7 Langkah Mudah Membuat NPWP Secara Online

7 Langkah Mudah Membuat NPWP Secara Online PranataPrinting

Berikut pembahasan mengenai 7 langkah mudah membuat NPWP secara online. NPWP merupakan singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak. NPWP sangat penting dimiliki karena akan memudahkan segala urusan yang terkait dengan pajak dan keuangan, sayangnya banyak masyarakat yang belum mengerti apa itu NPWP dan apa pula manfaatnya. Meski saat ini sudah ada langkah membuat NPWP secara online, kurangnya pemahaman terkait fungsi atau manfaat NPWP membuat layanan ini kurang efektif.

Fungsi dan Manfaat Pembuatan NPWP

NPWP sendiri memiliki fungsi yang cukup banyak. Beberapa fungsi dari NPWP ini antara lain:

  1. Menunjukkan identitas dari orang yang wajib pajak
  2. Sebagai alat yang digunakan dalam administrasi perpajakan
  3. Ikut serta dilampirkan dalam dokumen-dokumen perpajakan yang berkaitan dengan orang yang wajib pajak tersebut
  4. Membantu mewujudkan administrasi perpajakan yang rapi dan tertib.

Sedangkan untuk manfaat dari NPWP sendiri intinya adalah memudahkan seseorang dalam mengurus dokumen kenegaraan seperti pembuatan pasport, pembayaran pajak final (PPh, PPN dan sebagainya), pengajuan kredit pada bank dan beberapa urusan administrasi yang lain.

Langkah Membuat NPWP Secara online?

Sebagian besar dari masyarakat selama ini menganggap bahwasanya untuk bisa mendapatkan dan mengurus NPWP itu sangat rumit. Padahal tidak serumit yang dibayangkan, apalagi saat ini telah ada langkah membuat NPWP secara online. Layanan pembuatan NPWP ini lebih membantu dan memberi kemudahan tersendiri khususnya yang terkendala jarak dan waktu.

Sebelum mulai pendaftaran, sebelumnya Anda harus terlebih dahulu membuat akun di situs ereg.pajak.go.id. Selain itu pastikan pula email yang telah Anda daftarkan adalah email aktif karena nantinya akan ada kode verifikasi yang dikirim ke email tersebut. Perlu diperhatikan, nanti jika ada pilihan pusat atau cabang, pilihlah status “pusat” jika Anda masih lajang dan “cabang” jika Anda seorang wanita.

BACA JUGA :  Manfaat Dan Pentingnya Motivasi Yang Perlu Diketahui

Setelah pendaftaran berhasil kemudian Anda akan bisa meneruskan langkah membuat NPWP secara online, yakni sebagai berikut :

  1. Persiapkan Dokumen
    Siapkan semua dokumen yang dibutuhkan. Untuk pendaftaran ini Anda nanti hanya cukup menyiapkan dokumen identitas KTP atau SIM.
  2. Kunjungi Situs Dirjen Pajak
    Sebagaimana yang diulas diatas, pembuatan NPWP online ini akan dilayani langsung di situs Dirjen Pajak. Adapun alamatnya di ereg.pajak.go.id login atau pajak.go.id. Selanjutnya pilih opsi pendaftaran. Tunggu sebentar dan form pendaftaran akan muncul dan siap untuk diisi.
  3. Aktivasi Akun
    Jika akun telah berhasil didaftarkan, langkah membuat NPWP online selanjutnya yakni aktivasi akun. Masuk ke inbox email lalu buka tautan aktivasi yang berasal dari Dirjen Pajak. Nantinya di dalamya akan ada petunjuk selanjutnya untuk melakukan aktivasi.
  4. Isi Data Pribadi
    Setelah akun berhasil di aktifkan, langsung login ke sistem e-registration. Jika proses ini berjalan lancar, Anda akan masuk ke halaman registrasi pajak untuk pembuatan NPWP. Isikan semua form yang ada dan pastikan tidak ada kesalahan. Jika sudah benar, Anda akan mendapatkan Surat Keterangan Terdaftar Sementara.
  5. Kirim Formulir Lalu Cetak Dokumen
    Lanjutkan dengan klik Daftar untuk mengirimkan form yang sudah diisi. Cetak juga surat keterangan yang telah Anda dapatkan tadi dengan klik cetak.
  6. Tanda Tangan dan Lengkapi Dokumen
    Langkah selanjutnya dengan menandatangani semua dokumen lalu kirimkan ke KPP terdekat dengan domisili. Untuk melengkapi step ini, Anda bisa mengirimkannya via pos, datang langsung ke KPP atau mengupload dokumen dalam bentuk soft copy lewat akun e-registration Anda.
  7. Cek Status dan Tunggu Kiriman NPWP
    Selanjutnya tunggulah status pendaftaran lewat email. Jika ditolak artinya ada beberapa yang harus diperbaiki atau kurang lengkap. Dan jika disetujui maka kartu NPWP akan segera dikirim ke alamat domisilimu.
BACA JUGA :  Manfaat Rigid Box Bagi Pemilik Toko Online

Itulah beberapa langkah mudah membuat NPWP secara online dan segala sesuatu dokumen yang harus dipersiapkan, semoga dapat membantu mempermudah pelaksanaan pembuatan NPWP anda secara online yang tanpa ribet dan bisa dilakukan dengan sangat sederhana. Sekian pembahasan mengenai 7 langkah mudah membuat NPWP secara online.

Related Posts