Berbagai Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Berbagai Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh Pranata Printing

Memang Anda bisa menemukan berbagai jenis minuman yang dianggap lebih enak dari air putih seperti jus buah, soda, kopi, teh dan lain-lain. Namun sebaiknya Anda rutin mengkonsumsi air putih setiap hari.

Pasalnya manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh tidak boleh diremehkan begitu saja. Pada orang dewasa, takaran konsumsi air putih yang ideal adalah delapan gelas per hari atau sekitar 2 liter. Sudahkah Anda mengkonsumsi air putih hari ini? Berikut beberapa manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh yang harus Anda ketahui.

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh

1. Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh

Tubuh manusia terdiri dari sebagian besar cairan yang berperan penting dalam proses pencernaan, penyerapan nutrisi, menjaga suhu tubuh tetap normal, dan lain-lain. Oleh sebab itu, konsumsi air putih yang maksimal bisa membantu tubuh terhindar dari masalah dehidrasi. Dehidrasi parah bisa berdampak pada kehilangan kesadaran hingga kematian.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

Ingin punya kulit yang lebih sehat dan terbebas dari risiko penuaan dini? Sebaiknya Anda mulai rutin konsumsi air putih. Khasiat mengkonsumsi air putih yang banyak bisa menjaga kesehatan kulit Anda dari masalah keriput, kusam atau kering. Kulit Anda bisa memproteksi tubuh dari risiko kehilangan banyak cairan atau dehidrasi.

3. Membantu Melumasi Sendi Tubuh

Tahukah Anda bahwa sendi tubuh yang terasa nyeri bisa disebabkan oleh kekurangan cairan? Manfaat minum air putih bisa membantu melumasi sendi-sendi Anda. Hal ini dikarenakan tulang rawan dalam tubuh terbuat dari air yang berfungsi menjadi bantalan sendi Anda.

4. Menjaga Kesehatan Mulut Dan Gigi

Peran penting air putih adalah mampu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Kalau Anda memiliki masalah dengan kesehatan mulut dan gigi, misalnya sariawan atau gigi berlubang, bisa disebabkan pula oleh kekurangan cairan. Tentu menjaga kesehatan gigi dengan memilah makanan dan rutin gosok gigi sangat berpengaruh.

BACA JUGA :  Cara Mudah Menabung Untuk Masa Pensiun

Namun, mengkonsumsi air putih sebaik mungkin bisa membantu produksi air liur. Air liur berfungsi menjadi pembersih alami mulut Anda. Dijamin Anda bisa terbebas dari masalah mulut dan gusi termasuk bau napas yang kurang sedap.

5. Membantu Sirkulasi Tubuh Semakin Optimal

Tubuh yang terdiri dari sebagian besar cairan membutuhkan sirkulasi yang maksimal. Dengan minum air putih yang banyak, Anda bisa membantu tubuh melakukan proses sirkulasi mengeluarkan zat-zat yang tidak diperlukan melalui urine, keringat dan tinja.

6. Membantu Menjaga Tekanan Darah

Aliran darah menjadi kurang lancar dan mengental karena Anda kurang mengkonsumsi air putih. Manfaat minum air putih sangat baik menjaga tekanan darah tetap normal. Orang yang menderita tekanan darah tinggi sebaiknya lebih sering mengkonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari.

7. Memaksimalkan Fungsi Otak

Pada anak-anak, kebutuhan air putih wajib diperhatikan sebab bisa mengoptimalkan fungsi otak lebih baik. Tak hanya anak-anak saja, orang dewasa juga harus rutin konsumsi air putih. Fungsi otak yang mampu bekerja dengan baik bisa melancarkan aktivitas harian Anda seperti menjaga daya ingat dan konsentrasi secara maksimal.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Untuk Anda yang mungkin sering menjalankan program diet dan kurang berhasil, coba saja mengkonsumsi air putih lebih banyak. Manfaat minum air putih bisa melancarkan sistem pencernaan sehingga Anda terhindar dari masalah sembelit. Selain itu, air putih bisa meningkatkan proses metabolisme tubuh. Tubuh Anda mampu membakar kalori lebih banyak jika kebutuhan air putih tercukupi.

Tentu ada banyak manfaat minum air putih bagi kesehatan yang lain, misalnya mencegah terbentuknya batu ginjal, mencegah sakit kepala, meningkatkan stamina tubuh, dan lain-lain. Air putih menjadi cairan terbaik yang bisa mengembalikan kebugaran tubuh setelah berolahraga atau cuaca sedang panas. Orang yang mengalami kondisi sakit tertentu seperti asma dan alergi bisa mengalami sakit yang lebih parah saat kehilangan banyak cairan.

BACA JUGA :  5 Dasar Manajemen Bisnis Yang Harus Dipenuhi Saat Berbisnis

Ada baiknya Anda mulai menerapkan kebiasaan minum air putih secara rutin. Buat jadwal konsumsi air putih agar kebutuhan 2 liter air putih bisa terpenuhi, misalnya dua gelas saat pagi, siang, sore, dan malam hari. Manfaat minum air putih bisa memberikan efek positif untuk aktivitas harian Anda. Yuk coba terapkan kebiasaan minum air putih sekarang juga.

Related Posts