Kegiatan Menghibur Saat Karantina Mandiri

Kegiatan Menghibur Saat Karantina Mandiri Pranata Printing

Penyebaran virus corona kini sudah meningkat setiap harinya di Indonesia dan Anda harus terus waspada karena bisa menyerang siapa saja. Berkaitan dengan ini kemudian pemerintah pun menganjurkan bagi sesiapa yang mengalami gejala, maka harus mengkarantina diri selama kurang lebih 14 hari.

Sebagai manusia yang memiliki sifat bosan maka karantina mandiri merupakan hal yang membosankan sehingga sangat dibutuhkan kegiatan menghibur saat karantina mandiri. Kira-kira kegiatan apa sajakah yang direkomendasikan?

Kegiatan Menghibur Saat Karantina Mandiri?

Virus corona atau Covid 19 menggemparkan Indonesia dan berdampak pada semua aspek kehidupan sehari-hari. Pemerintah menganjurkan Anda untuk memulai Physical Distancing dan bagi mereka yang bergejala dianjurkan untuk langsung mengkarantina diri sendiri.

Adapun lama karantina mandiri ini yakni selama 14 hari bahkan mungkin bisa lebih jika keadaan belum pulih. Cukup lama bukan? Ketika masa karantina mandiri maka Anda tidak dianjurkan untuk pergi kemanapun.

Untuk urusan makan juga harus diwaspadai karena jika Anda berbagi tempat makan, maka bisa jadi orang yang berbagi dengan Anda akan tertular. Jadi bisa dikatakan jika ketika ini Anda harus benar-benar sendiri. Tentu membosankan bukan?

Jika Anda merasakan gejala tidak perlu malu untuk melakukan karantina mandiri. Hal yang penting yakni jangan panik dan lakukan banyak aktivitas atau kegiatan yang menghibur saat karantina mandiri agar sistem imun tubuh meningkat. Adapun beberapa kegiatan tersebut antara lain;

Memasak

Saat Anda melakukan karantina mandiri akan lebih baik jika melakukan kegiatan yang bermanfaat dan bisa menghibur. Salah satunya Anda bisa memasak serta mencoba resep baru agar tidak bosan.

Anda juga dianjurkan untuk memasak sendiri dibandingkan dengan membeli makanan yang sudah jadi atau junk food. Anda bisa mencari resep baru di Youtube atau Google untuk menentukan masakan mana yang akan dibuat.

Membaca

Kegiatan menghibur saat karantina mandiri adalah membaca. Tapi bukan hanya status yang Anda baca namun bisa mengenai pengetahuan atau mungkin novel. Banyak buku atau ebook yang bisa dibaca selama karantina mandiri mulai dari buku pelajaran, novel, sejarah atau bisa juga buku keilmuan yang bertemakan religi.

Saat karantina mandiri membaca merupakan hal yang paling menyenangkan yang mungkin jarang Anda dapat ketika bersama dengan teman-teman. Selain itu dengan banyak membaca, wawasan dan pengetahuan Anda juga semakin luas bukan?

Olahraga

Karantina mandiri juga bisa diartikan sebagai waktu istirahat. Jadi jika sehari-hari Anda keluar dan bekerja, maka kini adalah saat bagi tubuh untuk sedikit memanjakan tubuh. Dan salah satu caranya yakni dengan olahraga.

Ya, memang kegiatan ini cukup menguras keringat, namun aktivitas ini mampu meningkatkan imun dan membuat tubuh tetap bugar. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk memakan makanan yang sehat, vitamin, berjemur untuk menjaga daya imun tubuh.

Olahraga yang bisa Anda lakukan ketika karantina mandiri sebenarnya banyak, asalkan ketika olahraga Anda harus dirumah. Beberapa rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan di rumah yakni yoga, senam, meditasi, gym dan masih banyak lagi.

Menonton

Kegiatan menghibur saat karantina mandiri adalah menonton. Anda boleh menonton, asalkan tidak ke bioskop alias dirumah saja. Ya, saat ini tidak bisa pergi ke bioskop guna menghindari kerumunan yang meningkatkan risiko tertular virus corona.

Anda bisa melakukan kegiatan menonton di rumah Anda sendiri, misalnya dengan menonton film dari DVD atau dari laptop secara online. Menonton film merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan dan bisa terhindar dari bosan.

Anda bisa memilih tontonan yang sesuai dengan diri Anda. Hindari melihat tontonan yang sifatnya “sedih” atau “horor” karena ini juga akan berimbas pada suasana hati yang memengaruhi imun.

Beresin Rumah

Saat bekerja mungkin Anda  akan jarang untuk melakukan beres-beres rumah, maka dari itu ketika karantina mandiri maka beres-beres rumah merupakan kegiatan yang menghibur. Kegiatan menghibur saat karantina mandiri ini bisa Anda lakukan sembari mendengarkan musik.

Dengan ini Anda punya waktu “me time” untuk mengatur segala sisi rumah. Dan bisa dikatakan jika selain menyenangkan kegiatan ini juga menguntungkan. Rumah bisa bersih dan juga lebih sehat.

Itulah kegiatan menghibur saat karantina mandiri yang bisa dilakukan, semoga bisa menjadi referensi bagi Anda yang kini tengah mulai mengisolasi diri. Ingat virus corona sangat mudah menular, jadi meskipun belum jelas Anda terkena atau tidak, ada baiknya untuk mengantisipasi dengan melakukan karantina mandiri.

Related Posts