Kelebihan Dan Kekurangan Virtual Office

Kelebihan Dan Kekurangan Virtual Office Pranata Printing

Zaman yang semakin canggih membuat semakin banyak orang-orang kreatif bermunculan dengan memulai bisnis sesuai passionnya. Salah satu bisnis yang banyak diminati oleh para freelancer khususnya yaitu penggunaan Virtual Office.

Sudah banyak bermunculan virtual office terlengkap yang dikenal dapat memberikan suasana yang baru, lebih tenang dan nyaman pada beberapa kota besar seperti contohnya di Bandung, Jakarta dan kota besar lainnya.

Untuk yang belum familiar dengan bisnis ini, virtual office sendiri bisa dikatakan sebagai suatu ruang kerja yang diciptakan berada didunia internet, Karena umumnya yang kita ketahui suatu perusahaan pasti mempunyai suatu tempat yang tetap guna menampung setiap pekerja dalam melakukan pekerjaannya.

Dalam hal ini berarti virtual office tidak mempunyai kantor tetap secara nyata sebagai bentuk fisik tempat usahanya melainkan hanya melalui dunia internet.

Kelebihan Virtual Office

Pada sebagian negara berkembang peminat virtual office sudah semakin bertambah kendati akibat keperluan kantor saat ini dimulai dari manajemen, sewa gedung, listrik serta administrasi yang semakin tidak bisa dihindari. Namun tahukah Anda apa saja kelebihan yang bisa didapatkan dari penggunaan Virtual Office? Yuk langsung saja simak berikut rangkumannya.

  1. Dapat menghemat segala biaya operasional kantor

Jika Anda ingin memulai bisnis dan ingin mempunyai kantor sendiri pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk mulai membangunnya. Disamping itu Anda juga harus memikirkan segala kebutuhan penunjang dari kantor seperti listrik, air dan kebutuhan lainnya.

Lain halnya jika Anda menggunakan virtual office, seluruh biaya yang berkaitan dengan biaya operasional kantor sudah disediakan oleh virtual office. Jadi Anda tidak lagi perlu repot menyiapkan hal tersebut, anda bisa datang dengan nyaman ke virtual office dan bekerja.

  1. Dapat berganti kantor

Karena tidak memerlukan kantor tetap, jadi dengan penggunaan Virtual Office Anda bisa berpindah kantor sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu anda bisa merasakan sensasi kantor baru yang lebih fresh dan nyaman jika Anda merasa kurang nyaman pada kantor sebelumnya tanpa perlu terikat dengan biaya. Sebab seperti yang kita ketahui bahwa jika sebuah perusahaan ingin berpindah kantor pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

  1. Dapat meningkatkan gengsi perusahaan

Memang benar apabila kita mempunyai sebuah kantor sendiri maka akan mampu meningkatkan citra dan gengsi terhadap perusahaan lainnya. Kendati demikian virtual office juga dapat mempunyai kelebihan yang memungkinkan alamat dari virtual office digunakan sebagai alamat resmi dari kantor Anda meskipun hanya tersedia satu ruangan kantor saja.

BACA JUGA :  Memberikan Kesan Pertama Yang Baik Dengan Binding Buku

Seiring dengan perkembangan zaman penggunaan Virtual Office sangat memudahkan Anda yang ingin memulai bisnis tanpa perlu bertatap muka dengan para pegawai. Saat ini Anda sudah bisa langsung berkomunikasi dengan para pegawai hanya melalui smartphone, dengan demikian banyak dari perusahaan yang sudah tidak khawatir lagi dalam hal perekrutan para pegawai.

  1. Cenderung lebih diminati oleh client

Umumnya klien lebih mengutamakan pada kesan pertama saat melihat perusahaan, hal tersebut karena banyak yang takut akan tertipu dengan banyaknya perusahaan palsu kini semakin banyak.
Dalam hal ini dengan penggunaan Virtual Office pastinya tidak lagi perlu bingung mengenai masalah kantor karena virtual office sudah menyediakan alamat resmi perusahaan yang dapat digunakan.

  1. Menghemat waktu

Jika dikota-kota besar banyak yang perlu berangkat ke kantor dengan jarak nya kadang cukup jauh dari tempat tinggal. Dengan adanya penggunaan Virtual Office akan lebih menghemat waktu Anda untuk bisa menyelesaikan suatu proyek dengan bisa saja datang ke virtual office terdekat.

Kekurangan Virtual Office

Disamping dari beberapa kelebihan tersebut, ternyata virtual office juga memiliki beberapa kekurangan, berikut kekurangan dari penggunaan Virtual Office;

  1. Terkadang cenderung kurang fokus

Bagi Anda yang kurang terbiasa dengan suasana kantor yang sepi, maka dengan virtual office yang biasanya menyediakan co-working space akan membuat Anda lebih sulit untuk bisa fokus karena ramai.

  1. Kurang dekatnya hubungan antar karyawan

Meskipun antar karyawan dapat berkomunikasi secara virtual namun sebenarnya tetap saja membutuhkan pertemuan rutin guna menjalin keakraban antar pegawai agar dapat menghindari segala kemungkinan dari perselisihan dalam pekerjaan.

  1. Waktu kerja yang disepelekan

Virtual office memang lebih cocok untuk para freelancer yang tidak suka terikat dengan jam kerja, meskipun lebih flexible namun terkadang banyak yang menyepelekan jam kerjanya sebab yang penting beres.

BACA JUGA :  5 Tips Investasi Emas Bagi Pemula Agar Menguntungkan

Dengan adanya penggunaan Virtual Office pastinya juga sangat membantu para pebisnis baru untuk bisa memiliki kantornya sendiri, tanpa perlu merasa khawatir dengan biaya operasional perusahaan. Nah dengan adanya pertimbangan kelebihan serta kekurangan dari penggunaan Virtual Office diatas bisa kita lihat bahwa menyewa virtual office dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang ingin memulai bisnis.

Related Posts