Pengertian Dan Cara Investasi Properti

Investasi properti merupakan salah satu jenis investasi yang paling banyak digemari. Hanya saja masih banyak pemula yang baru mau bergabung, tidak mengerti bagaimana cara investasi properti yang baik dan bisa memberikan keuntungan.

Padahal hal tersebut penting untuk diketahui, karena berhubungan dengan hasil yang diberikan dan juga modal yang di investasi-kan. Oleh karena itu pastikan untuk menyimak pembahasan ini sampai habis, untuk bisa mendapatkan jawabannya.

Pengertian Investasi Properti

Merupakan jenis investasi yang berhubungan dengan pembelian, penyewaan, kepemilikan, pengelolaan, dan penjualan dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan atau properti. Keuntungan ini sering disebut dengan Return Of Investment (ROI).

Investasi properti itu sangat beragam, ada yang berupa kepemilikan pribadi ada juga yang merupakan gabungan. Selain itu investasi ini juga bisa dilakukan oleh perorangan maupun kelompok dengan pembagian keuntungan yang nantinya dibagi sesuai aturan.

Cara Investasi Properti

Setelah mengetahui tentang apa itu investasi properti, maka sekarang saatnya untuk mengetahui cara investasi properti yang umum dilakukan. Cara ini tentunya bisa memberikan ROI yang lumayan sehingga bisa menjadikannya sebagai investasi jangka panjang.

Investasi Properti Online

Karena semakin berkembangnya zaman membuat investasi properti ini semakin berkembang, dan salah satunya adalah munculnya investasi properti online. Untuk investasi ini bisa dilakukan secara perorangan maupun gabungan.

Ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk melakukan investasi properti online ini seperti membeli saham dari apartemen, ataupun melakukan P2P untuk properti. Keunggulan dari investasi online ini termasuk dalam investasi properti murah.

BACA JUGA :  Pengertian Virtual Office Dan Manfaatnya

Karena sekarang dimulai dari Rp 100ribu saja orang-orang sudah bisa melakukan investasi baik itu dalam bentuk saham, reksadana, dan sebagainya. Selain itu keamanan dari investasi yang satu ini juga terjamin dengan baik.

Investasi Properti Sewa

Kalau ini bisa dilakukan apabila properti tersebut merupakan kepemilikan pribadi dalam bentuk rumah atau ruko misalnya. Karena kalau hanya memiliki saja tanpa disewakan tidak akan memberikan keuntungan yang pasti.

Investasi ini cocok bagi yang ingin mendapatkan pemasukan dalam jangka pendek. Apalagi penyewaan properti ini tidak membutuhkan modal lain selain properti itu sendiri, dan jangka waktu sewanya bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik.

Bisnis Flip Properti

Cara investasi untuk properti yang satu ini memang tidak se-populer investasi yang lainnya, namun justru investasi ini sangat menguntungkan. Hal ini dikarenakan masih sedikitnya pesaing yang bermain di bidang ini.

Untuk langkah yang digunakan dalam bisnis ini juga terbilang cukup mudah. Investor hanya tinggal mencari properti yang dijual, kemudian membelinya dan diperbaiki sedikit untuk kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi yang bertujuan untuk menghasilkan laba.

Jenis Investasi Properti

Setelah mengetahui bagaimana cara investasi properti, sekarang saatnya untuk mengetahui jenis investasi properti. Tujuannya agar investor bisa mengetahui investasi apa saja yang tersedia, dan bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Jual Beli Rumah

Pertama adalah jual beli rumah yang bisa dilakukan bahkan ketika investor tidak memiliki properti-nya pribadi. Caranya mudah, cukup menjadi perantara yang melakukan penjualan ataupun ikut membeli saham properti dengan harga yang lebih terjangkau.

BACA JUGA :  Pengertian Franchise Dan Contohnya

Rumah Kontrakan

Punya banyak properti rumah, namun bingung mau diapakan. Bisnis kontrakan merupakan solusi yang tepat karena bisa memberikan keuntungan yang lumayan cepat untuk jangka pendek. Selain itu bisnis ini juga bisa menjadi pendapatan tetap.

Ruko

Kebutuhan akan toko untuk usaha sekarang semakin tinggi jadi tidak ada salahnya untuk mulai berpikiran membuat ruko sebagai investasi. Sebab semakin kesini keuntungan yang dihasilkan dari investasi ini semakin tinggi.

Rumah Kos

Selain rumah kontrakan, rumah kos juga bisa dijadikan sebagai investasi untuk memberikan penghasilan tetap setiap bulannya. Apalagi setiap tahunnya kebutuhan akan rumah kos ini semakin meningkat, sehingga keuntungannya semakin tinggi.

Tanah

Terakhir adalah tanah yang bisa memberikan keuntungan besar, namun investasi ini lebih cocok digunakan untuk jangka panjang. Karena itu bagi yang ingin mendapatkan keuntungan jangka pendek, lebih baik hindari investasi ini.

Kelebihan Investasi Properti

Terakhir masuk ke pembahasan keunggulan atau keuntungan investasi properti yang tentunya tidak sedikit. Berikut ini adalah keunggulan investasi ini dibanding investasi lainnya.
Harga properti yang selalu meningkat

  • Bisa dijadikan sebagai jaminan pinjaman
  • Lebih stabil jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya
  • Investasi untuk jangka panjang
  • Bisa menjadi sumber pendapatan pasif
  • Bisnis ini tahan terhadap ancaman inflasi
  • Hasil yang diberikan cenderung selalu positif

Ternyata banyak sekali keuntungan yang diberikan oleh bisnis properti, jadi diharapkan investor jangan ragu lagi untuk memulai investasi ini. Apalagi cara investasi properti juga termasuk mudah, dan tidak menyita banyak waktu.

Related Posts