Berbagai Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Berbagai Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan Pranata Printing

Berikut berbagai manfaat kopi bagi kesehatan dan kecantikan. Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak disukai baik oleh laki-laki maupun perempuan. Selain nikmat kopi ternyata menyimpan beberapa kandungan zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Kandungan gizi yang terdapat di dalam kopi antara lain adalah vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, kalium, mangan dan magnesium. Banyak daerah-daerah di Indonesia menjadi penghasil kopi dan memiliki tradisi minum kopi yang unik. Jika Anda penasaran dengan manfaat kopi, berikut ini adalah ulasan manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Meningkatkan Stamina

Kopi telah dikenal memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Kandungan tersebut mempengaruhi kinerja sel dan menyebabkan pergerakan adenosine (sel penyebab rasa ingin tidur) lebih lambat. Hasilnya orang yang minum kopi merasa segar lebih lama.

Mencegah Kanker

Kopi mengandung antioksidan yang dapat menekan resiko penyakit kanker di dalam tubuh. Menurut penelitian di Jepang, wanita yang minum kopi 2 kali sehari menurunkan resiko terkena kanker usus besar hingga 25%.

Menjaga Kesehatan Oral

Sifat anti bakteri yang dimiliki kopi sangat bermanfaat untuk kebersihan mulut, termasuk membantu mengatasi plak gigi dan infeksi gusi. Hal ini juga dapat menurunkan resiko seseorang terkena kanker mulut.

Menurunkan Resiko Diabetes

Mengkonsumsi kopi dapat menghambat penyerapan gula. Kopi memiliki kandungan zat asam klorogenat yang membantu proses penghambatan penyerapan gula dengan meningkatkan produksi hormon insulin. Menurut para ahli, seseorang dapat menurunkan diabetes hingga 50% dengan minum kopi. Tentu saja kopi tersebut diminum tanpa gula.

Menurunkan Resiko Penyakit Demensia dan Alzheimer

Alzheimer adalah salah satu jenis penyakit yang sering menyerang orang berusia lanjut yaitu 65 tahun ke atas. Kopi sudah teruji mampu meningkatkan perlindungan terhadap berbagai penyakit yang berkaitan dengan degradasi fungsi saraf.

BACA JUGA :  Manfaat Cetak X Banner Untuk Promosi Bisnis

Mencegah Parkinson

Parkinson juga termasuk salah satu penyakit yang disebabkan karena degradasi fungsi saraf tubuh manusia. Mengkonsumsi kopi secara rutin akan meningkatkan perlindungan tubuh untuk terhindar dari penyakit Parkinson.

Meningkatkan Mood

Banyak orang merasa lebih bersemangat dan lebih baik setelah minum kopi. Hal ini karena kopi memang termasuk minuman yang mampu meningkatkan mood seseorang. Selain itu, kopi juga mampu memberikan efek korelasi terhadap kebahagiaan.

Menurunkan Berat Badan

Kandungan kafein di dalam kopi meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kelebihan lemak. Selain itu kopi hitam juga memiliki sifat rendah kalori. Sebagai stimulan untuk sistem saraf, kafein mengirim sinyal untuk menghancurkan lemak dari jaringan lemak kemudian mengalirkannya melalui darah agar digunakan sebagai asam lemak. Ketika lemak berkurang, ini berarti berat badan akan menurun.

Manfaat Kopi Untuk Kecantikan

Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan biasanya dikaitkan dengan makanan seperti Blueberry dan buah delima. Antioksidan berperan penting untuk mencegah penuaan dini akibat paparan sinar matahari, polusi, dan kerusakan sel akibat radikal bebas. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi yaitu flavonoid akan dihasilkan saat kopi diseduh.

Menghilangkan Kantung Mata

Bubuk kopi dapat dicampurkan dalam krim mata untuk menghilangkan kantung mata. Manfaat ini dapat diperoleh karena kandungan kafein mampu membatasi aliran darah ke area tersebut dan mengurangi efek pembengkakan.

Melembutkan Kulit

Kopi merupakan bahan alami yang dapat digunakan untuk body scrub. Banyak bahan eksfoliator alami seperti pasir dan gula mampu melembutkan kulit tetapi bahan tersebut tidak terlalu lembut saat digunakan. Bubuk kopi yang memiliki sifat lebih lembut dapat mengangkat sel-sel kulit mati secara efektif sehingga kulit pun terasa lebih lembut tanpa mengalami iritasi.

BACA JUGA :  5 Tips Investasi Emas Bagi Pemula Agar Menguntungkan

Memberikan kopi untuk kulit sama dengan memberi perlindungan kulit dari resiko penuaan dini dan kotoran. Untuk membuat scrub dari bahan dasar kopi, cukup siapkan kopi dan lidah buaya kemudian campur keduanya. Setelah itu usapkan secara merata di kulit sambil dipijat. Lakukan setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengencangkan Kulit

Saat ini banyak produk kecantikan yang memanfaatkan kafein pada kopi untuk krim wajah. Kafein memiliki sifat diuretic yang dapat membuang kelebihan kadar air dan racun di kulit. Sebagai hasilnya, kulit menjadi lebih kencang dan halus.

Related Posts