Pengertian dan Manfaat Infografis

Pengertian dan Manfaat Infografis

Berikut pembahasan mengenai pengertian dan manfaat infografis yang perlu diketahui. Saat ini perkembangan desain visual sudah semakin baik, apalagi dengan munculnya software pendukung pada komputer yang mampu mewujudkan setiap imajinasi dalam membuat beragam visual dengan berbagai jenis bentuk seperti infografis.

Pengertian Infografis

Infografis atau Infographics adalah gabungan dari kata Information + Graphics yang berarti gambaran grafik visual dari beberapa data informasi (Teks) yang kemudian dibuat kembali menjadi gambar (Visual) dengan gabungan berbagai bentuk elemen. Apa itu infografis sebenarnya? Infografis adalah penyampaian informasi (Komunikasi) secara visual yang sebenarnya sudah dikenal sejak lama.

Pada zaman dahulu kala infografis dapat ditemukan di goa dengan bentuk coretan yang memiliki bentuk beragam, namun memiliki arti yang tersembunyi. Seiring perkembangan zaman, sekarang infografis ternyata memiliki peranan penting dalam menyampaikan suatu informasi dengan lebih mudah dan cepat. Bila biasanya kita menyampaikan suatu penjelasan menggunakan teks saja, maka sekarang ada baiknya beralih dengan menggunakan infografis.

Contoh Pengertian dan Manfaat Infografis

Manfaat Infografis

Infografis sangat membantu dalam menjelaskan suatu pembahasan karena penyampaian informasi secara visual mampu membuat kita lebih cepat paham dibandingkan penjelasan dengan teks saja. Umumnya infografis dapat kita gunakan pada PPT Presentasi untuk meeting, brosur, poster laporan kerja, artikel, pembahasan ilmiah dan lainnya. Berikut berbagai manfaat dari infografis secara lebih detail.

Informasi Rumit Menjadi Enak Dipandang

Dengan menggunakan berbagai elemen seperti Chart, SmartArt, Shapes, Background, Font, Clip Art, Flat Color, Icon dan lainnya membuat informasi rumit menjadi lebih enak dipandang. Hal ini yang membuat penggunaan infografis menjadi penting dan bermanfaat. Sebenarnya ada banyak sekali elemen pada infografis yang dapat digunakan sesuai dengan tema pembahasan. Bila bingung akan membuat infografis dengan bentuk seperti apa, maka Anda dapat mencari berbagai bentuk infografis yang telah dibuat di berbagai situs terkenal seperti Pinterest.

Pembaca Langsung Mengetahui Inti Pembahasan Infografis

Dengan menggunakan infografis, maka setiap pembaca langsung akan mengetahui inti data yang disampaikan dengan cepat. Karena pada gambar infografis umumnya memiliki struktur yang dimulai dari judul pembahasan dan berlanjut pada pembukaan dan isi, kemudian ditutup dengan kesimpulan dan referensi data yang digunakan.

Meningkatkan Efektivitas Pemasaran Secara Digital

Setiap infografis yang digunakan umumnya akan meningkatkan efektivitas pemasaran secara digital. Dimana umumnya isi dari infografis memberikan pembahasan yang mampu memberikan pemahaman lebih akan suatu produk, jasa, brand dan informasi lainnya yang mendukung terjadinya peningkatan positif / negatif pada tujuan yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan atau perorangan. Umumnya teknik ini dilakukan untuk meningkatkan daya jual suatu produk.

Mampu Meningkatkan Minat Pembaca

Dengan tampilan visual yang menarik, maka akan mampu juga meningkatkan minat pembaca. Hal ini biasanya terjadi pada sebuah blog yang melakukan pembahasan ringan sampai pembahasan ilmiah mengenai suatu persoalan yang perlu diketahui banyak orang. Umumnya infografis akan diletakan setelah beberapa paragraf yang sesuai dengan pembahasan infografis tersebut. Semakin berbobot pembahasan, maka sebaiknya dibuat menjadi lebih ringan, yaitu dengan mengubahnya menjadi infografis.

Infografis Lebih Terpercaya dan Profesional

Data dalam bentuk infografis umumnya menjadi daya tarik tersendiri, karena data yang dibuat menjadi lebih terpercaya dan profesional. Hal ini juga harus didukung oleh data yang valid dalam infografis tersebut. Sebaiknya meletakan referensi data yang digunakan pada infografis tersebut jika diperlukan.

Infografis Lebih Mudah Untuk Di Ingat

Infografis akan lebih mudah di ingat dibandingkan pembahasan yang hanya menggunakan teks saja. Hal ini telah terjadi dari zaman dahulu sampai sekarang. Berbagai penelitian juga menyampaikan bahwa manusia lebih mudah mengingat gambar dibandingan teks.

Mampu Berkembang Menjadi Data Yang Viral

Bila infografis dibuat dalam bentuk gambar / artikel / video menarik dan dibagikan ke berbagai media sosial, maka memungkinkan menjadi data yang viral. Apalagi membahas informasi yang sedang Trending Topics atau informasi umum terbaru yang belum banyak diketahui masyarakat luas.

Dari beberapa manfaat diatas dapat disimpulkan bahwa infografis penting digunakan untuk berbagai kebutuhan. Infografis pun dapat digunakan untuk membahas aneka informasi dalam bentuk gambar atau video. Sekian pembahasan mengenai pengertian dan manfaat infografis dari Pranata Printing.

Image Source: Link 1Link 2

Related Posts