Berbagai Menu Buka Puasa Paling Favorit di Indonesia

Menu Buka Puasa Kolak Manis Pisang

Apakah menu buka puasa yang paling sering kalian santap saat bulan puasa? Saat puasa umat muslim di seluruh dunia akan melakukan kegiatan rutin yaitu sahur dan berbuka puasa. Biasanya saat sahur maupun berbuka, umat muslim memiliki kegemaran yaitu mengonsumsi menu favorit. Di tanah air sendiri masyarakat juga memiliki menu berbuka favorit. Meski terlihat sederhana, namun berbagai menu buka puasa paling favorit di Indonesia ini nyatanya ludes diburu umat muslim. Apa sajakah itu?

Berbagai Menu Buka Puasa Paling Favorit di Indonesia

Di bawah ini sudah ada berbagai menu buka puasa paling favorit di Indonesia yang selalu laris di bulan Ramadhan. Dari sekian banyak menunya, manakah yang paling kalian sukai dan menjadi menu yang harus ada saat berbuka puasa? Mari lihat ulasannya di bawah ini.

Kolak Manis

Kolak manis menjadi salah satu dari berbagai menu buka puasa paling favorit di Indonesia. Selain rasanya yang manis dan segar, menu berbuka puasa ini juga menyehatkan. Hal ini lantaran bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kolak manis adalah buah dan ubi-ubian yang menyehatkan. Isian kolak manis biasanya adalah pisang, ubi, labu hingga kolang-kaling.

Salah satu alasan mengapa kolak dipilih menjadi menu berbuka banyak orang adalah rasanya yang manis dan rasa buahnya yang khas. Umumnya kolak manis disajikan saat masih panas. Namun beberapa orang yang menyukai es akan menyajikan kolak manis menjadi sajian minuman dingin dengan menambahkan beberapa es batu. Jadi apakah kolak manis juga menjadi menu wajib di meja berbuka kalian?

Es Buah

Tak hanya kolak manis, es buah rupanya juga menjadi menu andalan masyarakat Indonesia dari masa ke masa. Bahkan es buah menjadi bagian dari berbagai menu buka puasa paling favorit di Indonesia saat ini. Rasanya yang manis dan rasa buahnya yang beragam menjadikannya sebagai minuman pelepas dahaga saat berbuka puasa. Es buah disajikan dalam berbagai macam rasa. Umumnya berbagai macam buah bisa digunakan untuk penyajian es buah tersebut.

BACA JUGA :  Hal Yang Disesali Pebisnis Dalam Menjalankan Usaha

Menu Buka Puasa Es Buah

Beberapa buah yang biasa digunakan untuk membuat es buah segar ialah melon, semangka, nanas, apel dan masih banyak yang lainnya. Selain buah, minuman favorit masyarakat Indonesia saat buka puasa tersebut juga dikombinasikan dengan sirup dan es. Rasa sirup yang dipilih bisa disesuaikan dengan selera masing-masing orang. Namun dua rasa yang paling banyak dipilih ialah sirup rasa melon dan cocopandan. Untuk menyantap es buah ini sebaiknya kalian mengonsumsi air putih terlebih dahulu saat berbuka agar perut tetap sehat.

Kurma

Bagi umat muslim, tidak asing mendengar nama kurma. Buah yang satu ini memang menjadi langganan umat muslim di seluruh dunia saat berbuka puasa tidak terkecuali di Indonesia. Buah yang rasanya manis dan legit ini juga masuk ke dalam daftar berbagai menu buka puasa paling favorit di Indonesia dari zaman dahulu hingga sekarang. Cara memakannya pun juga unik yaitu dipilih dalam hitungan ganjil. Namun disarankan untuk mengonsumsi kurma sebanyak 3 buah saat berbuka puasa.

Menu Buka Puasa Kurma

Kurma terbilang menu berbuka puasa yang menyehatkan karena bisa menggantikan kadar gula di dalam darah setelah seharian tubuh menjalani puasa. Masyarakat Indonesia mengenal makanan ini sebagai menu takjil. Untuk mendapatkan buah kurma pun tidak sulit karena saat bulan Ramadhan banyak pedagang kurma ataupun pedagang takjil yang menjajakan kurma dengan harga dan jenis yang bervariasi.

Gorengan

Selain berbagai menu buka puasa paling favorit di Indonesia mulai dari kolak hingga kurma, rupanya masih ada lagi menu yang wajib ada di meja makan yaitu gorengan. Bila biasanya gorengan dimakan pada saat nongkrong atau ngopi. Pada bulan puasa gorengan disajikan sebagai menu buka puasa. Gorengan sendiri terdiri dari berbagai macam jenis.

BACA JUGA :  Manfaat Dan Pentingnya Motivasi Yang Perlu Diketahui

Menu Buka Puasa Gorengan

Beberapa diantaranya ialah tempe, tahu isi, pisang goreng, tahu petis dan masih banyak yang lainnya. Masyarakat di tanah air juga menyebutnya sebagai menu takjil favorit. Agar perut tidak kaget, sebaiknya makan gorengan disarankan tidak terlalu banyak. Itulah berbagai menu buka puasa paling favorit di Indonesia yang mungkin juga sering kalian santap di rumah. Jadi menu manakah yang paling kalian inginkan saat buka puasa?

Related Posts