Mengenal Nota NCR Dan Pentingnya Bagi Perusahaan

Mengenal Nota NCR Dan Pentingnya Bagi Perusahaan

Nota NCR adalah salah satu perlengkapan usaha yang mempunyai fungsi sebagai alat administrasi didalamnya. Nota juga digunakan sebagai bukti adanya pembelian dan pembayaran suatu produk atau barang.

Karena pentingnya suatu nota, maka itu di dalam usaha apapun, nota tersebut sangat dibutuhkan. Nota NCR dapat dibeli secara bebas, biasanya toko yang menjual peralatan tulis menyediakan nota macam ini.

Fungsi dan Manfaat Nota NCR Bagi Perusahaan

Nota NCR bukan hanya sebagai tanda bukti pembelian dan pembayaran serta peralatan administrasi perusahaan, namun lebih dari itu. Berikut beberapa fungsi dan manfaat nota NCR bagi suatu perusahaan;

Sebagai Catatan Internal

Bagi Anda pemilik perusahaan yang menjual serta membeli produk atau barang-barang, pastilah membutuhkan catatan yang terperinci dan akurat. Salah satunya adalah dengan mencatatnya pada nota.

Biasanya nota NCR dipegang pembeli 1 lembar dan 1 lagi dipegang penjual. Hal ini agar data yang tersimpan sinkron. Terutama bila ada beberapa barang di dalam gudang yang jumlahnya kurang, dapat mengeceknya dari perhitungan nota NCR atau yang tersimpan pada sistem.

Sebagai Catatan Transaksi Eksternal

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa pemilik perusahaan harus mempunyai catatan internal sendiri. Hal itu untuk mencegah adanya kesalahan dalam pendataan penjualan barang. Baik itu pendataan masuk dan keluar sebuah dana perusahaan.

Bahkan sebuah nota bermanfaat juga untuk mengetahui banyaknya jumlah stok barang. Sebagai pemilik suatu usaha pastinya Anda tak mau adanya kecurangan atau mungkin kehilangan pada barang yang dijual.

Menunjukan Rincian Jumlah Harga

Sebuah nota NCR juga bisa menunjukkan suatu harga barang dari transaksi yang telah dilakukan, sehingga kegiatan jual beli dilakukan dengan lebih terbuka.

Jadi bila diketahui adanya kesalahan hitung karena disengaja maupun tidak disengaja dalam proses transaksi, nota NCR bisa jadi barang bukti.

Melengkapi Laporan Keuangan Perusahaan

Nota NCR bisa menjadi alat yang bisa melengkapi data laporan keuangan perusahaan. Karena data laporan keuangan juga akan mempengaruhi semua pendataan dalam suatu perusahaan.

Selain itu juga akan memudahkan perhitungan segala sesuatu. Sehingga Anda pun sebagai pemilik perusahaan tidak perlu repot dalam membuat data pembukuan terkait dengan usaha Anda.

Menambah Kepercayaan Konsumen Terhadap Perusahaan

Manfaat Nota NCR bagi perusahaan juga untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap suatu perusahaan. Dengan begitu usaha yang dikelola akan lebih mempunyai banyak pelanggan.

Coba bayangkan membeli sesuatu tanpa adanya bukti pembayaran? Tentu konsumen akan bertanya-tanya.

Informasi yang Tertera Dalam Nota NCR

Sebagai alat bukti dalam proses jual beli suatu nota NCR harus mencantumkan berbagai informasi yang dapat dipertanggung jawabkan. Biasanya isi nota NCR, yaitu;

Waktu

Saat nota ditulis dan dibuat, hari dan tanggal saat terjadi transaksi jual beli tersebut harus dicantumkan dalam nota. Hal ini tujuannya agar penjual ataupun pembeli mengetahui kapan transaksi tersebut berlangsung. Adanya risiko kecurangan juga dapat dicegah dengan informasi ini.

Nama Toko atau Perusahaan

Selain mencantumkan tanggal dan hari, nota NCR juga harus berisi nama toko atau perusahaan. Sebaiknya jangan hanya mencantumkan nama toko atau perusahaan saja, tapi juga logo atau lambangnya juga. Tujuannya untuk membuktikan keotentikan nota tersebut.

Dengan adanya logo atau lambang, nota NCR tidak akan bisa ditiru atau di duplikat oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Jenis Produk yang Dibeli

Nota NCR harus mencantumkan barang atau produk ataupun jasa yang dibeli konsumen. Cantumkan juga harga dan banyaknya jumlah barang yang dibeli, serta total nominal jumlah uang yang dibayarkan konsumen.

Tanda tangan dan Stempel Perusahaan

Selain informasi-informasi diatas, sebuah nota NCR juga harus diberi stempel perusahaan atau toko dan juga tanda tangan. Hal ini bertujuan untuk membuktikan bahwa nota NCR yang dibuat adalah asli.

Tanpa mencantumkan informasi-informasi tersebut, bukan tak mungkin sebuah nota NCR menjadi tidak sah serta bisa juga merugikan pihak lain. Itulah informasi mengenai nota NCR dan pentingnya bagi perusahaan.

Jadi bukan hanya sebagai bukti tertulis pembelian dan pembayaran, nota NCR juga sangat penting. Tentunya karena memiliki banyak manfaat bagi sebuah perusahaan. Di Pranata Printing Anda dapat mencetak Nota NCR custom khusus untuk usaha Anda. Kontak CS Pranata Printing sekarang juga.

Related Posts