Berbagai Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang biasanya ditambahkan ketika memasak. Selain sebagai penyedap masakan ternyata bawang putih juga memiliki beberapa kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh. Lalu apa saja manfaat bawang putih bagi kesehatan? Simak ulasan berikut ini.

Meringankan Flu

Manfaat yang pertama ialah meringankan penyakit flu atau pilek. Flu adalah salah satu penyakit yang kerap mengganggu pernapasan. Jika Anda sering terkena flu maka Anda bisa rutin mengkonsumsi bawang putih.

Bawang putih sendiri mengandung antioksidan yang dapat menjaga imun tubuh Anda. Jadi selain membantu meringankan flu, manfaat bawang putih rebus juga dapat membantu mencegah Anda terkena penyakit flu. Caranya yaitu Anda bisa memakan bawang secara mentah atau mencampurkannya dengan teh.

Mencegah Kanker

Manfaat dari bawang putih yang kedua adalah dapat membantu menurunkan resiko terkena beberapa kanker seperti kanker payudara, lambung dan sebagainya. Bawang putih mengandung sulfur aktif yang dapat mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh Anda.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Khasiat selanjutnya dari mengkonsumsi bawang yaitu dapat membantu menurunkan dan mengendalikan tekanan darah. Darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang tidak boleh diabaikan karena dapat menyebabkan penyakit lain seperti stroke.

Dengan mengkonsumsi bawang putih dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah turun. Jadi jika Anda mengidap hipertensi maka Anda bisa mengkonsumsi bawang putih secara rutin.

Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol Jahat

Selain dapat membantu menurunkan darah tinggi, mengkonsumsi bawang putih juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Kolesterol yang tinggi sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan obesitas dan sebagainya.

Untuk itu Anda dapat menurunkannya dengan mengkonsumsi bawang putih.

Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat dari bawang untuk kesehatan selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan jantung Anda. Bawang putih dapat melancarkan sirkulasi darah, menurunkan kolesterol dan mencegah penumpukan plak sehingga dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

Mencegah Penyakit Alzheimer

Kegunaan bawang putih selanjutnya yaitu dapat membantu menjaga kesehatan otak Anda dan mencegah dari penyakit alzheimer. Alzheimer sendiri adalah penyakit yang menyerang otak dan mengakibatkan menurunnya daya ingat, kemampuan berbicara dan berpikir.

Bawang putih memiliki kandungan antioksidan dan melindungi sel sel otak dari peradangan serta stres oksidatif yang dapat memicu gangguan pada otak seperti alzheimer dan demensia.

Membantu Mengatasi Rambut Rontok

Rambut rontok memang sangatlah meresahkan, namun Anda tidak perlu khawatir karena ada solusi untuk Anda. Bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok Anda bisa menggunakan bawang putih untuk mengatasinya.

Bawang putih mengandung allicin yang baik dalam mengatasi rambut rontok dan mendorong pertumbuhan rambut.

Caranya sendiri yaitu dengan memotong irisan bawang dan minyak kemudian digosokkan di kepala. Atau Anda juga bisa mengkonsumsi bawang mentah secara rutin untuk membantu mengatasi rambut rontok dan mencegah kebotakan.

Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat bawang putih untuk wanita selain mengatasi rambut rontok, bawang putih ternyata juga dapat membantu mengatasi jerawat di wajah Anda. Jadi bagi Anda yang memiliki keluhan jerawat bisa mencoba menggunakan bawang putih.

Caranya yaitu dengan mengoleskan irisan bawang putih di kulit Anda yang berjerawat secara perlahan. Meski bukan obat jerawat namun kandungan antioksidan dari bawang dapat membantu membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat di wajah.

Selain mengatasi jerawat kandungan vitamin dalam bawang putih juga dapat membantu mengurangi minyak berlebih di wajah Anda. Jadi selain menjaga kesehatan tubuh, bawang putih juga dapat membantu menjaga kesehatan wajah Anda.

Untuk mendapat manfaat yang lebih sebaiknya bawang dikonsumsi dalam keadaan mentah karena jika dimasak hingga terlalu matang beberapa kandungan dalam bawang akan hancur.

Itulah berbagai manfaat bawang putih bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Tidak hanya memiliki manfaat sebagai penyedap rasa, bawang putih juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh Anda.

Related Posts