Berbagai Jenis Media Promosi Cetak Untuk Promosi Bisnis

Berbagai Jenis Media Promosi Cetak Untuk Promosi Bisnis Poster

Banyak cara dan banyak strategi yang keluar dari hasil berpikir kreatif manusia. Apalagi sekarang sudah didukung dengan sarana komunikasi yang luas dan tidak terbatas. Kita sudah tidak perlu risau untuk mengenalkan kegiatan bisnis kita kepada pasar, karena media promosi cetak untuk bisnis yang cocok bisa digunakan dengan maksimal. Memilih menjadi seorang pengusaha adalah pilihan hidup yang akan menentukan kualitas hidup seseorang. Mereka harus siap dengan prosesnya dan juga siap dengan tantangannya. Karena memang akan ada banyak rintangan yang menghadang.

Namun dengan ketetapan dan kemantapan hati, bisnis kita akan berjalan lancar asalkan tekun dan jujur. Salah satu caranya adalah memilih media promosi cetak untuk bisnis yang efektif. Kita bisa menggunakan lebih dari satu jenis media cetak untuk promosi. Promosi adalah ritual wajib bagi para pemilik bisnis offline dan online. Tujuan dari promosi ini adalah untuk mendukung usaha kita agar berjalan lancar. Selain itu, juga untuk memperkenalkan bisnis kita kepada khalayak ramai sehingga akan banyak konsumen yang mampir dan kemudian menjadi pelanggan .

Ada banyak jenis media promosi cetak untuk bisnis yang basa kita gunakan. Kita bisa menggunakan salah satu saja, atau lebih dari satu jenis. Semuanya bisa dilakukan sesuai dengan keinginan kita. Namun pada umumnya, para pengusaha akan menggunakan lebih dari satu jenis media cetak untuk promosi.

Media Promosi Cetak

Untuk mendukung kelangsungan bisnisnya, banyak pengusaha yang menggunakan brosur, banner dan pamflet sebagai media promosi cetak untuk bisnisnya. Mereka menggunakan banyak jenis untuk lebih memaksimalkan kegiatan promosi mereka.  Berikut dijelaskan beberapa jenis media promosi cetak untuk bisnis secara detail.

Berbagai Jenis Media Promosi Cetak Untuk Promosi Bisnis Brosur
Brosur
Brosur adalah media promosi cetak untuk bisnis dan pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita, karena memang media yang satu ini sudah menjadi benda promosi yang sangat penting dan harus ada. Bentuk dari brosur ini sangat simpel, karena hanya terdiri dari satu lembar kertas saja (lipat 3). Kita membuatnya dalam kuantitas yang cukup banyak, karena kita akan menyebarkannya di jalan-jalan. Kepada setiap orang yang ditemui, maka akan diberikan brosur promosi.

Variasi brosur pun beraneka ragam. Ada brosur yang hitam putih saja, ada juga brosur yang sudah divariasikan dengan warna menarik. Brosur-brosur ini dibuat lebih menarik dengan kombinasi banyak warna-warna yang mendukung tema promosi atau tema warna suatu produk dan perusahaan. Dengan penampilan brosur yang menarik juga tidak boleh memiliki isi konten yang terlalu banyak atau hanya menampilkan poin penting yang memang harus diketahui calon pelanggan Anda. Dari segi ukurannya pun ada brosur yang berbentuk kecil dan ada yang besar (ukuran kertas biasa). Semua brosur dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Dengan mencetak brosur diharapkan informasi kepada calon konsumen dapat tersampaikan dengan tepat dan menarik. Simak informasi lengkap tips sukses promosi produk dengan brosur.

Pamflet
Pamflet ini juga termasuk dalam media promosi dalam bentuk media cetak yang juga sering digunakan. Perbedaan antara brosur dengan pamflet ini terlihat dari bentuknya. Dimana brosur lebih pendek dan lebih kecil daripada pamflet. Pamflet pun dibuat untuk ditempel, sedangkan brosur untuk disebarkan. Media promosi cetak untuk bisnis yang satu ini pun lebih menarik, karena ukurannya yang besar dan warnanya yang bermacam-macam. Membuat desain yang menarik dan dengan resolusi yang sesuai dengan ukuran yang dicetak nanti membuat tampilan dari pamflet akan semakin mempermudah pembaca yang melihat informasi yang ada di pamflet.

Berbagai Jenis Media Promosi Cetak Untuk Promosi Bisnis Banner Spanduk
Banner
Banner ini juga termasuk dalam media promosi cetak untuk bisnis yang banyak digunakan. Biasanya banner atau spanduk akan dipasang di depan tempat bisnis kita. Ukurannya pada umumnya besar dan panjang, serta huruf-huruf yang digunakan lebih besar yang bertujuan untuk membuat orang yang melewatinya langsung dapat melihat isi konten dari banner yang dipasang.

Dari jauh pun kita pasti sangat jelas melihat dan membaca setiap promo yang ditampilkan di dalamnya. Banner ini terbuat dari bahan kain atau dari bahan kertas yang tebal, namun semi kain yang kaku. Kita bisa menghias atau mendesain banner semenarik mungkin agar para konsumen yang melihat lebih tertarik lagi. Sebaiknya pergunakan warna yang cukup untuk dapat menarik pandangan orang yang melewati area tempat banner dipasang. Jangan sampai terlalu banyak kata-kata yang dimasukan ke dalam banner. Umumnya banner yang dicetak memiliki nilai 70 berbanding 30, dimana 70 adalah gambar dan 30 adalah teks atau informasi.

Berbagai Jenis Media Promosi Cetak Untuk Promosi Bisnis Poster
Poster
Poster adalah salah satu media cetak yang juga cukup populer untuk dipakai menjadi salah satu media promosi untuk produk, acara, jasa dan informasi lain perusahaan. Umumnya poster dapat ditempatkan diberbagai area di mall, sekolah, universitas, area kantin, area berkumpul di suatu komplek perumahan, depan tempat bisnis dan area lainnya. Poster sekarang pun digabungkan dengan akrilik, atau lemari kaca untuk dapat membuat poster lebih tahan lama. Untuk desain poster sebaiknya disesuaikan dengan tema promosi agar lebih menarik dan membuat pembaca nyaman untuk membaca setiap informasi yang ada di dalam poster. Cetak poster juga harus memperhatikan desain yang akan digunakan apakah sesuai dengan tema informasi yang diberikan atau tidak.

Iklan di koran
Siapa yang tidak tertarik untuk melihat iklan di media cetak, seperti koran. Tidak kalah dengan televisi, iklan di koran ini setiap hari pasti segar dan banyak dinanti oleh para pembacanya. Maka dari itulah, banyak pengusaha yang juga menggunakan iklan di koran sebagai salah satu media promosi cetak untuk bisnis yang efektif.

Sebaran koran yang sampai ke pelosok-pelosok negeri memberikan kemudahan bagi para pengusaha untuk mengenalkan bisnisnya. Koran pun terbit teratur setiap dari atau tiga hari sekali, dan iklan yang kita pesan akan ditayangkan beberapa kali cetak. Sehingga para konsumen akan selalu melihat promosi usaha kita.

Banyak jenis media promosi cetak untuk bisnis yang bisa kita pakai, beberapa contoh di atas adalah sekelumit saja dari banyaknya jenis media promosi cetak untuk bisnis. Pastikan bisnis kita mendapat respon dari konsumen dan memberikan banyak keuntungan. Untuk itu Pranata Printing hadir melayani kebutuhan Anda untuk berkonsultasi dan mencetak setiap projek yang diinginkan. Tersedia berbagai jasa percetakan yang juga dapat membantu penyebaran info promosi produk dan jasa perusahaan Anda seperti cetak kalender, agenda, kartu nama dan lainnya. Hubungi kontak kami atau chatting gratis di website ini.

Related Posts