Pengertian dan Manfaat Payroll Bagi Perusahaan

Di zaman modern seperti sekarang menggaji karyawan menjadi jauh lebih mudah dengan menggunakan Payroll. Lantas apa pengertian Payroll? Dan apa manfaatnya untuk sebuah perusahaan?

Pembahasan seputar pengertian dan manfaat Payroll akan dilanjutkan di bawah ini. Jadi pastikan Anda menyimaknya dengan seksama.

Pengertian Payroll Secara Singkat

Secara harfiah, Payroll artinya dalam bahasa Indonesia adalah daftar gaji. Hal ini tentu tidak salah, namun juga belum sepenuhnya benar. Makna Payroll sendiri lebih ke sistem yang mencakup soal administrasi pembayaran hak karyawan (gaji) yang dijalankan oleh HRD.

Dimana tujuannya adalah untuk mengelola aset SDM atau karyawan perusahaan. Didalam sistem yang dijalankan oleh software ini telah mencakup beberapa komponen seperti gaji tetap, gaji lembur, tunjangan dan lain sebagainya.

Semua dibuat dalam konsep yang lebih ringkas dan tentunya jauh lebih mudah. Dengan adanya sistem ini, maka setiap perusahaan tak lagi harus menghitung atau mengelola gaji karyawan satu persatu secara manual.

Manfaat Payroll Bagi Perusahaan

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat penggunaan payroll bagi perusahaan. Simak baik-baik ya.

  • Laporan mengenai gaji karyawan yang jauh lebih rinci

Selain jauh lebih praktis fungsi Payroll juga dapat membuat data gaji karyawan ditampilkan jauh lebih rinci. Seperti misalnya gaji pokok, lemburan, uang makan, uang transport, BPJS, gaji bonus atau intensif.

Melalui system ini pula pekerja dapat melihat secara detail seputar gaji bersih dan potongan jika memang ada. Sehingga semua berjalan secara transparan dan jauh lebih jelas. Selain itu Payroll juga memungkinkan karyawan menerima slip gaji tepat waktu tanpa telat karena diatur serentak oleh sistem.

  • Payroll jauh lebih menghemat waktu

Manfaat Payroll untuk perusahaan yang kedua adalah sistemnya jauh lebih menghemat waktu. Ini dikarenakan semua yang ada didalamnya dikerjakan dengan otomatis dan cepat. Dengan demikian kerja bagian HR dalam mengatur gaji karyawan juga dapat jauh lebih cepat.

Pun soal rincian gaji yang disusun juga jauh lebih tepat dan bisa dijamin tanpa menimbulkan kekeliruan. Dengan sistem yang ditawarkan Payroll pendapatan setiap karyawan di perusahaan mereka bekerja dihitung dengan cepat dan akurat.

Hal ini tentu bertolak belakang dengan perusahaan yang masih menerapkan sistem manual yang tidak efektif. Dimana gaji karyawan dihitung satu per satu kemudian baru dijumlah yang kemungkinan salah perhitungannya tergolong besar dan tidak efisien.

  • Keamanan data yang terlindungi

Ketiga, software ini dilengkapi dengan kinerja yang jauh lebih matang dan terarah. Sehingga data administrasi perusahaan dapat disimpan dengan baik. Dengan adanya Payroll perusahaan tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga memasukkan data karyawan dan gajinya secara manual.

Anda bisa bayangkan jika ditulis dan disimpan secara manual, selain tidak efektif, data juga akan rentan hilang. Walaupun penggunaan Payroll tidak menjamin data yang disimpan akan 100% aman, tetap saja tingkat keamanannya jauh di atas sistem yang manual.

Apabila nantinya beberapa data dari perusahaan tersebut tidak lagi dibutuhkan, maka sistem dapat menghapus data tersebut sesuai instruksi.

  • Dapat memangkas jumlah karyawan bagian HR

Perhitungan gaji menjadi salah satu tugas bagian HR yang sangat penting karena harus benar-benar teliti agar jumlahnya akurat. Mengkalkulasi pendapatan setiap karyawan dengan manual pasti akan memakan waktu dan jumlah karyawan HR yang lebih banyak.

Maka dari itu bantuan sistem Payroll akan sangat berguna bagi perusahaan karena bisa mengurangi jumlah HR. Sebagai contoh jika dengan perhitungan gaji manual membutuhkan 4 HRD, dengan Payroll, perusahaan bisa mempekerjakan 2 staff HR saja.

Tentu hal ini berpotensi menguntungkan perusahaan dengan meminimalisir honorarium karyawan yang seharusnya dikeluarkan.

  • Pembuatan Formulir Pajak

Memenuhi pajak merupakan salah satu tugas warga negara yang harus ditaati, tidak terkecuali bagi perusahaan dan karyawan-karyawannya. Membuat formulir pajak tidaklah mudah. Ada waktu, tenaga dan biaya besar yang harus dikeluarkan.

Namun dengan penggunaan Payroll, formulir dan laporan pajak dapat dibuat dengan lebih mudah tanpa menyita banyak waktu dan biaya. Itulah salah satu alasan utama perusahaan-perusahaan zaman sekarang cenderung menggunakan sistem Payroll.

Dengan demikian pekerjaan HR juga lebih ringan dan bisa lebih fokus pada pekerjaan lain yang tidak kalah penting. Melalui penjelasan diatas kini Anda sudah mengetahui pengertian dan manfaat Payroll bagi perusahaan. Bagaimana, tertarik untuk menggunakannya?

Related Posts