Mengenal Jenis Investasi Dan Tujuannya

Mengenal Jenis Investasi Dan Tujuannya

Pada dasarnya investasi adalah kegiatan menanamkan modal pada suatu usaha dan mendapatkan pembagian keuntungan dari hasil usaha tersebut. Kegiatan investasi semakin menarik minat banyak orang. Meski begitu Anda perlu memahami berbagai jenis investasi dan tujuannya sebelum menginvestasikan uang Anda.

Beragam Jenis Investasi Beserta Tujuannya

Mempelajari apa saja jenis investasi yang tersedia tidaklah begitu sulit. Berikut adalah penjelasannya untuk memudahkan Anda dalam memilih.

Investasi Reksa Dana

Reksa Dana merupakan jenis investasi yang mengumpulkan dana dari para investor untuk diolah oleh Manajer Investasi ke dalam beberapa instrumen investasi. Contoh investasi bisa berupa saham, obligasi, maupun deposito. Biasanya instrumen investasi ini akan disesuaikan dengan tujuan dan jumlah uang yang diinvestasikan.

Manajer Investasi ini telah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) sehingga sangat aman bagi Anda yang baru belajar cara berinvestasi. Investasi ini bisa dimulai dengan jumlah uang Rp 100.000 saja.

Investasi Saham

Investasi saham menjadi jenis investasi yang paling populer di Indonesia. Investasi ini berupa pembelian saham pada suatu perusahaan sehingga keuntungan yang didapatkan akan dibagikan kepada para pemegang saham.

Jenis investasi ini sangat disukai karena memiliki hasil yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Meski begitu risikonya pun juga sama tingginya akibat harga saham yang bisa naik dan turun secara drastis dalam jangka waktu cepat.

Investor pemula mungkin akan terkejut saat pertama kali mendapati jumlah uang yang diinvestasikan justru menjadi minus. Ada baiknya Anda menggunakan jasa Manajer Investasi bila masih awam dengan jenis investasi saham.

Keuntungan dari investasi ini baru terlihat untuk jangka waktu yang cukup lama. Untuk itu tujuan investasi bisa dimanfaatkan sebagai persiapan pernikahan, simpanan untuk pendidikan anak, atau tabungan untuk hari tua nanti.

Investasi Emas

Investasi klasik yang satu ini sudah dikenal sejak lama di kalangan masyarakat Asia. Orang-orang akan membeli banyak emas ketika harganya sedang turun untuk dijual kembali ketika harganya sedang naik.

Keuntungan yang didapatkan dari berinvestasi emas sebetulnya cukup tinggi. Hanya saja jenis investasi semacam ini memiliki kekurangan dari segi keamanan.

Anda harus memastikan tempat penyimpanan emas cukup aman agar terhindar dari pencurian. Pilihan lainnya supaya tidak terlalu khawatir, Anda bisa memanfaatkan bank yang menyediakan tabungan khusus untuk penyimpanan emas.

Deposito Berjangka

Deposito berjangka merupakan bentuk investasi yang ditawarkan oleh bank dengan bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Sebagai langkah awal Anda bisa menyetorkan sejumlah uang dan menentukan sendiri jangka waktu kapan uang tersebut dapat dicairkan.

Selanjutnya yang perlu Anda lakukan hanya menunggu sampai tanggal pencairan tiba dan Anda bisa mencairkan uang tersebut beserta dengan jumlah bunganya. Investasi ini terbilang aman dengan risiko yang cukup rendah. Banyak pemula yang memulai investasi dengan cara mendepositkan uang.

Perlu Anda ingat bahwa tujuan investasi ini adalah untuk memenuhi keperluan jangka panjang sehingga Anda tidak bisa mencairkan uang tersebut sebelum tanggal yang telah disepakati. Bila Anda sangat ingin mencairkannya, Anda diharuskan untuk membayar sejumlah penalti.

Investasi Properti

Bila Anda sedang memiliki uang dalam jumlah banyak, tidak salahnya untuk menginvestasikan uang tersebut dalam bentuk pembelian properti. Anda bisa meraih keuntungan dengan menjual kembali properti saat harganya naik atau menyewakannya sebagai pemasukkan tambahan.

Keuntungan yang didapat dari investasi ini cukup tinggi, tetapi Anda harus siap dengan peluang kerugian yang sama tingginya. Anda harus siap mengeluarkan uang yang banyak untuk perawatan bangunan. Belum lagi kerusakan yang mungkin terjadi setelah disewakan.

Semua butuh diperhitungkan dengan matang sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi properti. Oleh karena itu tujuan dari investasi jenis ini pun jauh lebih panjang daripada jenis investasi lainnya.

Peer-to-Peer Lending

KoinWorks adalah salah satu bentuk investasi peer-to-peer lending, yaitu berupa platform online dengan investor yang bertindak sebagai pendana untuk meminjamkan uang kepada para pengusaha UKM. Investor bisa memilih tingkat risiko sendiri mulai dari rendah, menengah, hingga tinggi. Tentu setiap risiko memiliki pendapatan bunga yang berbeda pula.

Sama seperti Reksa Dana, KoinWorks juga telah diawasi langsung oleh OJK sehingga terjamin keamanannya. Anda juga bisa mulai mendanai dengan uang sejumlah Rp 100.000.

Itulah beberapa jenis investasi dan tujuannya yang perlu Anda pahami sebelum memulai investasi. Sesuaikan pilihan jenis investasi dengan tujuan dan budget yang Anda miliki supaya hasil yang didapatkan pun memuaskan.

Related Posts