Pengertian Dan Penjelasan Analisis SWOT Yang Harus Diketahui

Pengertian Dan Penjelasan Analisis SWOT Yang Harus Diketahui

Berikut ini pengertian dan penjelasan analisis SWOT yang harus Anda ketahui. Analisis SWOT merupakan suatu cara dalam menyusun strategi dalam membangun sebuah bisnis. Tujuan utama menggunakan analisis tersebut yaitu supaya pebisnis dapat melakukan pengambilan keputusan dengan bijak dalam proses pengembangan bisnis. Fungsi lainnya yaitu sebagai alat instrument utama dalam melaksanakan strategi bisnis yang akan dijalankan. Setiap pebisnis harus menggunakan analisis SWOT, karena analisis ini memiliki manfaat yang tinggi.

Banyak yang menggunakan analisis SWOT untuk menganalisa situasi, kondisi, dan faktor yang mempengaruhi pengembangan bisnis dalam suatu perusahaan. Analisa ini digunakan baik sebelum memulai membangun bisnis atau sudah membangun bisnis. Bahkan ada yang menyebut analisis SWOT merupakan analisa paling ajaib yang dapat memberikan proses penyelesaian permasalahan pada bisnis.

Komponen-komponen Penting dalam Analisis SWOT

Dalam melakukan sebuah analisis SWOT Anda harus mengetahui komponen penting yang akan mempermudah analisa bisnis. Komponen penting tersebut dari singkatan SWOT itu sendiri, bila dipisahkan sendiri-sendiri maka SWOT berarti strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunities (peluang), dan treaths (hambatan). Berikut merupakan penjelasan tentang komponen SWOT yang harus Anda pelajari.

  1. Strength (Kekuatan)

Analisis kekuatan ini bisa berupa analisa keadaan atau kondisi bisnis yang sedang dijalankan. Saat melakukan analisa kekuatan diharapkan pebisnis harus dapat menyebutkan keunggulan apa saja yang dimiliki pada bisnisnya. Keunggulan yang ditulis harus lebih unggul dibandingkan dengan bisnis lainnya. Tulis sebanyak-banyaknya mengenai keunggulan yang dimiliki.

  1. Weakness (Kelemahan)

Weakness merupakan analisis kelemahan. Analisis ini dilakukan dengan menemukan kelemahan yang terdapat pada bisnis Anda. Jangan bilang kalau bisnis Anda sempurna, hal tersebut tidak mungkin terjadi karena setiap bisnis yang dijalankan memiliki kelemahan. Analisa kelemahan pada suatu bisnis dapat mengetahui kekurangan. Bisnis yang telah diketahui kekurangannya, maka segera dilakukan perbaikan agar kelemahannya menjadi sedikit. Pada akhirnya dengan melakukan analisa peluang dapat memberikan peluang kepada bisnis agar dapat berkembang menjadi lebih maju lagi. Rutin melakukan analisa kelemahan dapat membuat bisnis awet hingga bertahun-tahun lamanya.

  1. Opportunity (Peluang)
BACA JUGA :  Pengertian dan Manfaat Infografis

Opportunity atau analisa peluang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui situasi bisnis dilingkungan luar. Mencari peluang bisa disebut dengan terobosan baru untuk melakukan pengembangan bisnis. Intinya dalam mencari peluang harus bisa mengarahkan agar perusahaan maupun bisnis yang dijalankan dapat bersaing dimasa depan.

  1. Treath (Hambatan)

Treath merupakan analisis hambatan, ancaman dan tantangan yang akan dihadapi oleh sebuah bisnis. Rumuskan beberapa ancaman yang akan dihadapi bisnis Anda, dari hasil analisis tersebut Anda akan menemukan faktor dan dampak penyebab terjadinya kemunduran. Bila sudah mengetahui ancaman yang dihadapi, maka Anda tinggal mencari penyelesaian masalah ancaman tersebut.

Manfaat Analisis SWOT

Penjelasan tentang komponen analisis SWOT diatas pastinya membuat Anda semakin paham. Lebih baik Anda menggunakan metode analisis tersebut sekarang, supaya bisnis Anda semakin maju. Apakah Anda ragu dalam melakukan analisis SWOT? Jangan ragu karena menggunakan analisis tersebut banyak sekali manfaatnya. Manfaat pertama Anda bisa melakukan analisa berupa pengarahan untuk mempertahankan kekuatan bisnis.

Manfaat kedua Anda bisa meningkatkan kekuatan bisnis dengan mengalisa kelemahan yang ada, manfaat ketiga Anda bisa menghindari ancaman bisnis dengan melihat keunggulan bisnis, dan manfaat keempat Anda bisa mencari peluang dengan melihat kekurangan serta ancaman yang berada pada bisnis. Analisis SWOT sangat wajib Anda praktekkan. Oleh karena itu sangat direkomendasikan sekali kepada Anda yang sekarang bergelut dalam bisnis atau sedang menjalankan perusahaan. Sekian pembahasan mengenai pengertian dan penjelasan analisis SWOT yang harus Anda ketahui.

Related Posts