Apa Itu Influencer Marketing Dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Apa Itu Influencer Marketing Dan Manfaatnya Bagi Bisnis Pranata Printing

Pernahkah Anda mendengar istilah influencer marketing? Bagi orang yang baru merintis bisnis, mungkin Anda belum mengetahui apa itu influencer marketing. Di sini Anda akan dijelaskan mengenai pengertian dan manfaat influencer marketing bagi bisnis. Yuk kita simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Influencer Marketing?

Pengertian influencer marketing dan manfaatnya bagi bisnis itu apa saja ya? Influencer marketing adalah orang yang memiliki keputusan pembelian dari orang lain karena ia memiliki otoritas, pengetahuan, ataupun hubungan yang kuat dengan para audiensnya.

Selain itu influencer marketing cocok untuk diterapkan dengan situasi dimana konsumen tidak lagi menarik dengan iklan tradisional dan pesan pemasaran yang berkurang kredibilitasnya setiap hari. Menariknya profesi ini menjadi topic hangat bagi para pemilik bisnis maupun marketer belakangan sebagai alternatif iklan tradisional yang seringkali mahal dan tidak efisien.

Seorang dengan profesi ini juga harus menjadi orang yang terpercaya juga pastinya mempunyai pengikut setia. Meskipun masih ada juga seorang influencer yang tidak mempunyai kemampuan maupun keahlian tidak sama dengan produknya. Maka pilihlah seorang influencer yang tentunya cocok dengan bisnis apa yang Anda miliki.

Masih belum paham dengan pengertian influencer marketing? Tenang saja berikut ini berbagai contohnya. Contohnya seperti seorang Iqbal Ramadhan yang dapat merekomendasikan sebuah aplikasi cara belajar dengan mudah dan murah.

Aplikasi ini dapat dijalankan melalui handphone/ laptop yang tingkatannya sama dengan bimbingan belajar. Dengan menggunakan aplikasi tersebut maka seseorang bisa mendapatkan sebuah paparan dan juga penjelasan yang rinci.

Akan tetapi seorang influencer juga memiliki kelemahan yakni tidak bisa dikendalikan seperti pemasaran lainnya. Jika tersandung masalah hukum dan mendapatkan citra negatif imbasnya akan mempengaruhi nilai suatu produk dalam pasaran.

BACA JUGA :  Berbagai Jenis Merchandise Souvenir Untuk Promosi Perusahaan

Influencer marketing memang bukan alat memasarkan produk saja. Tetapi suatu asset berharga dalam menjalin hubungan suatu brand dengan cara bekerjasama untuk melakukan pemasaran.

Setelah mengetahui pengertian influencer marketing dengan paham, maka saatnya Anda mengetahui manfaat influencer marketing bagi bisnis itu sendiri. Dengan begitu, Anda tidak hanya mengetahui pengertiannya saja tetapi manfaat influencer bagi bisnis juga. Yuk Kita simak manfaat influencer marketing bagi bisnis di bawah ini.

Apa Saja Manfaat Influencer Marketing Bagi Bisnis?

Adapun manfaat influencer marketing bagi bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Membangun Kepercayaan

Manfaat influencer marketing bagi bisnis yang pertama adalah membangun kepercayaan konsumen. Konten yang dibagikan oleh seorang influencer marketing membuat bisnis Anda terlihat berkualitas, aman dan memiliki kredibilitas .

Biasanya dibuktikan dengan adanya testimoni dari pelanggan. Dengan begitu followers akan memiliki sebuah pandangan terhadap produk Anda. Apalagi melihat produk yang direkomendasikan melalui idolanya. Sehingga akan menarik langsung seorang influencer marketing dalam membangun kepercayaan.

  1. Menentukan Target Pasar

Influencer marketing memiliki platform media sosial yang berbeda-beda, sehingga Anda juga memanfaatkan keuntungan ini dengan membuat target pasar. Tetapi, sesuaikan jenis sosial media dengan target pasar brand Anda itu sendiri. Dengan begitu strategi pemasaran yang Anda buat sesuai dan tepat dengan pangsa pasar yang dituju.

  1. Mendapatkan Feedback dengan cepat

Manfaat influencer marketing bagi bisnis Anda yang lainnya adalah Anda akan segera mendapat feedback secara langsung dan cepat. Feedback dapat langsung Anda lihat melalui likes, komentar, atau bentuk interaksi yang lainnya yang ditinggalkan para followers pada postingan yang dilakukan influencer Anda.

  1. Meningkatkan Penjualan

Manfaat influencer marketing yang keempat bagi bisnis Anda adalah dengan bekerja sama kepada seorang influencer terpercaya yang merekomendasikan suatu produk maupun jasa Anda. Dengan begitu para followers-nya otomatis akan mempertimbangkan bahwa yang diposting menarik perhatian untuk dibeli. Dengan begitu maka hal ini dapat meningkatkan penjualan bisnis produk / jasa Anda.

BACA JUGA :  Tips Membuat Desain Sertifikat Yang Menarik

Itulah beberapa manfaat influencer marketing bagi bisnis Anda yang tentunya dapat membantu dalam berkembangnya bisnis yang dimiliki. Hal ini tidak terpaut baik itu bisnis baru maupun bisnis industri.

Kepercayaan yang bisa Anda dapat dan tentunya bisa dicapai cukup besar di kalangan pengguna sosial media jika menggunakan influencer. Maka pastinya lebih efektif ketika Anda menjalankan bisnis Anda tersebut. Tetapi jangan lupa untuk selalu mengedepankan kualitas dan pelayanan, supaya semakin dikenal dan dipercaya lagi dan lagi oleh para konsumen lainnya.

Related Posts