Cara Mengatasi Rasa Takut Yang Berlebihan

Cara Mengatasi Rasa Takut Yang Berlebihan

Takut adalah hal yang sangat wajar dialami manusia, baik itu terhadap benda maupun hal lainnya. Namun, jika hal ini berlangsung secara berlebihan dan berkepanjangan tentu akan menjadi tidak baik. Anda harus mengetahui cara mengatasi rasa takut yang berlebihan

Pada umumnya rasa normal akan hilang dengan sendirinya jika pemicu kecemasan tersebut juga hilang. Misalnya Anda takut kecoa ketika melihatnya tentu ada rasa takut namun setelah kecoa tersebut pergi maka rasa takut akan hilang pula.

Bagi sebagian orang rasa cemas dapat datang dengan sendirinya bahkan tanpa penyebab yang jelas. Perasaan cemas bahkan dapat berlangsung secara terus menerus dan mengganggu kualitas hidup orang tersebut. Apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, maka orang itu akan kesulitan menjalani hidup.

Cara Mengatasi Rasa Takut Yang Berlebihan

Apakah Anda termasuk orang yang mengalami rasa takut yang berlebihan? Jika iya, maka segera atasi dan lawan rasa takut  tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa takut berlebih.

Menenangkan Pikiran

Salah satu kecemasan yang dialami oleh sebagian orang adalah kematian, beberapa orang bahkan sangat takut akan kematian. Cara mengatasi rasa takut mati ini diantaranya ialah dengan menenangkan pikiran agar terhindar dari stress. Mengatasi ketakutan berarti Anda harus membuat diri santai dan rileks.

Mati adalah hal yang normal, setiap manusia pasti akan merasakannya meskipun menghindari sekalipun. Dibandingkan memikirkan hal ini terus menerus, maka carilah pengalihan dari rasa takut tersebut yang membuat Anda tenang. Misalnya mendengarkan musik, menarik napas dalam dalam dan berjalan jalan di taman.

Mengenali Penyebab Kecemasan

Untuk mengatasi rasa takut yang berlebih ini Anda perlu mengetahui apa yang menjadi penyebab rasa takut muncul tiba tiba. Dengan mengetahui apa yang menjadi penyebabnya, maka Anda bisa lebih fokus untuk mengatasi rasa takut tersebut

Dengan mengetahui penyebab pasti mengapa rasa cemas dan takut berlebih, maka Anda bisa mencegah hal tersebut terjadi. Anda jadi lebih mudah memfokuskan diri untuk mengurangi penyebab rasa takut dibandingkan dengan terus menghindarinya.

Lebih Percaya Diri

Rasa percaya diri yang kuat dapat membantu Anda untuk menghindari rasa takut yang berlebihan. Memang mengatasi rasa takut tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, namun membutuhkan proses yang panjang. Hal yang bisa mempercepat penyembuhan tersebut adalah dengan memiliki rasa percaya diri.

Bangunlah rasa percaya diri dalam diri Anda dan lawan penyebab rasa takut tersebut. Menghindari rasa takut secara terus menerus hanya akan membuat kecemasan Anda bertambah serius. Dengan melawan rasa takut, maka perlahan akan membuat kecemasan Anda menurun dan pikiran menjadi lebih tenang.

Berolahraga

Melakukan olahraga tidak hanya dilakukan demi mendapatkan tubuh yang ideal dan juga sehat. Lebih dari itu ternyata berolahraga juga mampu melepaskan zat kimia pada otak yang mampu mengurangi rasa stress. Rasa stress yang berkurang dapat membantu Anda mengatasi rasa takut berlebih.

Oleh karena itu, mulailah rutin melakukan olahraga setidaknya 30 menit sehari agar tubuh dan pikiran sehat. Pilih olahraga yang menyenangkan dan membuat pikiran menjadi tenang, misalnya zumba atau bersepeda. Lakukan berbagai kegiatan positif yang membuat pikiran menjadi fokus pada hal yang optimis.

Minta Bantuan

Jika merasa rasa takut terus muncul dan tidak bisa diatasi sendiri meskipun telah melakukan berbagai cara, maka mintalah bantuan. Anda bisa menghilangkan rasa takut berlebihan dengan bercerita kepada orang terdekat dan meminta pendapat mengenai hal yang sebaiknya dilakukan.

Jika memang tidak ada orang terdekat yang bisa membantu masalah tersebut maka datanglah ke ahli. Tidak perlu takut untuk datang ke psikiater atau psikolog dan meminta bantuan ke mereka. Dengan penanganan yang tepat, maka rasa takut akan perlahan hilang dan Anda bisa lebih tenang dalam beraktivitas.

Jangan sampai, Anda menghilangkan rasa cemas berlebihan tersebut dengan melampiaskannya ke obat obatan terlarang. Pilihlah cara yang sehat seperti istirahat yang cukup dan berolahraga sehingga pikiran menjadi lebih tenang.

Dengan mengikuti berbagai cara mengatasi rasa takut yang berlebihan diatas, maka perlahan Anda akan lebih tenang. Fokuskan diri pada hal hal yang membuat diri bahagia dan selalu berpikir positif agar lebih tenang.

Related Posts