Cara Presentasi Yang Baik dan Efektif

Cara Presentasi Yang Baik dan Efektif

Efektifnya suatu presentasi ditentukan oleh keahlian presenter untuk menyampaikan pada audiens. Cara penyampaian yang tak sesuai tema presentasi juga dapat mempengaruhi keefektifan sebuah presentasi. Tapi banyak orang yang kebingungan dengan hal ini sehingga akibatnya presentasi yang dibawakan tidak efektif. Lalu bagaimana cara presentasi yang baik dan efektif?

7 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Sebelum Maupun Saat Presentasi

Bagi Anda yang hendak melakukan presentasi dan berharap presentasi tersebut dapat disampaikan dengan baik dan efektif, maka 7 hal berikut ini perlu Anda ketahui :

1. Tunjukkanlah passion Anda

Menunjukkan passion pada audiens merupakan salah satu cara presentasi yang baik dan efektif. Menunjukkan passion diantaranya Anda tampak menguasai tema, antusias dan bersemangat membawakan materi presentasi tersebut. Materi menarik dalam presentasi memang memberikan pengaruh besar terhadap minat audiens, namun bila Anda tampak ragu atau ogah-ogahan ketika menyampaikan, maka hal itu akan menciptakan kesan di mata audiens bahwa Anda tidak kompeten.

2. Mulai dengan Pembukaan yang Memukau

Kesan pertama sangat berarti. Hal tersebut juga berlaku saat Anda menyampaikan presentasi. Dua hingga tiga menit awal ketika memulai presentasi menjadi waktu yang penting, apakah audiens jadi antusias mendengarkan sampai selesai ataukah tidak.

Bila audiens mendengarkan dengan antusias dan memahami dengan baik serta berencana menerapakan materi yang telah mereka dapatkan, maka presentasi tersebut termasuk efektif. Kebanyakan orang cenderung lebih baik dalam mengingat segala yang awal dilihat dan dengar (Primacy Effect). Agar pembukaan presentasi menarik perhatian para audiens, beberapa hal ini bisa Anda terapkan :

  • Buka presentasi dengan menjelaskan tujuan dan maksud
  • Buka presentasi dengan ‘melemparkan’ pertanyaan
  • Buka presentasi dengan menyampaikan cerita yang berkaitan dengan tema
  • Buka presentasi dengan fakta dan data
  • Buka presentasi dengan pernyataan atau kutipan menarik yang sesuai tema
BACA JUGA :  Hal Yang Disesali Pebisnis Dalam Menjalankan Usaha

Dengan demikian, dimenit-menit awal penampilan akan tampak memukau serta meyakinkan. Selanjutnya audiens pun akan menyimak presentasi yang Anda sampaikan hingga selesai.

3. Sampaikan Dengan Lugas

Cara presentasi yang baik dan efektif berikutnya adalah lugas ketika menyampaikan. Siapa yang suka mendengarkan penjelasan bertele-tele? Demikian pula audiens presentasi. Penyampaian presentasi yang bertele-tele akan membuat audiens merasa bosan. Sampaikan poin-poin yang penting saja. Fokus pada pembukaan serta penutupan, karena pada bagian itulah yang terpenting dan akan diingat oleh audiens. Singkatnya presentasi bukan dilihat dari durasi bicara, tetapi materi pembuka, inti dan penutup yang disajikan.

4. Bersikap Rileks

Rileks merupakan salah satu cara presentasi yang baik dan efektif. Ketika menyampaikan presentasi, jangan berdiri diam. Anda dapat menjelaskan sambil berjalan-jalan beberapa langkah, bahkan sesekali mendekatlah kepada audiens. Jangan lupa tersenyum. Hal-hal tersebut akan menciptakan kesan rileks dan tidak membuat batasan antara Anda dengan audiens. Suasana rileks yang tercipta akan membuat audiens merasa dekat dengan Anda. Selanjutnya kedekatan itulah yang akan menimbulkan kepercayaan audiens pada Anda.

5. Gunakan Teknologi Sebaik Mungkin

Teknologi dapat membuat tampilan presentasi Anda lebih memukau. Diantaranya handled remote yang memudahkan Anda bergerak dan berjalan sambil menjelaskan. Dengan teknologi pula, tampilan slide Anda juga bisa semakin menarik.

6. Kenali Audiens

Penting bagi Anda sebelum presentasi mengetahui siapa audiens Anda, seperti mengetahui kisaran usia, tingkat pendidikan, maupun pekerjaan. Karena gaya penyampaian Anda tentunya harus disesuaikan dengan audiens yang hadir. Gaya penyampaian presentasi di hadapan mahasiswa tentunya akan berbeda bila menyampaikan presentasi kepada para manajer.

7. Perhatikanlah Penampilan dan Bersikap Profesional

Penampilan yang baik dan sikap profesional juga menjadi cara presentasi yang baik dan efektif. Bagaimana penampilan Anda merupakan salah satu wujud penghargaan Anda pada diri sendiri. Hal tersebut juga akan meningkatkan percaya diri Anda sebagai presenter. Sedangkan sikap profesional dapat ditunjukkan dengan hadir sebelum waktu dimulainya presentasi.

BACA JUGA :  Berbagai Jenis Bisnis Yang Cocok Bagi Generasi Milenial

Selain itu bersikap profesional dapat pula ditunjukkan saat ada pertanyaan dari audiens, maka jawab pertanyaan tersebut secara sopan, menghargai dan tentunya jawaban yang benar. Sebab itu penting bagi Anda menguasai materi, agar mampu memberikan jawaban yang memuaskan pada pertanyaan audiens. Demikianlah 7 cara presentasi yang baik dan efektif. Pahami dan terapkanlah poin-poin di atas, maka Anda akan mendapatkan para audiens merasa puas dengan presentasi yang Anda sampaikan.

Related Posts