Berbagai Jenis Bahan Spanduk Outdoor Terbaik

Spanduk kini banyak digunakan baik untuk promosi sebuah produk ataupun untuk acara-acara tertentu apalagi spanduk outdoor yang kini banyak diminati. Jenis bahan spanduk outdoor saat ini banyak jenis dan macamnya seiring dengan perkembangan jaman.

Selain itu seiring dengan adanya digital printing yang semakin canggih membuat bahan spanduk banyak ragamnya sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Saat Anda akan membuat spanduk, maka Anda akan menyesuaikan bahan spanduk apa yang cocok dengan spanduk yang telah Anda buat.

Pemilihan jenis bahan spanduk outdoor juga bergantung pada acara yang akan dilaksanakan. Sehingga spanduk outdoor yang Anda buat nantinya akan berfungsi secara optimal dan sesuai dengan apa yang Anda butuhkan. Beberapa jenis bahan spanduk outdoor terbaik yang biasa digunakan yaitu

Flexi Jerman

Flexi Jerman merupakan jenis bahan spanduk outdoor yang terbaik karena memiliki ketebalan yang bagus dan sangat cocok untuk spanduk outdoor. Bahan tersebut bisa dibilang salah satu bahan spanduk outdoor terbaik. Berat atau gramasi dari bahan flexi Jerman yaitu berkisar 230 sampai 400 gram untuk spanduk itu bahan yang bagus. Karena bahan tersebut bagus dan tebal maka harganya pun agak sedikit mahal.

Bahan jenis flexi Jerman jarang tersedia di percetakan kecil dan hanya tersedia di percetakan yang besar. Jadi jika Anda ingin membuat spanduk outdoor dengan bahan jenis tersebut lebih baik langsung mendatangi percetakan yang besar sekalian.

Flexi China

Jenis bahan spanduk flexi China memiliki serat yang agak kasar dan agak tipis dan biasanya cocok digunakan untuk acara outdoor. Namun, jenis bahan spanduk outdoor ini sangat awet dan kuat sehingga cocok untuk acara outdoor untuk jangka waktu yang lama. Berat atau gramasi dari bahan jenis flexi China itu bermacam-macan namun yang biasa digunakan yaitu 260 gram, 280 dan 340 gram.

BACA JUGA :  Berbagai Macam Teknik Mencetak Dalam Seni Grafis

Flexi Korea

Selain ada flexi China dan Jerman ada juga flexi Korea yang memiliki kualitas bahan lebih bagus daripada flexi China namun tidak lebih bagus dari flexi Jerman. Saat Anda menggunakan jenis bahan spanduk outdoor tersebut untuk spanduk outdoor maka hasilnya akan lebih bagus karena bahannya yang memiliki serat lebih halus.

Flexi Korea memiliki berat atau gramasi yang beragam berkisar antara 250 gram sampai 400 gram.  Karena ketebalan yang bagus dan harganya tidak terlalu mahal bahan tersebut sering digunakan untuk spanduk outdoor sebagai iklan atau promosi.

Albatros

Bahan spanduk albatros merupakan bahan yang biasa dipilih sebagai bahan spanduk outdoor dengan jangka pendek. Alasanya karena jenis bahan spanduk outdoor tersebut mempunyai tekstur yang lembut dan lebih halus daripada bahan yang lainnya. Selain itu, saat terkena matahari warna dari gambar akan pudar jadi bahan spanduk ini hanya cocok untuk acara outdoor dan jangka pendek.

Bahan albatros juga cocok untuk mencetak foto dalam bentuk spanduk namun harus diperhatikan kualitas dari fotonya sendiri. Sehingga, nantinya setelah dicetak foto yang dihasilkan tidak blur.

Luster

Jenis bahan spanduk outdoor luster mempunyai ciri-ciri yaitu mengkilap, agak tipis, dan permukaannya yang sedikit kasar. Bahan jenis Luster ini cocok untuk spanduk outdoor namun yang tidak terkena sinar matahari karena bahannya sendiri sudah mengkilap.

Easy Banner

Bahan spanduk easy banner mempunyai ciri-ciri yaitu kaku dan permukaannya agak kasar dibandingkan dengan bahan yang lainnya. Bahan jenis tersebut akan sangat cocok untuk spanduk outdoor karena bahannya yang kaku. Namun, jenis bahan spanduk outdoor seperti easy banner masih belum banyak yang mengetahuinya karena di percetakan pun masih jarang yang menyediakannya.

BACA JUGA :  Perbedaan Digital Printing dan Konvensional Printing

Poly A dan Poly B

Bahan spanduk Poly A memiliki ciri-ciri yaitu mempunyai konstruksi 50 x 46 dengan lebar 96 Cm dan 120 Cm beserta harganya yang relatif rendah. Sedangkan poli B memiliki ciri-ciri yaitu mempunyai konstruksi 50 x 34 dengan lebar yang sama seperti poly A. Harga yang ditawarkan pun tidak jauh berbeda dengan poly A. bahan tersebut sangat cocok untuk acara outdoor dan jangka pendek.

Beberapa jenis bahan di atas semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan bisa membantu Anda dalam menentukan jenis bahan spanduk outdoor jika ingin mencetak spanduk.

Related Posts