Mengenal Apa Itu Saham Blue Chip

Saat ini anak muda mulai tertarik untuk berinvestasi karena dapat menguntungkan dalam jangka panjang. Tentunya ada banyak sekali pilihan jenis saham yang ditawarkan dan bisa dipilih. Salah satu diantaranya adalah saham blue chip yang terkenal sebagai investasi paling menguntungkan.

Jangan dulu tergiur dengan kata menguntungkan jika belum memahaminya dengan baik. Kami akan memberikan penjelasan lebih lengkap mengenai saham ini agar kamu dapat memilih investasi yang baik.

Apa Itu Saham Blue Chip?

Tahukan kamu permainan poker? Dalam permainan ini terdapat kepingan chip berwarna merah, putih, dan biru. Chip berwarna biru adalah chip dengan nilai paling tinggi. Inilah yang menjadi asal usul penamaan saham dengan sebutan blue chip oleh Oliver Gingold pada tahun 1924.

Lalu apa itu blue chip? Ini merupakan saham yang paling stabil di berbagai situasi. Tentu saja menjadi pilihan terbaik karena tidak perlu takut mengalami kerugian saat memiliki banyak saham. Maka dari itu saham kapitalis ini paling menjanjikan dibandingkan dengan jenis saham lainnya. Untuk para pemula bisa memilih jenis saham tersebut untuk mengurangi resiko.

Ciri-ciri Saham Blue Chip

Sebelum memutuskan untuk investasi, kamu harus mengetahui apa saja ciri dari saham blue chip 2020. Terdapat beberapa indikator yang membuat sebuah saham disebut blue chip diantaranya sebagai berikut.

Banyak Diperdagangkan

Dalam dunia investasi, saham yang banyak diperdagangkan disebut dengan likuid. Artinya, banyak sekali investor yang memperjualbelikan saham ini. Oleh karena itu, saham yang masuk ke dalam kategori blue chip ini masuk ke bursa aktif.

Pada bursa saham terdapat istilah LQ45 yaitu indeks yang berisi saham likuid. Namun tidak semua blue chip adalah LQ45. Perbedaan saham blue chip dan LQ45 adalah asal perusahaannya.

Tidak semua yang masuk ke dalam indeks LQ45 berasal dari perusahaan dengan laba tinggi. Bisa jadi saham tersebut hanya sedang ramai diperdagangkan saja tapi berasal dari perusahaan dengan profit rata-rata.

Bernilai Kapitalis Tinggi

Saham dapat dikategorikan sebagai blue chip jika berasal dari perusahaan besar bernilai kapitalis tinggi. Maksudnya adalah ketika satu perusahaan dijual secara utuh maka akan bernilai tinggi. Tidak hanya itu, laba yang dihasilkan pun lebih stabil meski dalam keadaan yang tidak menguntungkan.

Selain itu nilai kapitalis ini bisa dilihat dari jumlah lembar saham yang dijual di pasar saham. Apabila keuntungan dari sebuah perusahaan sudah mencapai 10 triliun maka bisa dikategorikan sebagai perusahaan bernilai kapitalis tinggi.

Perusahaan seperti inilah yang dapat menjadi pilihan saat melakukan investasi. Sebab, sangat minim resiko kerugian sehingga tidak perlu khawatir saat terjadi penurunan harga saham. Dalam waktu singkat saham akan kembali normal.

Berasal dari Perusahaan Market Leader

Blue chip juga berasal dari perusahaan yang menjadi market leader untuk perusahaan lainnya yang sejenis. Bisa juga dari perusahaan yang memonopoli pasar sehingga menjadi perusahaan besar.

Misalnya saham dari PT Telkom yang layanan perusahaannya digunakan oleh banyak orang. Maka disaat keadaan yang tidak menguntungkan pun laba tetap masuk dan stabil.

Berada di Bursa Saham dalam Waktu Lama

Ciri lainnya yang harus kamu perhatikan adalah lamanya saham tersebut berada di bursa saham. Sebenarnya meskipun sudah lama berada di bursa saham bukan berarti dapat menjadi blue chip. Tentu pendapatannya harus terus meningkat secara signifikan dan memenuhi kriteria lainnya agar dapat dikatakan blue chip.

Cara Membeli Saham Blue Chip

Cara beli saham blue chip sama saja seperti membeli saham pada umumnya. Jadi, jika kamu berminat melakukan investasi pada jenis saham ini bisa langsung membuka rekening saham di broker saham terpercaya.

Sebelumnya pastikan bahwa broker yang dipilih merupakan anggota dari bursa BEI. Jangan sampai tergiur keuntungan tinggi tanpa memperhitungkan kualitas dari broker. Selanjutnya kamu bisa membuka Rekening Dana Nasabah atau RDN di bank. Untuk memulai jual beli saham, kamu harus menyetorkan dana ke RDN.

Saham blue chip memang sangat menguntungkan karena berasal dari perusahaan yang stabil. Namun sebelum mulai investasi sebaiknya kenali dengan lebih baik tentang saham tersebut. Hal ini untuk mengurangi kerugian akibat kesalahan minor yang fatal saat berinvestasi.

Related Posts