Fungsi Utama Annual Report Bagi Perusahaan

Fungsi Utama Annual Report Bagi Perusahaan Pranata Printing

Berikut pembahasan mengenai fungsi annual report bagi perusahaan. Setiap perusahaan harus memiliki annual report untuk dokumentasi kinerja dan laporan keuangan perusahaan dalam kurun waktu yang diinginkan. Annual report atau disebut AR, berfungsi untuk laporan dokumentasi perusahaan. Biasanya annual report disusun secara tahunan bahkan bisa lebih.

Apa Fungsi Annual Report?

Sebenarnya fungsi annual report tidak hanya sebagai dokumentasi perusahaan. Bila dijabarkan lebih detail fungsi annual report ternyata ada banyak. Berikut merupakan fungsi annual report yang perlu Anda ketahui.

Untuk mengetahui rencana strategis perusahaan dan pengambilan keputusan

Fungsi annual report yang pertama yaitu memberitahukan laporan dari direktur utama serta laporan dewan komisaris perusahaan. Kedua laporan berisi mengenai kondisi ekonomi makro yang bisa berpengaruh kondisi perusahaan. Respon kondisi perusahaan sudah dijelaskan secara detail pada annual report beserta rencana strategis sekaligus diikuti oleh pengambilan keputusan oleh pimpinan perusahaan.

Laporan analisis keuangan perusahaan

Bila ingin melihat analisis keuangan perusahaan maka tidak perlu repot meminta rekapan dari tim manajemen laporan keuangan. Langsung saja membuka annual report, buka pada halaman analisa manajemen kinerja perusahaan. Pada bagian tersebut, Anda bisa melihat bagaimana kondisi keuangan perusahaan yang didapatkan dari produksi barang, produksi jasa, penjualan, dan kegiatan operasional.

Laporan keuangan perusahaan harus diketahui secara detail. Senangnya bahwa di annual report, laporan keuangan tersebut sudah tersusun rapi. Anda bisa membacanya dan melakukan analisa keuangan dengan mudah.

Menunjukkan adanya manajemen risiko, etika bisnis dan tata cara mengelola perusahaan

Fungsi annual report berikutnya yaitu menunjukkan manajemen risiko, etika bisnis serta tata cara mengelola perusahaan. Manajemen risiko menjelaskan tentang berbagai macam resiko yang dapat terjadi pada perusahaan. Jabaran resiko dilengkapi dengan upaya yang dilakukan manajemen perusahaan dalam mengatasi resiko yang terjadi.

BACA JUGA :  Berbagai Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Franchise

Cara mengelola perusahaan pada annual report dijelaskan bahwa sistem tata kelola apa yang harus digunakan. Setiap perusahaan memiliki sistem kelola yang berbeda-beda, terutama pada prinsip pengelolaan perusahaan yang dijalankan.

Itulah fungsi annual report namun, secara umum annual report digunakan untuk pengguna eksternal dalam mencari informasi mengenai segala aktivitas perusahaan dan manajemen keuangannya. Pengguna eksternal merupakan orang yang berasal dari luar perusahaan. Biasanya orang tersebut yang ingin melakukan kerja sama dengan perusahaan. Sebelum melakukan kontrak kerja sama, pengguna eksternal harus melihat annual report supaya kerjasamanya makin yakin.

Fungsi Annual Report Ditulis Secara Detail dalam Beberapa Bagian

Annual report perusahaan tidak hanya terdiri dari beberapa halaman saja, melainkan ratusan halaman tersusun dalam satu annual report. Anda harus mengetahui bahwa annual report berisi tentang segala hal mengenai laporan keuangan perusahaan. Laporannya ditulis rapi dengan bagian-bagian seperti berikut ini.

  1. Surat untuk pemegang saham
  2. Laporan keuangan serta kondisi keuangan perusahaan selama satu tahun atau lebih
  3. Pembahasan analisis dari manajemen keuangan
  4. Laporan beserta catatan kondisi keuangan dilengkapi dengan control internal
  5. Pernyataan resmi dari auditor mengenai kondisi laporan keuangan perusahaan
  6. Detail laporan keuangan meliputi laporan laba rugi, laporan posisi keuangan, ekuitas saham, laporan arus kas, catatan laporan keuangan, daftar nama komisaris perusahaan dan daftar nama direktur.

Bagian annual report di atas dijelaskan secara detail, sehingga para pembaca annual report sama sekali tidak mengalami kesulitan saat membacanya. Bahkan adanya annual report membantu para pengguna eksternal dalam memahami kondisi perusahaan dengan cepat.

Apa Perbedaan Fungsi Annual Report dengan Laporan Keuangan Biasa?

Jelas sekali bahwa ada perbedaan yang mencolok pada fungsi annual report dan laporan keuangan. Annual report lebih menjelaskan laporan kondisi keuangan secara rinci kepada pengguna eksternal. Disana dijelaskan juga kondisi keuangan yang lebih unggul dari perusahaan lainnya. Keuangan perusahaan di annual report dilengkapi dengan perencanaan proyeksi kondisi keuangan perusahaan masa depan.

BACA JUGA :  Manfaat Dan Pentingnya Motivasi Yang Perlu Diketahui

Sedangkan laporan keuangan biasa hanya menjelaskan kondisi keuangan perusahaan dalam berupa ilustrasi, diagram, foto dan infografik atau infografis. Laporan keuangan ini hanya memuat tentang pencapaian yang didapat oleh perusahaan. Dilihat dari segi penulisannya saja, lebih menarik annual report dibandingkan dengan laporan keuangan biasa. Anda bisa membuktikannya secara langsung dengan melihat annual report di sebuah perusahaan.

Related Posts