Manfaat Arang Aktif Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Manfaat Arang Aktif Untuk Kecantikan Dan Kesehatan

Arang aktif atau dikenal juga dengan activated charcoal ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Ya, akhir-akhir ini arang aktif menjadi tren dalam dunia kecantikan karena sering dijadikan formula dalam produk pembersih wajah. Mungkin belum banyak yang tahu bahwa arang aktif memang punya khasiat ampuh untuk menghilangkan aneka jenis kotoran pada kulit. Itulah sebabnya banyak pakar kecantikan merekomendasikan bahan yang satu ini dalam produk kecantikan karena manfaat arang aktif yang memang beragam.

Manfaat Arang Aktif

Arang aktif efektif untuk membersihkan tubuh dari zat berbahaya. Namun yang dimaksud arang aktif disini bukanlah arang yang berasal dari bara api, tetapi murni dari zat arang yang dihasilkan dari bahan alami. Sebenarnya apa saja manfaat arang aktif untuk kecantikan dan kesehatan? Simak ulasannya berikut ini ya!

  1. Meredakan perut kembung atau masuk angin

Manfaat arang aktif bisa digunakan untuk meredakan kembung atau masuk angin. Hal ini berdasarkan penelitian bahwa arang berfungsi mengikat zat berlebihan yang banyak menghasilkan gas dalam tubuh dan menjadi penyebab perut kembung. Cukup dengan mengkonsumsi kapsul arang saat perut terasa tidak nyaman.

  1. Mengusir bau badan

Bau badan menjadi masalah penampilan yang tidak bisa ditolerir lagi. Masalah yang satu ini kerap menimbulkan rasa tidak percaya diri, sehingga Anda pun wajib mengatasinya dengan segera. Manfaat arang aktif dengan cara mengkonsumsinya dalam bentuk kapsul bisa membantu mengatasi bau badan dan menghilangkan bakteri di dalam tubuh.

  1. Menyembuhkan jerawat

Jerawat jadi problem kecantikan bagi siapa saja. Kerugian yang disebabkan oleh jerawat juga pasti membuat Anda jengkel berurusan dengan gangguan kulit yang satu ini. Manfaat arang aktif dipastikan ampuh menyembuhkan jerawat yang disertai nyeri serta bengkak parah. Coba oleskan bubuk arang aktif dicampur dengan gel lidah buaya secukupnya pada area wajah yang berjerawat. Biarkan selama 30 menit dan lakukan secara rutin agar peradangan jerawat bisa sembuh lebih cepat. Untuk lebih praktis Anda dapat membeli sabun cuci muka yang telah mengandung Activated Charcoal.

  1. Membersihkan pencernaan

Manfaat arang aktif dikenal sebagai bahan pembersih bagi racun atau zat yang tidak lagi berguna bagi tubuh. Untuk itulah sebagian besar ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi arang ini pada periode tertentu untuk menjaga kebersihan pencernaan tubuh. Dengan mengkonsumsi arang aktif maka sisa makanan, zat beracun, serta bakteri yang siap dibasmi dalam saluran pencernaan. Selain dalam bentuk bubuk, ternyata sekarang arang aktif khusus Food Grade telah hadir dan digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan yang ada seperti Ice Cream, Roti, Cake, Minuman dan lainnya.

  1. Memutihkan gigi

Manfaat arang aktif di masa lampau juga banyak digunakan untuk memutihkan gigi. Anda bisa menggunakannya juga lho! Gunakan bubuk arang aktif pada sikat gigi dan gosok perlahan pada gigi Anda. Biarkan beberapa saat dan lakukan rutin untuk membuat gigi lebih putih. Bila terasa merepotkan sekarang juga telah hadir pasta gigi dengan campuran arang aktif yang memiliki fungsi ganda, yaitu merawat dan memutihkan gigi.

  1. Menjaga kesehatan ginjal

Ternyata manfaat arang aktif berkhasiat menjaga kesehatan ginjal dan hati dari efek penuaan. Kedua organ penting tubuh ini berhubungan dengan berbagai zat, baik zat bermanfaat maupun zat beracun. Anda bisa menggunakan kapsul untuk membantu kinerja ginjal dan hati agar lebih ringan.

  1. Mengatasi gigitan serangga

Manfaat arang aktif efektif untuk mengatasi gigitan serangga yang dikenal meninggalkan racun serta efek gatal dan perih. Untuk mengatasinya, larutkan arang dengan minyak kelapa dan oleskan pada bagian yang terkena gigitan serangga tersebut sampai sembuh.

BACA JUGA :  Tips Meningkatkan Kemampuan Desainer Grafis Dengan Mudah

Selain memberikan manfaat, arang aktif juga mengandung efek samping seperti dehidrasi, alergi, dan gangguan pencernaan. Untuk itu Anda perlu menggunakannya dengan dosis dan cara yang tepat. Itulah beberapa manfaat arang aktif untuk kecantikan dan kesehatan yang bisa diterapkan di rumah.

Related Posts