Memahami Apa Itu Indeks Saham LQ45

Saham  yang ada di Indonesia memang sangat bervariasi. Salah satunya yang paling populer dan dianggap sebagai saham yang sangat likuid adalah indeks saham LQ45. Lalu, apa sebenarnya pengertian indeks saham LQ45?

Beberapa investor yang profesional pasti telah familiar dan akrab dengan istilah saham ini. Namun, bagi Anda yang masih pemula, memahami berbagai indeks saham sangat diperlukan.

Salah satunya adalah memahami indeks saham LQ45 ini. Apalagi saham LQ45 juga dianggap sangat cocok bagi para investor pemula. Berikut adalah penjelasan ringkas mengenai saham LQ45.

Definisi Indeks Saham LQ45

Sebagaimana namanya, ternyata indeks saham LQ45 ini merupakan saham yang paling likuid. Sebenarnya sudah terlihat dari namanya, LQ yang berarti liquid = likuid, dan 45 merupakan jumlah dari saham.

Membahas mengenai saham likuid, maksudnya adalah saham yang mempunyai banyak peminat sehingga mudah untuk diperjualbelikan. Di sini maksudnya diperjualbelikan di BEI (Bursa Efek Indonesia).

Saham LQ45 yang telah diluncurkan sejak tahun 1997 ini telah menarik perhatian banyak investor. Peminatnya di luar sana juga sangat banyak dan membuat Anda mudah untuk menjualnya kembali.

Hal penting lainnya yaitu proses menjual dan membeli saham bisa berlangsung dengan cepat, sebab akan selalu ada yang mengantre.

Saham unggulan ini telah melewati proses yang ketat sehingga terpilih 45 emiten yang likuiditasnya tinggi. Dalam penerapannya sendiri, 45 emiten tersebut juga akan selalu diawasi setiap setengah tahun sekali.

Sebelum membahas mengenai pergantian dan tujuan saham LQ45, Anda perlu mengetahui mengenai perbedaan saham likuid dan tidak likuid.

Perbedaan Saham Likuid dan Tidak likuid?

Saham liquid telah sedikit disinggung sebelumnya. Di mana berarti aktif dan mudah untuk diperjualbelikan. Dengan memilih saham ini, Anda bisa dengan mudah untuk menjual dalam waktu yang cepat.

Berbeda dengan saham tidak likuid, yang tentu saja kebalikan dari likuid. Anda akan sulit dalam memperjualbelikannya. Saham illiquid (tidak likuid) pasti akan sangat dihindari oleh para investor karena memiliki peminat yang sangat sedikit.

Bahkan, bisa jadi Anda harus menjual saham dengan harga yang lebih rendah dari harga pasar saham jika memilih saham yang tidak likuid.

Kapan Terjadi Pergantian Saham LQ45?

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, akan ada seleski dan pengawasan ketat yang dilakukan oleh BEI.

Penilaian dari pergerakan saham akan dilakukan dalam tiga bulan, lalu pada bulan Februari dan Agustus akan diadakan pergantian saham. Itu berarti setiap 6 bulan sekali akan selalu di-update.

Apa Saja Tujuan Indeks Saham LQ45?

Saham LQ45 sangat bermanfaat bagi para investor. Terutama jika ingin melakukan pengamatan terhadap saham dengan likuiditas yang tinggi. Para investor akan dimudahkan dalam melakukan seleksi untuk meraih keuntungan yang besar di masa depan.

Saham LQ45 juga kerap dijadikan sebagai sarana untuk pemerhati pasar modal ketika melakukan analisis terhadap pergerakan saham di BEI.

Bagaimana Kriteria Saham LQ45?

Sebagai saham paling likuid, ada beberapa kriteria yang harus dimiliki emiten untuk diperhitungkan ke dalam indeks LQ45. Kriteria yang dimaksud antara lain:

  • Telah dicatat dalam BEI setidaknya 3 bulan
  • Masuk dalam 60 saham dalam pasar reguler, di mana 30 besarnya akan masuk sebagai emiten untuk indeks LQ45

Untuk berjumlah 45 saham, masih diperlukan 15 saham lagi. Pertimbangannya dilihat dari transaksi dalam pasar reguler, sehingga dipilih 15 besar saham tersebut berdasarkan kapitalisasi pasar.

Dari 30 besar saham dalam kriteria pertama, dan 15 saham dalam pertimbangan kapitalisasi pasar telah terpilih 45 saham.

Sebagai catatan, ada pertimbangan lain yang juga diperhatikan. Misalnya kondisi perusahaan mulai dari pertumbuhannya serta keuangannya yang tidak bermasalah.

Dengan mengetahui pengertian indeks saham LQ45, Anda mungkin bisa lebih cermat dalam memilih saham. Apalagi jika Anda adalah seorang pemula. Memulai karir sebagai investor dengan membeli saham dengan indeks LQ45 akan menjadi pilihan yang tepat.

Related Posts