Cara Membangun Hubungan Yang Baik Dengan Customer

Cara Membangun Hubungan Yang Baik Dengan Customer

Membangun hubungan yang baik dengan customer sering dilakukan oleh para pebisnis. Memang hal tersebut sangat wajib dilakukan karena hubungan baik yang diciptakan antara customer dan pebisnis dapat menguntungkan sekali pada kedua belah pihak. Pebisnis puas karena memiliki pelanggan tetap, sedangkan customer puas dengan barang yang dibeli oleh pebisnis tersebut. Sebagai pebisnis Anda harus mengetahui caranya membangun hubungan baik dengan customer.

Cara Yang Paling Tepat Membangun Hubungan Baik Dengan Customer

Sebagian besar para pebisnis belum mengetahui bagaimana caranya membangun hubungan baik dengan customer. Hal ini justru dapat merugikan Anda, karena tanpa membangun hubungan baik maka customer bisa berpindah ke tempat lainnya. Oleh sebab itu setiap pebisnis wajib mempelajari cara membangun hubungan baik kepada para customernya. Bagaimana caranya? Anda dapat melihat caranya pada penjelasan berikut ini.

1. Memberikan Pelayanan Terbaik

Hindari melakukan pelayanan yang buruk, lebih baik jaga pelayanannya Anda kepada customer agar semakin baik. Lebih baik Anda bersikap ramah dan melakukan pelayanan aktif sampai customer merasa kagum pada bisnis atau perusahaan Anda. Bila ada customer yang sangat sering membeli produk Anda, maka Anda bisa memberikan pelayanan ekslusif kepada customer tersebut karena sudah setia pada produk Anda. Memberikan pelayanan terbaik juga dapat dilakukan seperti membantu customer mendapat solusi dari permasalahannya. Semakin banyak permasalahan yang terselesaikan, maka hubungan baik dengan customer akan terus berjalan dengan baik kedepannya.

2. Mendengarkan Keluh dan Kesah Pelanggan

Biasanya ada customer yang puas dan ada juga tidak puas terhadap produk Anda. Bila customer tidak puas, maka tidak segan-segan mereka akan berkeluh kesah dalam bentuk complain barang. Dalam menangani hal di atas Anda tidak boleh marah karena dapat merusak hubungan baik dengan customer. Dengarkan apa yang mereka keluh kesahkan, sebagai bonusnya dari keluhan mereka bisa dijadikan masukan untuk memperbaiki produk supaya jadi bagus lagi.

BACA JUGA :  4 Alasan Merintis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Tanpa Modal

3. Mendekatkan Diri Dengan Customer Melalui Social Media

Kekuatan social media itu sangat penting dalam membangun hubungan baik dengan customer. Pasalnya dengan adanya social media bisnis atau perusahaann Anda maka dapat mendekatkan diri dengan customer. Pada social media seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya biasanya customer aktif memberikan komentar berupa pendapat tentang produk. Hal ini juga dapat dijadikan masukan agar memperbaiki produk Anda. Dimana sekarang ini calon customer dan customer Anda memang lebih aktif di social media. Cobalah dengan mempublish sebuah artikel, tips atau hal lainnya terkait dengan bisnis Anda.

4. Meningkatkan Kepuasan Customer

Tahukah Anda bahwa membangun hubungan baik dengan customer bisa dibentuk melalui peningkatan kepuasan. Semakin puas customer berbelanja produk Anda, maka mereka tidak segan untuk melakukan pembelian lagi. Oleh sebab itu Anda wajib meningkatkan kepuasan customer dengan cara menjaga kualitas produk atau lebih berinovasi lagi dalam menciptakan produk baru agar customer menjadi senang dan puas. Poin penting yang harus dilakukan adalah menjaga kualitas produk atau pelayanan Anda terhadap customer. Poin ini adalah cara agar hubungan baik dengan customer tetap terjaga, dikarenakan customer merasa puas akan produk atau jasa berkualitas yang Anda berikan.

5. Memberikan Gift

Jangan lupa kalau membangun hubungan baik dengan customer dapat juga dengan melakukan pemberian hadia pada customer tercinta. Tidak harus memberikan hadiah setiap hari, mungkin Anda dapat memberikan ketika perayaan khusus yang diadakan oleh perusahaan Anda. Pemberian hadiah dapat membuat customer makin menyukai Anda, sehingga hubungan baik sengaja terbentuk didalamnya.

Membangun hubungan baik dengan customer tidak sesulit yang Anda kira. Bahkan melalui hal-hal kecil saja Anda dapat membangun hubungan yang baik dengan customer. Perlu Anda ketahui bahwa customer memberikan keuntungan bagi Anda, jadi tidak ada salahnya kalau berbuat baik kepada mereka. Memang karakter customer yang melakukan pembelian produk pada Anda berbeda-beda. Oleh karena itu membangun hubungan baik juga agak susah, coba saja secara perlahan pasti nanti Anda dapat menemukan cara yang tepat. Kalau ingin cepat membangun hubungan baik dengan customer Anda dapat melakukannya seperti di atas.

Related Posts