Mengenal Apa Itu Endorse Dan Cara Kerjanya

Endorse merupakan sebuah iklan atau bentuk promosi yang sering dimanfaatkan pebisnis untuk iklan pakaian, makanan, make up dan lainnya. Kata endorse sudah tidak lagi asing ditelinga kita semua. Tapi apa itu endorse sebenarnya?

Sebagai contoh untuk tahu pengertian endorse adalah coba Anda lihat selebgram atau artis yang sedang mempromosikan suatu barang atau produk milik orang lain melalui akun sosmed pribadi mereka. Masih bingung? Yuk simak dibawah ini tentang pengertian endorse dan cara kerjanya.

Pengertian Endorse

Kata endorse asal mulanya dari Bahasa Inggris yaitu “endorsement”, yang memiliki makna sebuah tindakan untuk memberikan sebuah support kepada sesuatu hal baik perseorangan, produk atau brand.

Biasanya para pelaku bisnis memilih artis untuk endorse dirinya atau produk miliknya dengan melihat artis yang sedang terkenal atau banyak penggemar. Apalagi yang sedang viral biasanya langsung jadi perburuan para pebisnis yang ingin brandnya dikenal.

Bentuk endorse sendiri bisa berupa hanya share photo atau review langsung dengan cara vlog. Manfaat endorse memang sangat terasa dan kini sering dijadikan pekerjaan bagi sebagian orang. Jadi tidak heran, jika sekarang banyak yang membuat konten aneh supaya viral dengan harapan bisa jadi endorser.

Cara Kerja Endorse

Cara mendapatkan endorse adalah dengan cara promosi, buat konten viral, memiliki jutaan follower dan jadi orang yang kreatif. Biasanya endorsement melihat artis atau selebgram untuk endorse dengan melihat dari segi itu semua. Lalu sebenarnya cara kerja endorse sendiri bagaimana ya? Simak ulasannya di bawah ini.

Endorse Bersifat Publik dan Positif

Sifat endorse sendiri adalah publik atau umum. Jadi yang bisa melihat tidak terbatas hanya follower saja. Pemilik akun yang membuka jasa endorse tidak boleh akunnya di atur private. Jika akunnya private postingan tidak akan terlihat orang lain.

Endorse juga memiliki sifat positif artinya apa yang disampaikan dalam konten harus positif. Kenapa demikian? Alasannya sangat jelas karena untuk membujuk orang lain menggunakan produk atau brand yang di endorse.

Biasanya sih sudah ada perjanjian terkait ketentuan apa saja yang akan disampaikan. Untuk teksnya sendiri biasanya sudah disiapkan oleh pebisnis yang mau endorse ke artis.

Paid Promote dan Paid Endorse

Kata paid promote sering disingkat menjadi PP yang memiliki arti sebuah promosi oleh endorser tentang tempat / jasa / produk ke akun media sosialnya berdasarkan materi yang telah diberikan oleh pengendorse.

Semua materi baik berupa foto dan caption sudah disiapkan endorsement. Si endorser tinggal mempostingnya saja. Untuk biayanya tidak begitu mahal karena effort iklan untuk model seperti ini tidak banyak.

Paid endorse ata yang sering disingkat dengan PE adalah iklan yang foto produk dan juga caption semuanya dibuat oleh endorser. Pihak endorsement hanya akan mengirimkan barang. Nah, si endorser nanti yang foto sendiri dan memposting akun sosial medianya.

Untuk durasi waktu posting beda-beda tapi pada umumnya adalah 2 jam sampai dengan 24 jam. Durasi waktu ini tergantung dari kesepakatan atau perjanjian kedua belah pihak.

Tidak Mengikat

Endorse tidak memiliki kewajiban untuk menggunakan produk secara terus menerus setelah memposting produk pihak endorsement. Endorser hanya berkewajiban memposting konten sesuai kesepakatan di awal saja.

Endorser juga berhak untuk memposting produk lainnya. Contoh sederhananya jika Anda hari ini sudah posting produk parfum milik si A, hari esoknya Anda bisa posting produk si B dan juga si C, begitu seterusnya.

Tanpa Kontrak

Untuk perjanjian endorse ini bisa dilakukan hanya melalui online saja tidak harus tatap muka. Dalam perjanjian juga tidak ada tanda tangan kontrak terkecuali pihak endorsement dari brand besar.

Produk yang akan dipromosikan endorser juga bisa dikirim melalui jasa ekspedisi atau kurir. Jadi endorser tidak perlu kerepotan mengambil sendiri. Intinya sistem kerja endorse ini sangat mudah jika dibandingkan iklan jaman dulu.

Tricky

Tricky ini sebaiknya diketahui oleh pihak endorsement. Tricky mencakup seberapa tepat Anda memilih endorser yang sesuai dengan produk Anda. Langkah yang dapat Anda lakukan bisa melihat target pasar, mengecek jumlah komentar dan like serta mengecek balasan komen dari si artis atau selebgram.

Jadi kesimpulan apa itu endorse? Endorse adalah promosi oleh artis atau selebgram tanpa terikat dan tanpa kontrak. Proses kerjasama dapat dilakukan melalui perjanjian kedua belah pihak tanpa harus tatap muka. Pihak endorsement perlu pilih endorser yang ber attitude baik dan followernya sesuai target pasar.

Related Posts