari stres. Secara logis, yang stres jelas lebih banyak.

Cara Menenangkan Pikiran Agar Jauh Dari Stress

Orang yang mengalami kondisi ini, umumnya terganggu dalam banyak aspek. Dampaknya bisa meliputi aspek emosi, fisik, kognitif, hingga perilaku. Misalnya dalam bentuk mudah frustasi, moody, susah tidur, sering lupa, hingga melakukan perilaku-perilaku yang aneh.

Bahkan banyak penyakit yang sebagiannya bahkan kronis, bermula dari ketidakstabilan pikiran. Dengan kata lain gara-gara stres. Jika Anda merasa sebagai salah satu orang mengalami problem ini Anda sebaiknya tahu cara ampuh menenangkan pikiran agar jauh dari stres.

Rajin Bersosialisasi dengan Orang Lain

Bersosialisasi dipercaya bisa mengurangi tekanan emosi. Ketenangan pikiran dapat Anda rasakan ketika Anda melakukan sosialisasi dalam bentuk yang rileks dengan orang-orang terdekat. Misalnya dengan ngopi, hang out atau makan bersama.

Mungkin ini terlihat berat jika Anda sosok yang introvert. Namun Saya yakin se-introvert apapun Anda, pasti ada orang terdekat yang bisa diajak bersantai. Benar kan?

Rutin Berolahraga

Ada dua alasan yang dapat dikemukakan mengenai alasan olahraga dapat menjadi cara menenangkan pikiran dari stres. Pertama, olahraga bisa menurunkan tingkat hormon kortisol yang berpotensi berubah menjadi hormon stres.

Kedua, dapat merangsang tubuh untuk mengeluarkan endorfin. Yakni senyawa kimia yang bisa membantu Anda menumbuhkan mood.

Melakukan Kegiatan yang Berbeda dari Biasanya

Agar Anda dapat lebih stabil jiwanya, perlu juga untuk melakukan hal-hal baru dan lebih kompleks ketimbang konsisten dengan rutinitas yang itu-itu saja.

Misalnya jika Anda rajin berolahraga, maka cobalah jenis olahraga baru yang lebih kompleks. Berikan juga ide-ide baru dalam rutinitas Anda. Misalnya menambahkan pemasangan timer atau memberikan target dari apa yang Anda lakukan.

Menghindari Negatif Thinking

Berpikiran buruk terhadap apa-apa yang terjadi dalam hidup Anda, hanya akan menambah tingkat ketidak tenangan dalam jiwa. Maka cobalah untuk melihat berbagai masalah dengan cara berpikir yang positif.

Jauhkan diri Anda dari kecemasan dan berpikir mengenai hal-hal yang buruk bisa menimpa hidup Anda. Ubahlah berbagai persepsi pesimis dengan sugesti-sugesti yang bersifat optimistis. Jangan takut dengan masa depan, tapi hadapilah dengan persiapan.

Melakukan Refleksi Atas Kecemasan yang Dirasakan

Jika Anda stres karena mencemaskan satu atau banyak hal, maka cobalah merenung dan jawab pertanyaan berikut ini. Apakah kecemasan yang Anda pelihara memberikan manfaat? Adakah pengaruh yang baik?

Sesungguhnya kecemasan tidak mengubah apa-apa. Memikirkan berbagai hal buruk yang sebenarnya belum terjadi adalah sebuah kesia-siaan yang patut Anda refleksikan tingkat penting atau tidaknya.

Tidak Menunda Tugas dan Kewajiban

Seringkali bertumpuknya pekerjaan menjadi asal muasal stres muncul. Oleh karena itu hindari kegiatan menunda-nunda pekerjaan. Apa yang Anda bisa lakukan segera, lakukanlah sesegera mungkin. Jangan tunda dan membiarkannya menumpuk di masa deadline.

Agar ini bisa dilakukan Anda perlu membuat semacam daftar prioritas sebagai panduan manajemen aktivitas. Tentukan waktu pengerjaannya secara terstruktur dan lakukanlah dengan baik.

Membantu Orang Lain

Banyak orang yang sudah membuktikan, mereka keluar dari zona stres dengan cara terjun ke dalam aktivitas sosial. Dengan membantu meringankan urusan orang lain yang perlu dibantu. Anda juga tentu bisa melakukan hal ini.

Memulai kegiatan membantu dengan meringankan beban orang-orang terdekat Anda. Bantuan tak melulu uang tentunya. Bisa dalam bentuk tenaga dan pemikiran. Cara sederhana menenangkan diri dari stres ini layak Anda coba.

Ke tujuh cara ini tentu saja hanya sebagian dari sekian banyak solusi yang bisa Anda coba. Anda bisa mengabaikannya, namun bisa pula mencobanya. Alangkah bahagianya jika cara menenangkan pikiran agar jauh dari stres yang dipaparkan ini membantu Anda.

Related Posts