Memahami Apa Itu Gaya Hidup Minimalis Dan Manfaatnya

Memahami Apa Itu Gaya Hidup Minimalis Dan Manfaatnya

Pada awalnya konsep minimalis hanya dihubungkan dengan desain. Padahal semua hal bisa mengikuti konsep ini, termasuk mindset yang kemudian mempengaruhi gaya hidup Anda. Lalu apa itu gaya hidup minimalis? Anda dapat memahaminya melalui ulasan berikut.

Pengertian dan Prinsip Gaya Hidup Minimalis

Gaya hidup minimalis artinya menyingkirkan hal-hal di luar kebutuhan pokok. Coba tanyakan pada diri sendiri, pernahkah Anda membeli suatu barang tanpa alasan? Dan tetap menyimpannya walaupun barang tersebut tidak difungsikan? Hampir semua orang pernah melakukan impulsive buying seperti di atas.

Nah gaya hidup minimalis ini menjadi filter. Dia meminimalisir barang-barang yang tidak benar-benar Anda butuhkan. Jadi gaya hidup ini tidak hanya membuat rumah Anda terlihat lebih rapi dan lapang, tetapi juga menciptakan peace of mind atau ketenangan.

Prinsip gaya hidup minimalis adalah less is more. Gaya hidup yang mengajak Anda untuk melihat sisi lain dari kepuasan batin, ketenangan diri dan jiwa yang bersyukur.

Manfaat Gaya Hidup Minimalis

Lalu, apa sih manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengadopsi gaya hidup minimalis? Tentu banyak, berikut ulasannya;

Merasa Lebih Bebas

Disadari atau tidak semakin banyak barang yang Anda miliki, maka keterikatan pada barang-barang tersebut semakin tinggi. Sebaliknya semakin sedikit barang yang Anda punya, Anda akan merasa lebih bebas dan tak begitu terikat oleh kebendaan.

Rasa bebas ini perlahan juga akan membebaskan Anda dari rasa takut. Buanglah barang yang sudah rusak atau tidak berfungsi dengan baik. Lampu lucu yang sudah rusak masih Anda simpan di gudang? No way! Cobalah untuk membuangnya.

Merasa Lebih Sehat dan Tidak Stres

Gaya hidup minimalis juga memberikan ketenangan secara fisik dan mental. Dengan membuang barang lama yang sudah tak terpakai, ruangan Anda akan terlihat lebih luas. Anda pun dapat bernafas dengan lega dan terbebas dari resiko klaustrofobia.

Selain itu dengan mengikuti gaya hidup ini Anda tak akan lagi tertekan untuk membeli atau memiliki barang-barang yang sedang trend atau sedang diskon, jika Anda memang tidak membutuhkannya. Hasilnya perilaku konsumtif bisa diminimalisir.

Merasa Kaya Akan Pengalaman

Orang yang menjalankan gaya hidup minimalis tidak mengukur semua hal dengan uang. Sebaliknya mereka akan merasa kaya dengan banyaknya pengalaman yang mereka miliki.

Jadi daripada menghabiskan uang untuk berbelanja, mereka lebih suka menggunakannya untuk pergi ke tempat baru, mencari pengalaman baru dan bersenang-senang menikmati hidup.

Bisa Fokus pada Tujuan Hidup

Ketika Anda berhasil meredam hasrat untuk berbelanja, artinya Anda bisa meredam diri sendiri. Sehingga Anda bisa fokus pada produktivitas, karir dan pencapaian dalam hidup.

Pada fase tersebut Anda harus bisa mulai membedakan antara kebutuhan dan hanya sebatas keinginan. Dengan demikian hidup Anda akan jauh lebih produktif dan tenang.

Mempererat Hubungan dengan Orang-orang Sekitar

Memahami apa itu gaya hidup minimalis tentu tak lepas dari orang-orang di sekitar kita, yaitu keluarga dan teman dekat. Semakin sedikit beban yang Anda pikirkan, maka semakin banyak waktu luang yang Anda miliki untuk mereka.

Cara Mudah Memulai Gaya Hidup Minimalis

  1. Buang barang yang sudah usang, rusak dan yang tak Anda butuhkan. Mulailah dari lemari Anda. Cobalah sortir barang-barang yang ada di lemari, kemudian lanjut ke tempat penyimpanan yang lain.
  2. Lihat kualitas suatu barang, bukan kuantitasnya. Jika Anda membutuhkan suatu barang, pastikan kualitasnya bagus. Walaupun harganya lebih baik, tapi tentu lebih awet, bisa digunakan dalam jangka panjang, serta mengurangi sampah.
  3. Simpanlah barang-barang yang berarti dan berfungsi dengan baik. Artinya jika Anda mempunyai barang kenangan dari orang tua atau yang terkasih, Anda bisa menyimpannya. Simpan dengan baik agar tak rusak termakan zaman.
  4. Selalu bersyukur. Inti dari semuanya adalah bersyukur. Dengan bersyukur Anda akan merasa puas dengan apa yang Anda miliki saat ini. Sehingga resiko tergiur diskon atau produk yang sedang trend bisa diminimalisir. Anda pun bisa hidup dengan lebih santai dan bahagia.

Setelah memahami apa itu gaya hidup minimalis dan manfaatnya, apakah Anda sudah siap memulainya?

Related Posts