Berbagai Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Franchise

Berbagai Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Franchise Pranata Printing

Bosan dengan profesi pegawai yang terikat orang lain? Anda mungkin ingin mencoba usaha baru namun tak memiliki modal yang cukup. Bisnis franchise bisa menjadi solusi untuk Anda yang hendak membuka usaha dengan modal terbatas. Peluang usaha ini lebih menjanjikan dibandingkan Anda memulai usaha baru tanpa pengalaman, keterampilan dan modal. Tentu Anda tetap harus mempertimbangkan beberapa aspek mengenai kelebihan bisnis franchise dan kekurangan bisnis franchise berikut ini.

Kelebihan Bisnis Franchise Yang Wajib Anda Ketahui

Ada beberapa kelebihan bisnis franchise yang bisa menjadi alasan Anda memilih usaha berbasis mitra antara lain:

Mengikuti sistem manajemen yang telah disediakan franchisor

Bisnis franchise lebih menguntungkan untuk Anda yang berada dalam tahap belajar. Pasalnya bisnis ini telah memiliki sistem manajemen yang baik mulai ide, pengelolaan usaha dan sebagainya. Anda tinggal menjalankan bisnis sesuai dengan arahan yang diberikan oleh pemilik usaha franchise ini. Dalam soal manajemen keuangan pun, franchisor akan membantu Anda sepenuhnya. Setidaknya Anda bisa memiliki pengelolaan keuangan yang baik mulai arus kas, kelola hutang piutang dan lain-lain. Lebih aman, bukan?

Brand yang populer dikalangan masyarakat

Sebuah usaha atau brand yang sudah dikenal masyarakat tentu akan mempermudah Anda dalam melakukan sistem promosi. Anda tidak perlu terbebani dengan biaya iklan atau pemasaran yang besar. Brand yang sudah terkenal akan membuat konsumen langsung membeli barang atau produk yang dijual. Produk brand besar telah teruji secara kualitas agar bisa memuaskan hasrat para pelanggan.

Kerja sama dengan mitra lebih mudah

Dukungan penuh dari franchisor semakin membuat Anda wajib mempertimbangkan kelebihan bisnis franchise ini. Anda tidak perlu terlalu pusing memikirkan soal bahan baku usaha. Sistem manajemen telah mengatur masalah supply bahan baku sehingga Anda bisa bekerja sama dengan mitra suplier lebih baik.

BACA JUGA :  Berbagai Jenis Merchandise Souvenir Untuk Promosi Perusahaan

Kelebihan bisnis franchise menjadi alasan orang lebih banyak memilih kerja sama ini. Franchise sangat menguntungkan untuk franchisor dan pengelola usaha di kota atau wilayah baru. Saat usaha yang Anda jalani mengalami masalah, tim manajemen akan membantu mencari solusi terbaik. Bagi para pebisnis pemula, pilihan membuka usaha franchise jelas bisa meminimalisir risiko yang tidak diinginkan seperti bangkrut.

Kekurangan Bisnis Franchise Yang Wajib Anda Ketahui

Membicarakan kelebihan tentu tidak akan lengkap tanpa membahas kekurangan bisnis franchise. Ada beberapa poin kekurangan yang wajib Anda perhatikan agar bisa mengatasi permasalahan usaha franchise kelak berikut ini.

Tidak bisa mengasah kreatifitas atau inovasi

Anda berpikir bisa mengembangkan usaha franchise dengan melakukan inovasi produk? Hal ini kemungkinan tidak akan pernah terjadi sebab manajemen usaha dikendalikan penuh oleh franchisor. Franchisor memiliki ketentuan dan kebijakan sendiri mengenai produk yang dijual.

Tidak bisa menekan biaya produksi karena suplier ditentukan oleh franchisor

Berbeda dengan usaha sendiri yang tidak terikat perjanjian atau kontrak usaha, Anda mungkin bisa menekan biaya produksi dengan mencari bahan baku lebih murah. Dalam usaha franchise, Anda tidak bisa bertindak sesuka hati mengingat segala hal telah diatur dengan baik oleh tim franchisor. Anda hanya bisa bekerja sama dengan supplier yang telah ditentukan.

Reputasi usaha begitu mudah terpengaruh

Kekurangan bisnis franchise adalah reputasi usaha mudah terpengaruh. Hal ini dikarenakan banyak mitra yang ikut mengelola usaha yang sama. Jika ada manajemen yang kurang baik di kota lain, usaha yang Anda kelola bisa terimbas dampak negatif tersebut.

Pengelolaan keuangan

Kekurangan lain yang patut dipertimbangkan adalah soal pengelolaan keuangan mulai pembayaran kemitraan dan pembagian keuntungan. Anda akan kehilangan berapa persen keuntungan yang dihasilkan dari usaha untuk franchisor. Nilai yang perlu Anda bayarkan tentu sudah tertera dalam kebijakan yang telah disepakati bersama.

BACA JUGA :  Tips Sukses Bisnis Wedding Organizer

Dari ulasan kelebihan dan kekurangan bisnis franchise di atas, Anda tentu bisa mengambil kesimpulan mengenai usaha franchise. Untuk Anda yang tidak memiliki pengalaman cukup di bisnis, usaha franchise sangat membantu langkah awal Anda. Namun Anda yang ingin mengembangkan usaha lebih besar dengan keahlian dan kreatifitas besar, usaha franchise kurang cocok diterapkan. Bisnis mana yang lebih sesuai dengan kondisi Anda saat ini?

Related Posts