Pengertian Franchise Dan Contohnya

Pengertian Franchise Dan Contohnya Pranata Printing

Apa pengertian franchise? Dan apa saja contoh franchise? Mendengar kata franchise mungkin mengundang rasa penasaran bagi yang belum mengetahuinya. Kata franchise masih belum banyak dipahami oleh masyarakat sekitar.

Hanya sebagian kecil saja yang sudah mengerti pengertian franchise dan contohnya seperti golongan anak muda saja. Sedangkan masyarakat lain masih belum memahami pengertian franchise dan contohnya.

Beberapa masyarakat memahami bahwa franchise adalah seorang investor namun pengertian tersebut kurang tepat. Untuk memahami lebih dalam mengenai pengertian franchise dan contohnya, simak penjelasan berikut.

Pengertian Franchise dan Contohnya

Franchise berasal dari bahasa Prancis yang diartikan ke bahasa inggris sebagai “franchising”. Apabila diartikan ke dalam bahasa Indonesia, kata franchising yaitu waralaba. Secara luas pengertian franchise adalah hubungan bisnis antara pemilik merk dan mitra usahanya. Sistem operasional bisnis franchise yakni pemberian izin terhadap penggunaan merek produk dalam jangka waktu yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Franchise merupakan bentuk kerja sama yang dikerjakan dengan prinsip kemitraan. Sebuah perusahaan atau pemilik usaha akan mengambil keuntungan pada merek produk yang dikenal di seluruh masyarakat. Pelaku bisnis franchise harus memiliki komitmen dalam menghormati kesepakatan, peraturan, serta konsep yang telah dibuat oleh kedua belah pihak.

Dari beberapa pengertian yang telah dijelaskan, dapat disimpulkan bahwa franchisee adalah perusahaan independen franchisor (produsen). Franchisor juga dapat diartikan sebagai badan usaha atau perseorangan yang memiliki merek brand produk.

Bisnis franchise harus dilakukan oleh kedua belah pihak yang harus diikat dalam sebuah kesepakatan bersama. Dalam bisnis disediakan bimbingan mengenai teknik usaha, manajemen marketing, strategi berjualan serta kebutuhan waralaba lainnya. Pihak kedua yang sebagai mitra wajib melakukan pembayaran dana yang disepakati kepada pemilik franchisee.

Sebelum lebih lanjut memahami mengenai pengertian franchise dan contohnya, Anda juga harus mengetahui bahwa franchise memiliki dua jenis. Berikut merupakan jenis-jenis franchise yang wajib diketahui.

  1. Franchise Dalam Negeri

Franchise dalam negeri merupakan usaha milik anak bangsa yang diciptakan dengan inovasi tersendiri. Franchise dalam negeri dapat berupa makanan atau minuman. Usaha franchise dalam negeri telah menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk menjalankan usaha. Kerjasama bisnis franchise dapat menjadi investasi pendapatan setiap bulannya.

  1. Franchise Luar Negeri

Franchise luar negeri merupakan usaha yang paling disukai oleh masyarakat. Alasannya adalah produk makanan dan minumannya terlihat berbeda, sehingga menarik perhatian konsumen. Franchise luar negeri memiliki sistem usaha jelas serta merk brand yang diterima oleh seluruh masyarakat dunia. Hasilnya usaha franchise luar negeri lebih terkenal di kalangan masyarakat dibandingkan dengan franchise dalam negeri.

Itulah dua jenis franchise yang harus Anda ketahui, sebelum memutuskan untuk membuat usaha franchise. Apabila sudah mengetahui jenis-jenis franchise, kini saatnya Anda membuat keputusan untuk menjalankan jenis franchise yang mana. Apapun pilihan usaha franchise, paling penting diutamakan pada seberapa mampukah Anda mengelola franchise pilihan Anda.

Contoh Franchise Yang Sering Kita Temui

Tanpa Kita sadari banyak sekali contoh usaha franchise yang ada di sekitar. Pasti Anda tidak menyangka bahwa beberapa usaha yang berada didekat Anda termasuk ke dalam bisnis franchise. Adapun beberapa contoh franchise yang berkembang pesat di sekitar bisa dilihat pada berikut ini.

  1. Papa Rons Pizza
  2. Alfamart
  3. Indomaret
  4. Pizza Hut
  5. McDonald
  6. CFC
  7. KFC
  8. Hisana
  9. Serta masih banyak lainnya

Itulah beberapa contoh franchise, sebenarnya usaha franchise yang ditawarkan jumlahnya sangat banyak dan dapat dibagi menjadi berbagai jenis mulai dari franchise makanan, minuman, fashion, dan lainnya. Jika Anda berminat bisa mencari informasi sendiri mengenai penawaran bisnis franchise. Saat menjalankan bisnis franchise, Anda harus mengetahui langkah-langkahnya agar mudah.

Misalkan Anda menginginkan bisnis franchise memakai nama Indomaret maka, Anda perlu mengurus perizinan kepada pihak indomaret. Membuat kesepakatan, kemudian siapkan tempatnya. Selesai menentukan tempat, pihak Indomaret akan melakukan renovasi tempat sesuai desain mereka.

Anda hanya memakai serta menjalankan usaha Indomaret. Setiap bulannya, Anda wajib memberikan royalti kepada pihak franchise Indomaret sesuai kesepakatan. Seperti itulah langkahnya, Anda sekarang telah mengetahui pengertian franchise dan contohnya. Semoga informasi diatas mampu menambah pengetahuan Anda mengenai franchise.

Related Posts