Cara Mudah Menabung Untuk Masa Pensiun

Cara Mudah Menabung Untuk Masa Pensiun PranataPrinting

Sebagian besar orang menghabiskan waktu mudanya untuk bekerja dan hura-hura. Tanpa memikirkan menyisihkan uangnya untuk tabungan masa pensiun.  Pada lingkungan masyarakat banyak sekali orang tua yang memiliki kehidupan kurang sejahtera karena tidak dipedulikan anaknya dan tidak memiliki dana pensiun. Mereka tidak menerapkan cara menabung dana pensiun ketika muda, hasilnya saat umur tua mereka tetap bekerja untuk membiayai kehidupannya. Anda tidak ingin seperti mereka bukan?

Oleh sebab itu jangan lupa menerapkan cara menabung dana pensiun supaya hari tua tetap terjamin. Meski sudah tua Anda tidak perlu takut membeli apapun karena dana pensiun telah dipersiapkan sejak dini. Menikmati masa tua bisa dilakukan oleh siapa saja yang rajin menabung untuk masa pensiun.

Cara Menabung Dana Pensiun Yang Paling Efektif

Alasan seseorang tidak menabung dana pensiun yaitu tidak mengetahui caranya, sehingga uang gaji selalu habis digunakan untuk makan, shopping dan jalan-jalan. Menyisihkan uang untuk ditabung rasanya berat karena caranya belum diterapkan. Sebelum memulai menabung, maka bangunlah komitmen dalam diri Anda. Komitmen untuk menabung setiap bulan agar hari tua memiliki banyak uang dan hidup dengan sejahtera tidak bergantung pada orang lain. Adanya komitmen membuat Anda lebih serius menabung. Setelah komitmen telah terbentuk, Anda bisa melakukan cara menabung dana pensiun seperti berikut ini.

Investasi Uang

Cara menabung dana pensiun yang paling efektif yaitu melakukan investasi. Ada banyak jenis investasi misalkan uang, emas, saham dan lainnya. Anda juga dapat mengikuti program investasi khusus hari tua, JHT (Jaminan Hari Tua) dan DPLK (Dana Pensiun Lembaga Keuangan). Investasi program khusus pensiun biasanya dilaporkan secara berkala selama 3 sampai 6 bulan sekali. Laporan berupa perkembangan investasi dana pensiun.

BACA JUGA :  Tips Untuk Menyebarkan Brosur Anda

Menyimpan Dana Darurat

Sisihkan gaji Anda untuk menabung dana darurat. Sebaiknya menyimpan dana darurat disimpan pada rekening tabungan khusus agar tidak tercampur dengan uang kebutuhan sehari-hari. Tabungan dana darurat bisa digunakan untuk keperluan yang genting seperti sakit sehingga Anda tidak perlu berhutang ke orang lain. Kondisi tubuh masa tua tidak sekuat usia muda, seringkali sakit. Oleh karena itu dana darurat harus Anda persiapkan saat muda.

Melunasi Hutang Secepatnya

Bila Anda memiliki hutang pribadi, contohnya hutang mobil atau rumah maka dapat dilunasi terlebih dahulu secepatnya. Hutang membuat Anda malas menabung, karena fokus pikiran hanya untuk melunasi hutang saja. Lebih baik Anda melunasi seluruh hutang pribadi sebelum memasuki usia 30. Selesai hutang lunas barulah menyusun target dan fokus untuk menabung dana pensiun.

Menentukan Target Dana Pensiun

Dana pensiun dapat terkumpul dengan cepat jika ada target. Tentukan target dana pensiun Anda dan waktu untuk mengumpulkannya. Adanya target membuat Anda lebih disiplin menabung dana pensiun. Saat ada godaan tidak menabung datang maka ingatlah target dana pensiun, godaan tersebut pasti hilang.

Setiap orang memiliki target dana pensiun berbeda-beda. Sekarang Anda bisa menentukan target dengan mudah. Misalkan pada umur 55 tahun harus memiliki tabungan pensiun sebanyak 50 juta. Anda saat ini umurnya 25 tahun, sisa waktu untuk mengumpulkan tabungan 50 juta yaitu 30 tahun. Jadi perbulannya Anda bisa menabung sebanyak Rp. 139.000. Genap 55 tahun Anda bisa menikmati tabungan tersebut.

Selalu Ingat Waktu

Cara menabung dana pensiun berikutnya yaitu selalu mengingat waktu. Dalam kehidupan waktu berjalan lebih cepat dan berlalu begitu saja. Jangan menyia-nyiakan waktu Anda untuk hal yang tidak berguna. Fokus saja pada karir kemudian sisihkan penghasilan untuk ditabung. Sebaik mungkin sisihkan uang untuk tabungan, tidak apa menabung dalam jumlah sedikit karena beberapa tahun kemudian uang bisa jadi banyak.

BACA JUGA :  Pengertian Dan Penjelasan Analisis SWOT Yang Harus Diketahui

Cara menabung dana pensiun di atas cukup mudah dilakukan asalkan Anda terus memegang komitmen menabung. Jangan lewatkan waktu sekalipun untuk tidak menabung. Masa tua yang bahagia ditentukan oleh Anda sendiri, jadi persiapkan tabungan dengan matang. Habiskan masa tua untuk bekerja, membuat usaha, dan menabung. Saat masa tua, Anda bisa menikmati hasilnya dengan melakukan hal apapun yang diinginkan. Sekian pembahasan mengenai cara mudah menabung untuk masa pensiun.

Related Posts