Memahami Apa Itu Personal Branding Dan Manfaatnya

Saat ini banyak yang merasa bahwa personal branding merupakan hal penting yang perlu dimiliki. Sebenarnya apa itu personal branding? Personal branding tak hanya dibutuhkan oleh orang yang memiliki jabatan atau dikenal banyak orang. Siapapun Anda berhak memiliki personal branding sebagai nilai atau daya jual.

Memiliki personal branding yang baik akan membantu Anda dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dalam pekerjaan.

Definisi Personal Branding

Personal branding juga dikenal sebagai citra diri. Seperti apakah diri Anda ingin dikenal oleh orang sekitar, kolega, keluarga, dan lainnya. Anda bisa membentuk citra diri sesuai kepercayaan, keinginan, serta kemampuan.

Personal branding terbentuk dengan adanya skill dan perilaku. Dari kedua hal tersebut akan berkaitan pula tujuan pembentukan citra. Contoh lainnya adalah ketika Anda menjadi penyiar radio yang pasarnya anak muda. Personal branding yang benar adalah ceria dan akrab.

Anda bisa memperlihatkan suara yang ceria dan dan ramai saat siaran. Pemilihan personal branding tersebut akan memberikan nilai tambah kepada pendengarnya. Remaja yang aktif akan senang mendengarkan orang yang ceria, lucu, dan ramai.

Namun, jika Anda adalah penyiar radio dengan pendengar ibu rumah tangga atau ibu pekerja, personal branding yang dibangun akan berbeda. Anda akan menampilkan kesan lebih elegan dan keibuan saat melakukan siaran.

Personal branding sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Bahkan jika Anda adalah mahasiswa fresh graduate sekalipun tetap membutuhkan personal branding. Misalnya, ketika Anda menemui HRD atau User. Personal branding turut mempengaruhi kecocokan terhadap pekerjaan yang Anda lamar.

BACA JUGA :  Prinsip Hidup Orang Jepang Yang Wajib Ditiru Untuk Bisa Sukses

Contoh kasus lainnya, mungkin Anda tidak merasa aneh lagi dengan artis cilik yang mengubah penampilan atau gaya berpakaian agar terlihat berbeda. Ini merupakan salah satu contoh perubahan personal branding.

Ketika menjadi artis cilik biasanya dikenal sebagai anak kecil yang menggemaskan. Sayangnya, sisi tersebut terus dikenal orang sampai dewasa. Perubahan personal branding juga akan berpengaruh terhadap karirnya, seperti iklan atau film yang ditawarkan.

Manfaat Membangun Personal Branding

Tak semua personal branding adalah hasil dari sengaja dibentuk. Ada juga personal branding yang terbentuk secara natural. Dibentuk atau terbentuk, personal branding akan memberikan banyak manfaat untuk Anda. Apa saja manfaatnya?

Lebih Percaya Diri

Membangun personal branding sesuai keaslian diri dan kemampuan, akan membuat Anda lebih percaya diri. Anda sudah mengenal seperti apa Anda di mata orang lain. Selain itu, kemampuan Anda akan semakin bekembang.

Ketika Anda telah membangun personal branding dengan suatu keahlian, hal itu akan terus Anda kejar serta pelajari. Bisa jadi, Anda yang sebelumnya seorang amatir akan menjadi profesional dengan personal branding yang Anda bentuk.

Memiliki Nilai ‘Jual’ Lebih

Jangan beranggapan negatif dulu jika mendengar kata ‘jual diri.’ Pasalnya, sesuatu yang dijual adalah kemampuan yang ada pada diri Anda.  Hampir semua orang yang bekerja menawarkan kemampuannya untuk digantikan dengan upah.

Anda menjual kemampuan Anda dibantu oleh personal branding yang Anda bangun. Membangun personal branding yang tepat akan turut membantu Anda berkembang dan memiliki nilai ‘jual’ yang lebih baik. Apalagi jika terus menekuni keahlian Anda.

BACA JUGA :  Tips Sukses Memulai Bisnis Ekspor Impor

Seperti contoh sebelumnya, yaitu artis yang mengubah imej. Setelah tampil dengan personal branding baru, hal-hal yang dikerjakannya akan disesuaikan dengan imej barunya.

Memiliki Personal Audience

Membangun personal branding akan membuat Anda memiliki personal audience.  Secara umum, influencer adalah orang-orang yang memberikan pengaruh pada orang banyak. Tetapi, influencer terbagi menjadi beberapa bagian bahkan platform.

Jika Anda melihat instagram ada banyak kategori influencer, seperti kecantikan, fashion, memasak, gamers dan sebagainya. Setiap influencer memiliki personal audience masing-masing, sesuai dengan keahlian atau personal branding yang dibangun.

Begitupun dengan Anda saat membangun personal branding. Jika Anda penulis dan banyak tulisan Anda tentang cerita teenlit yang manis, maka personal audience adalah anak remaja.

Ternyata penting untuk memiliki personal branding. Selain untuk membangun diri, hal tersebut juga berguna untuk perkembangan karir. Sekarang Anda sudah tahu apa itu personal branding, kira-kira imej seperti apa yang ingin Anda bangun?

Related Posts