Pengertian Solar Panel Dan Cara Kerjanya

Pengertian Solar Panel Dan Cara Kerjanya Pranata Printing

Solar Panel merupakan suatu alat untuk mengkonversikan dari cahaya sinar matahari menjadi aliran listrik yang menggunakan metode efek Photovoltaic (metode langsung). Photovoltaic merupakan suatu proses munculnya tegangan listrik, yang dipicu oleh hubungan kontak dua elektroda. Yang mana sudah terhubung dengan suatu system pada saat mendapat energy cahaya.

Solar Panel juga disebut-sebut sebagai system tenaga surya yang dinilai memiliki efisiensi tinggi. Selain itu solar panel juga dinilai lebih terjangkau karena sifatnya yang ekonomis serta ramah lingkungan. Pada umumnya solar cell merupakan “dioda”, namun memiliki permukaan yang lebih besar dari biasanya. Lebarnya permukaan sel surya, secara otomatis akan membuat perangkat sel jauh lebih sensitif.

Artinya, sensitif dalam penangkapan cahaya dan akan menghasilkan tegangan yang lumayan kuat jika dibandingkan dengan dioda biasanya.

Cara Kerja Solar Sel

Panel surya bekerja dengan cara melewati efek fotolistrik, yang mana setiap bagian tertentu akan menghasilkan aliran atau arus listrik saat perangkat utama sel terkena sinar matahari. Panel surya sendiri sebenarnya memiliki bahan Kristal silikon dan dari setiap setengah di dopin akan menjadi dopan yang mana akan menghasilkan semikonduktor.

Saat sinar matahari memancarkan sinarnya ke permukaan sel, panel surya tersebut sudah menyediakan suatu energi, yang mana energy tersebut sangat dibutuhkan untuk proses semikonduktor dami menghasilkan arus searah DC.

  1. DC atau Ac Inverter,
    Hal ini sangat dibutuhkan untuk mengubah suatu daya DC yang tadinya merupakan hasil rangkaian solar panel menjadi arus AC. Yang mana arus ini bisa digunakan untuk peralatan listrik secara langsung dan jaringan listrik.
  2. AC Circuit
    AC Circuit merupakan sirkuit utama dalam jaringan listrik yang terhubung ke rumah-rumah. Alat ini terhubung secara langsung di kotak sekring, yang mana energy yang masuk akan bisa digunakan untuk menyalakan peralatan listrik di suatu rumah.
BACA JUGA :  5 Dasar Manajemen Bisnis Yang Harus Dipenuhi Saat Berbisnis

Keunggulan Solar Panel atau Panel Surya

  1. Memanfaatkan energi panas matahari, yang mana merupakan sumber energi alami yang sangat berlimpah di bumi ini.
  2. Panel surya merupakan perangkat listrik yang ramah lingkungan, sebab dalam prosesnya tidak menghasilkan efek negatif seperti halnya gas rumah kaca maupun karbon dioksida yang dinilai cukup berbahaya.
  3. Masa pakai yang cukup lama. Penggunaan solar cell atau panel surya memiliki waktu pakai hingga 20 tahun lamanya, yang tidak kehilangan banyak efisiensi di dalam penggunaannya.
  4. Panel surya juga dianggap sebagai perangkat listrik yang hemat energy, karena bisa Anda gunakan dalam masa pakai kurang lebih 20 sampai 30 tahun ke depan.

Manfaat Solar panel atau Panel Surya

Listrik memang sudah menjadi kebutuhan yang penting untuk kebutuhan sehari-hari.  Mengingat tentang peralatan rumah yang hampir semuanya menggunakan listrik, tentu muncul ide-ide baru yang digunakan oleh segelintir orang demi menciptakan listrik yang ramah lingkungan. Seperti halnya yang sudah dijelaskan di atas tentang Solar cell.

Namun apakah Anda tau apa manfaat menggunakan solar cell? Sebab panel surya juga memiliki manfaat serta kelebihan tersendiri.

Hemat Bahan Bakar

Menggunakan panel surya yang bersifat ramah lingkungan, tentu menjadikan suatu manfaat yang lain yakni penghematan bahan bakar. Sebab proses pembuatan listrik hanya dengan memanfaatkan energy yang ada yakni energy dari panas matahari. Dan tentunya tidak menggantungkan pemakaian bahan bakar dalam prosesnya.

Individual

Pemakaian panel surya untuk menghasilkan listrik memang bersifat individual atau berdiri sendiri. Sebab dari system yang digunakan tidak memerlukan distribusi. Solar cell juga bisa diterapkan dimana saja secara sentralisasi pembangkit listrik tenaga surya, bahkan bisa didistribusikan ke suatu area atau tempat yang membutuhkan.

BACA JUGA :  Tips Memulai Usaha Bengkel Variasi Motor

Dapat Digunakan Dimana Saja

Selain bersifat individu, solar cell juga bisa digunakan sesuai kebutuhan Anda. Artinya perangkat tersebut bisa di pindah dan di pasang ke mana saja sesuai kebutuhan.

Bersifat Modular

Nah manfaat yang terakhir dari panel surya adalah lebih bersifat modular. Yang mana suatu kapasitas listrik dari hasil pemasangan solar sel tersebut dapat Anda sesuaikan dengan merangkai modul yang ada mulai dari rangkaian seri atau parallel.

Itulah pengertian solar panel dan cara kerja solar panel yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel Pranata Printing mengenai solar panel kali ini mampu menambah wawasan Anda.

Related Posts