Pengertian Dan Sejarah Tipografi

Jika dilihat secara sekilas, sekumpulan huruf mungkin tidak terlalu menarik. Tapi, tahukah Anda bahwa ada pelajaran khusus yang membahas tentang huruf-huruf? Pelajaran istimewa itu adalah tipografi, beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya tentang pengertian tipografi.

Jadi anggaplah bahwa saat ini huruf-huruf yang tertata rapi dan sedang Anda baca memiliki daya tarik tersendiri. Dengan begitu, Anda akan lebih tertarik memahami apa itu tipografi.

Apa Definisi Tipografi?

Tipografi adalah cara atau metode untuk menata serangkaian huruf dalam maksud menyampaikan sesuatu atau pesan tertentu. Tipografi juga tentang nilai seni dari teknik penataan dalam ruang yang ada sehingga serangkaian huruf dapat terbaca dengan nyaman.

Ada beberapa hal yang mendapat perhatian penting dari seni tipografi, yaitu elemen dan unsur huruf, jenis dari huruf, bentuk, elemen, serta hal-hal lainnya yang berhubungan dengan huruf.

Secara bahasa, tipografi berasal dari kata typos (bahasa Yunani yang berarti kesan, bentuk), serta graphein (yang berarti menulis atau mengukir, memahat). Intinya, tipografi merupakan bentuk seni dalam menyusun huruf berdasarkan elemen-elemennya seperti warna, ukuran, jarak dan lain-lain.

Sejarah Tipografi

Membahas tipografi kurang lengkap tanpa menyinggung sejarahnya. Mengenai sejarah tipografi, mari kembali sejenak ke zaman Viking. Saat itu bangsa Viking Norwegia dan Indian Sioux memanfaatkan Piktogram untuk menyampaikan pesan.

Piktogram yang memang cenderung berbentuk visual terlihat kurang memadai karena memiliki makna jamak. Hal itu menyebabkan pergeseran metode dengan menggunakan simbol untuk menyampaikan pesan. Simbol yang terpakai kemudian menjadi huruf untuk menyampaikan pesan.

BACA JUGA :  Berbagai Manfaat Dan Kegunaan Hang Tag

Saat itulah terbentuk Hieroglif di Mesir (Abad 1399 SM). Dari situ juga bermula simbol yang mulai tertulis dengan pena khusus. Penyebaran Tipografi Demotia tertulis tersebut kemudian menyebar sampai ke seluruh Eropa.

Perkembangan tipografi terus terjadi dari masa ke masa. Bahkan saat ini perkembangannya benar-benar luar biasa. Buktinya setiap orang termasuk Anda sudah bisa menggunakan dan menyusun berbagai huruf untuk merangkai pesan tertentu.

Era digital juga berperan besar dalam perkembangan tipografi karena penggunaan huruf yang semakin mudah dan efisien dari komputer. Salah satu manfaat tipografi langsung dirasakan oleh para desainer grafis.

Tipografi berperan besar dan sangat penting dalam dunia mereka. Orang-orang berjiwa kreatif dalam dunia desain pasti pandai bermain dengan pola-pola serta huruf.

Mengenal Tipografi Dalam Desain Grafis

Para desainer yang kreatif dituntut untuk tidak pernah kehabisan ide dalam menyampaikan pesan dengan memanfaatkan tipografi. Sebab dengan tampilan yang menarik dan segar, pembaca akan menyukai gagasan yang dibuat. Beberapa fungsi tipografi dalam desain grafis adalah sebagai berikut:

1. Memudahkan Penyampaian Pesan

Seorang desainer grafis harus memiliki jiwa kreatif untuk selalu menciptakan teks yang menarik. Bukan hanya tentang menarik, tetapi penyampaian pesan harus berhasil sehingga pembaca dapat menerimanya dengan mudah.

2. Penyampaian Teks Unik

Sebagaimana yang telah disinggung, ada beberapa elemen dari huruf yang berbeda. Mulai dari ukuran, warna, bentuk, dan lain-lain. Sebagai desainer grafis, memilih dan menyusun huruf-huruf menjadi teks yang unik serta menarik adalah tugas yang umum.

BACA JUGA :  Tips Desain Logo Perusahaan Yang Profesional

Setiap bagian harus diperhatikan secara detail sehingga penyampaian yang diberikan dapat diterima dengan kesan mendalam.

3. Menjadi Ciri Khas Atau Branding

Tampilannya yang unik dan menarik juga bisa menjadi sebuah ciri khas atau identitas dalam suatu industri. Misalnya produk atau jasa yang memerlukan logo pasti memiliki ciri khas tertentu. Konsep-konsep dasar yang membentuknya juga memanfaatkan tipografi sehingga tanda pengenal atau identitas suatu industri akan terbentuk secara ideal.

Jika Anda berencana terjun di bidang desain, maka tipografi menjadi salah satu ilmu yang wajib Anda pahami. Bukan hanya tentang pengertian, tetapi sejarah dan tujuannya juga perlu Anda ketahui.

Penjelasan singkat mengenai pengertian tipografi dan sejarahnya di atas bisa Anda jadikan sebagai dasar belajar. Jika Anda merasa semakin tertarik dengan tipografi, pastikan untuk memiliki jiwa dan pemikiran yang kreatif.

Related Posts