Pengertian Dan Fungsi Iklan Layanan Masyarakat

Pengertian Dan Fungsi Iklan Layanan Masyarakat Pranata Printing

Apa sih fungsi iklan layanan masyarakat? Ya, saat ini informasi mengenai berbagai hal bisa sangat mudah didapatkan. Bentuk penyampaian informasi ini beragam mulai dari iklan, poster, berita secara langsung maupun tidak dan banyak lagi lainnya.

Menyebutkan mengenai iklan, ia mempunyai bentuk yang beragam sesuai dengan tujuannya baik menyampaikan informasi jasa, produk, maupun sebuah himbauan pada masyarakat. Salah satu jenis iklan, yaitu iklan layanan di mana ia dikelola langsung oleh pihak pemerintah dan tidak terdapat biaya untuk pemasangannya.

Pengertian Iklan Layanan Masyarakat

Membahas mengenai pengertian iklan layanan masyarakat, banyak tokoh yang mengemukakan gagasannya mengenai iklan layanan masyarakat itu sendiri. Jadi tidak heran jika banyak orang menyebutkannya berbeda-beda. Berikut ini pengertian iklan layanan masyarakat berdasarkan gagasan para tokoh:

  1. Liliweri mengartikan iklan layanan masyarakat sebagai salah satu bentuk iklan yang bersifat non-komersial, sehingga iklan ini tidak akan mencari keuntungan dari pemasangannya karena biaya yang harus dikeluarkan bersifat gratis kepada masyarakat umum.
  2. Susamto mengatakan bahwa iklan layanan masyarakat merupakan sebuah alat penyedia informasi yang berhubungan dengan layanan masyarakat secara global. Sama dengan penjelasan dari Liliweri bahwa iklan jenis ini tidak akan mengambil keuntungan dari ruang dan waktu pemasangannya.
  3. Kasali menjelaskan iklan layanan masyarakat dengan sebuah permintaan untuk menyampaikan informasi yang berasal dari pemerintahan yang bekerja sama dengan swadaya masyarakat untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh masyarakat pada umumnya.

Dari penjelasan berbagai tokoh tersebut dapat disimpulkan bahwa iklan layanan masyarakat merupakan salah satu jenis iklan yang dikeluarkan oleh pihak pemerintahan untuk menyampaikan sebuah informasi yang bisa membantu mengatasi masalah masyarakat pada umumnya dengan tidak ada komersial sedikitpun yang harus dikeluarkan oleh masyarakat.

BACA JUGA :  Cara Presentasi Yang Baik dan Efektif

Pengertian Dan Fungsi Iklan Layanan Masyarakat PranataPrinting

Fungsi Iklan Layanan Masyarakat

Karena iklan layanan masyarakat ditujukan untuk masyarakat umum, maka ia mempunyai fungsi yang beragam. Berikut macam-macam fungsi iklan layanan masyarakat itu sendiri:

  1. Informasi

Sebagai fungsi utama dicetuskannya iklan layanan masyarakat yaitu sebagai media untuk menyampaikan berbagai informasi yang memungkinkan hal tersebut bisa mengatasi masalah yang ada dalam masyarakat selama ini. Dengan iklan layanan ini pihak pemerintah juga bisa menjadikan iklan ini sebagai media menyampaikan program dan aktivitas yang dilakukan pemerintah dalam bentuk sosial maupun lainnya. Dengan begitu program dan aktivitas pemerintah bersifat tidak transparan. Namun iklan ini tidak bisa digunakan sebagai media berkampanye.

  1. Pengingat

Sudah disebutkan di atas bahwa jenis iklan ini digunakan untuk menyampaikan program yang sedang dilakukan oleh pemerintah. Maka selain itu dengan media iklan ini bisa mengingatkan pada masyarakat luas mengenai program yang sedang dijalankan oleh pemerintah. Sehingga dengan iklan ini bisa menghubungkan antara pemerintah dengan masyarakat mengenai berbagai program yang telah dikeluarkan oleh pemerintah sendiri.

  1. Pembujuk

Selain bersifat mengingatkan, iklan jenis ini juga bisa berfungsi sebagai perantara untuk membujuk masyarakat luas agar lebih aktif lagi terhadap berbagai program yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Contoh program pemerintah yang termasuk iklan layanan masyarakat adalah BPJS, KB, KTP elektronik, pajak dan program lainnya.

  1. Adding Value

Selain fungsi di atas, iklan layanan masyarakat juga berfungsi sebagai media untuk memberikan nilai tambah pada suatu acara atau program yang dilaksanakan sesuai dengan persepsi dan gagasan masyarakat. Sehingga dengan adanya ini maka pihak pemerintah bisa melakukan penilaian terhadap respon yang diberikan oleh masyarakat.

Iklan Layanan Masyarakat di Indonesia

Setelah mengetahui macam fungsi iklan layanan masyarakat seperti di atas, coba kita bandingkan dengan di Indonesia. Sudahkah bangsa tercinta kita ini menerapkan iklan layanan masyarakat?

BACA JUGA :  Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Dengan Modal Kecil

Kita tahu pada zaman dulu jarang terlihat iklan layanan masyarakat. Hal itu disebabkan karena teknologi kurang bisa berkembang pesat seperti saat ini. Setelah masyarakat menyadari pentingnya teknologi baru ia berkembang secara pesat.

Hal ini juga mendukung iklan layanan masyarakat yang sering muncul menawarkan berbagai fungsi seperti telah di sebutkan di atas. Iklan layanan masyarakat saat ini lebih diperhatikan dan bisa menghubungkan komunikasi antara pihak pemerintahan dan swadaya masyarakat dalam bidang sosial dengan masyarakat luas. Sekian pembahasan singkat mengenai pengertian dan fungsi iklan layanan masyarakat.

Source Images: http://bit.ly/2LePXGuhttp://bit.ly/2X4fDgl

Related Posts