Berbagai Jenis Stiker dan Kegunaannya

Berbagai Jenis Stiker dan Kegunaannya

Berikut artikel mengenai beragam jenis stiker dan kegunaannya. Apakah Anda sedang ingin mencetak stiker untuk keperluan acara tertentu tapi masih kebingungan dalam memilihnya? Banyak masyarakat yang masih belum mengetahui secara pasti mengenai jenis stiker apa yang nanti akan dipilih. Hal ini membuat mereka mengalami masalah seperti kertas yang dipakai tidak sesuai, bahannya kurang tebal, tinta tidak jelas, dan sebagainya.

Padahal sebenarnya kesalahan ini seringnya terjadi karena mereka tidak begitu memahami apa yang dipesan. Ketika Anda ingin memesan stiker di tempat percetakan, ada baiknya jika kenali dan pahami lebih dulu berbagai jenis stiker serta kegunaannya. Mulai dari bahan, tekstur, pemilihan warna pada gambar, dan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Kegunaan dari Stiker

Stiker sendiri merupakan kertas yang sifatnya menempel karena mempunyai perekat pada bagian belakang gambar. Stiker membentuk pola, gambar, atau bahkan tulisan sesuai kehendak dari pembuatnya. Biasanya kertas bergambar ini sering ditemukan menempel pada benda lain, seperti sepeda, helm, lemari, kaca, laptop, motor, mobil, dll. Tak hanya gambar unik saja, tapi ada juga aneka tulisan dengan kalimat lucu atau motivasi tentang kehidupan.

Mencetak stiker juga sangat penting sekali untuk keperluan industri, terutama untuk meningkatkan nilai jual produk yang dihasilkan. Anda bisa lihat sendiri pada kemasan makanan atau minuman tertentu. Bagian luarnya terdapat stiker kemasan yang berisi gambar, merek, komposisi, dan lain sebagainya.

Dulu bahan yang paling sering dipakai untuk membuat stiker adalah kertas. Akan tetapi seiring berkembangnya teknologi printing dan digital maka ada banyak sekali berbagai jenis stiker serta kegunaannya. Tak hanya kertas biasa melainkan ada campuran plastik, kertas licin, dan bahkan glitter. Tujuannya tentu saja untuk membuat tampilannya semakin menarik dan dapat bertahan lebih lama.

Jenis-Jenis Stiker

Sebelum memutuskan untuk mencetak stiker di tempat percetakan maka sebaiknya Anda letahui lebih dulu apa saja berbagai jenis stiker serta kegunaannya. Hal ini bertujuan agar hasil cetakannya sesuai dengan keinginan. Misalnya Anda ingin stiker yang sifatnya lebih awet, gambar tidak gampang luntur, terlihat mengkilap, atau semacamnya. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis stiker yang bisa Anda pilih.

Stiker Bontaks

Kalau jenis yang satu ini teksturnya hampir seperti kertas biasa pada umumnya, tapi sedikit lebih tebal. Selain itu daya rekatnya juga sangat kuat sehingga bisa menempel pada benda tertentu hampir selama beberapa tahun. Biasanya kalau sudah menempel lama, stiker ini akan sulit dibersihkan dan meninggalkan bekas-bekas kertas. Stiker Bontaks juga lebih sering dipakai untuk kemasan produk pabrik. Cara pembuatannya dicetak menggunakan printer inkjet serta bisa menggunakan proses laminasi agar lebih awet.

Media Digital Printing Sticker Vinyl Pranata Printing Jakarta

Stiker Vinyl

Kalau stiker vinyl terbuat dari vinyl yaitu sejenis plastik yang teksturnya lebih lentur. Karena menggunakan bahan plastik maka otomatis sifatnya sangat awet karena tahan terhadap cuaca sekitar dan air. Stiker jenis ini dicetak menggunakan alat pencetak khusus yang bernama laserjet print. Karena berbeda dengan kertas biasa maka permukannya lebih mengkilap dan bagus.

Stiker HVS

Ada pula bahan mencetak stiker yang menggunakan bahan dasar kertas HVS biasa. Meskipun membuatnya sangat mudah, tapi stiker HVS sifatnya tidak tahan lama dan mudah rusak.Alasannya karena kertasnya tipis, tintanya cepat sekali pudar, dan lem perekatnya gampang mengelupas. Biasanya biaya untuk cetak stiker jenis yang satu ini jauh lebih murah dibandingkan dengan lainnya.

Stiker Crome

Ini adalah stiker yang sangat menarik karena memiliki lapisan dengan campuran glitter. Jadi permukannya bisa berkulau-kilau dan tampak lebih cantik. Stiker crome sering dipakai untuk scorlet motor ataupun mobil. Jenis ini juga punya menfaat besar untuk melindungi lapisan cat asli dari kendaraan agar tidak mudah lecet.

Stiker Chromo

Jenis stiker yang terakhir adalah chromo dimana terbuat dari kertas yang teksturnya licin. Kemampuan lem perekatnya juga sangat kuat sehingga bisa bertahan untuk jangka waktu lama. Stiker chromo dapat dipakai untuk keperluan industri, khususnya memasang merek dan label pada produk. Atau bisa juga dipakai untuk media promosi dan kegiatan formal dan resmi lainnya.

Itulah tadi berbagai jenis stiker serta kegunaannya yang bisa Anda pilih terlebih dahulu sebelum memesannya di percetakan. Meskipun begitu, jangan hanya perhatikan bagian luarnya saja tapi juga kualitas dari bahan. Misalnya saja memilih stiker yang bisa dipakai dalam waktu lama dan tidak mudah rusak. Untuk dapat mengetahui lebih lengkap mengenai kebutuhan Anda akan cetak stiker, maka dapat menghubungi kontak Pranata Printing. Kami siap memberikan saran terbaik untuk setiap projek cetak stiker Anda.

Related Posts