Fungsi Dan Manfaat Kartu Nama Yang Perlu Anda Ketahui

Fungsi Dan Manfaat Kartu Nama Yang Perlu Anda Ketahui Pranata Printing

Berikut pembahasan mengenai fungsi dan manfaat kartu nama yang perlu Anda ketahui. Kartu nama atau sebutan lain dari name card ini dulunya sangat populer. Bahkan kartu nama sering digunakan pada waktu mengadakan kerja sama dengan klien. Kartu nama memiliki bentuk yang sederhana, tetapi dibalik bentuk sederhana ternyata ada fungsi dan manfaat kartu nama yang luar biasa.

 4 Fungsi dan Manfaat Kartu Nama

Agar lebih memahami tentang fungsi dan manfaat kartu nama. Anda bisa melihatnya pada berikut ini.

Mengenalkan Profil Diri

Fungsi dan manfaat kartu nama bisa digunakan sebagai pengenal profile diri. Kartu nama berisi informasi pemiliknya secara detail dan singkat. Identitas diri disampaikan dengan sangat baik meliputi nama, status pekerjaan, informasi telepon, alamat email dan lainnya. Oleh sebab itu kartu nama biasanya digunakan untuk bukti meyakinkan seseorang bahwa identitas Anda seperti yang berada di kartu nama.

Bila seseorang meragukan pekerjaan Anda, maka mereka dapat mencari informasi pekerjaan melalui kartu nama. Orang tersebut bisa langsung melakukan pencarian perusahaan terkait dengan pekerjaan Anda.

Personal Branding Secara Eksklusif

Selanjutnya kartu nama berfungsi untuk melakukan personal branding. Keistimewaan personal branding menggunakan kartu nama adalah bisa dilakukan secara eksklusif. Artinya profile diri yang dimuat dalam kartu nama bisa ditujukan langsung kepada calon konsumen supaya mereka dapat membangun kepercayaan terhadap Anda.

Awal perkenalan dengan calon konsumen biasanya agak ragu, karena calon konsumen takut dibohongi atau ada maksud tersembunyi lainnya. Saat Anda menunjukkan kartu nama, rasa ragu yang dimiliki konsumen jadi hilang dan berubah menjadi percaya.

Menunjukkan Bahwa Anda Adalah Orang Profesional

Siapa saja yang memiliki kartu nama dapat dikatakan sebagai orang profesional. Kartu nama yang dibuat menunjukkan gambaran profil diri secara jelas. Hal ini membuat poin atau nilai profesional semakin bertambah.

BACA JUGA :  Tips Mudah Menjaga Profesionalitas Dalam Berbisnis

Informasi Perusahaan

Fungsi dan manfaat kartu nama berikutnya yaitu sebagai informasi perusahaan. Biasanya informasi perusahaan tempat Anda bekerja diperlukan oleh penerima kartu nama. Mereka ingin mengetahui perusahaan sekaligus jabatan Anda disana. Penerima kartu nama sangat terbantu, karena pencarian informasi perusahaan dapat dilakukan dengan mudah.

Itulah fungsi dan manfaat kartu nama. Pastikan kalau Anda memiliki kartu nama agar terlihat profesional. Kartu nama tidak dibuat sendiri, Anda bisa membuat kartu nama pada orang lain. Sebelum membuat kartu nama, Anda harus mengetahui beberapa hal yang harus ada di dalam kartu nama.

Fungsi dan Manfaat Kartu Nama Menginformasikan Profile Pribadi

Kartu nama berisi profil diri, namun profilnya harus menunjukkan data sebenarnya sesuai yang Anda kerjakan sekarang. Persiapkan beberapa data untuk mengisi kartu nama. Data yang dibutuhkan bisa dilihat pada berikut ini.

Nama lengkap

Nama yang digunakan harus sesuai dengan KTP. Penulisan nama pada kartu diletakkan pada bagian kiri, tetapi ada juga perusahaan yang menempatkan komponen nama pada bagian kanan. Warna tulisan nama harus lebih mencolok dibandingkan dengan background kartu nama supaya mudah diingat oleh seseorang.

Jabatan

Tulisan jabatan ukurannya lebih kecil daripada nama. Letaknya di bagian kanan atau di sebelah komponen nama. Font yang digunakan untuk tulisan jabatan agak berbeda, bertujuan untuk menarik perhatian orang yang melihatnya. Fungsi dan manfaat kartu nama pada komponen tulisan jabatan yaitu menginformasikan kepada seluruh penerima kartu nama bahwa pemiliknya berada di jabatan tersebut.

Logo perusahaan

Selanjutnya hal yang harus ada di kartu nama yaitu logo perusahaan. Komponen ini bisa diletakkan dimana saja sesuai dengan keinginan. Bisa pada bagian pojok kanan, kiri, bawah atau atas.

BACA JUGA :  Tips Membuat Desain Sertifikat Yang Menarik

Informasi singkat tentang perusahaan

Kartu nama dilengkapi dengan informasi mengenai tempat Anda bekerja. Informasi singkat yang perlu dimasukkan yaitu bergerak dalam bidang apa, produksi barang yang dihasilkan serta lainnya.

Informasi kontak

Pada bagian paling bawah dari kartu nama, diisi informasi kontak dan media sosial yang digunakan. Informasi kontak bisa menggunakan kontak pribadi atau kontak perusahaan.

Semua hal diatas harus dipersiapkan dengan matang sebelum membuat kartu nama. Bila ada hal yang tertinggal dan tidak dimasukkan ke dalam kartu nama, maka membuat kartu nama Anda kurang bagus (informasi yang ditulis kurang lengkap). Sekian pembahasan mengenai fungsi dan manfaat kartu nama yang perlu Anda ketahui. Hubungi kontak CS Pranata Printing untuk dapat berkonsultasi mengenai cetak kartu nama bisnis sekarang juga.

Related Posts