Pengertian Virtual Office Dan Manfaatnya

Ada banyak gagasan baru yang muncul dalam dunia kerja, salah satunya adalah virtual office. Beberapa orang mungkin masih asing dengan istilah ini, sehingga banyak yang bertanya mengenai pengertian virtual office.

Virtual memiliki definisi sebagai “dunia maya”, sedangkan office berarti kantor. Sama seperti pengertian dasarnya tersebut, virtual office memang berhubungan dengan kantor di dunia maya. Simak penjelasan di bawah ini untuk definisi apa itu virtual office yang lebih rinci.

Apa Definisi Virtual Office?

Sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya, virtual office merupakan kantor secara virtual. Dalam penerapannya, ruang kerja yang tersedia berbentuk virtual. Pekerja atau karyawan-nya tidak harus bekerja secara langsung di kantor. Sebab pekerjaan bisa dilakukan dari manapun.

Meski tidak memiliki lokasi kerja yang nyata (dalam bentuk fisik), tetapi kantor tetap memiliki alamat pasti. Jadi perusahaan tempat Anda bekerja tetap tercatat sebagai penghuni di gedung bersangkutan, akan tetapi kepemilikannya hanya sebatas virtual.

Ada penyedia yang memberikan pelayanan untuk menyewa virtual office. Bahkan fasilitas yang tersedia juga lengkap sehingga tidak kalah produktif dengan bekerja di kantor secara fisik.

Kantor virtual ini sangat cocok bagi perusahaan pemula yang belum memiliki terlalu banyak modal. Apalagi ada banyak kelebihan virtual office yang bermanfaat bagi karyawan dan perusahaan.

Berikut adalah beberapa hal penting yang bisa Anda peroleh jika menggunakan kantor virtual:

  • Lokasi perusahaan yang baik (strategis) akan memberikan keuntungan bagi pekerja.
  • Anda tetap bisa memberikan alamat kantor kepada pelanggan yang bertanya.
  • Anda bisa menggunakan domisili dari perusahaan tempat virtual office untuk mengurus beberapa berkas terkait perusahaan Anda.
BACA JUGA :  Sejarah Singkat Perusahaan Bukalapak Dan Perkembangannya

Memahami Keunggulan Dari Virtual Office

Selain mengetahui definisi-nya, Anda juga perlu memahami keunggulan virtual office. Keuntungan yang dimiliki oleh kantor berbentuk virtual ini sangat banyak.

1. Dipercaya Klien

Klien menyukai kantor yang telah memiliki alamat pasti. Meskipun kantor Anda secara virtual, para klien akan memahaminya, apalagi ada dokumen resmi sebagai bukti. Jadi Anda tidak perlu khawatir membangun kepercayaan dengan klien, mereka pasti terbuka untuk berbisnis dengan Anda.

2. Memiliki Ruang Meeting

Jika Anda ingin mengadakan meeting penting secara langsung, hal itu juga dapat terwujud dengan mudah. Penyedia virtual office pasti akan menyediakan fasilitas yang bisa Anda gunakan sebagai untuk rapat bersama rekan-rekan.

Jadi tidak perlu resah meskipun kantornya secara virtual, sebab Anda tetap bisa meeting dengan peralatan lengkap seperti seharusnya.

3. Penghematan Biaya

Biaya menjadi salah satu penghalang perusahaan tak segera dibentuk. Dengan adanya kantor virtual, Anda tidak perlu khawatir apabila belum memiliki dana yang besar untuk sewa gedung atau merawat gedung.

Kantor bisa Anda sewa secara virtual, perawatan gedung, biaya listrik, dan alat-alat kantor tidak perlu Anda pikirkan.

4. Lebih Fleksibel dan Efisien

Berbagai pekerjaan dapat dilakukan dari manapun. Hal ini dapat memudahkan seluruh karyawan dalam melakukan pekerjaan. Pekerjaan akan lebih efisien dan fleksibel. Tidak ada yang terlambat berangkat kerja karena tidak perlu lagi berasalan kesiangan atau jalanan yang macet. Pekerjaan menjadi lebih efisien.

BACA JUGA :  Tips Mudah Memulai Bisnis Travel Untuk Pemula

5. Bisa Ganti Kantor

Kelebihan lainnya dari kantor virtual adalah dapat berganti kantor secara mudah. Mungkin beberapa faktor akan membuat Anda mencari lingkungan kerja yang lebih kondusif. Jika kondisinya seperti itu, tidak masalah untuk berpindah kantor karena Anda tidak terikat secara mutlak dengan kantor penyedia virtual office.

Tetapi jika sudah merasa nyaman dan ingin tetap berada di kantor semula, Anda juga bisa memperpanjang masa sewanya. Jadi, ada 5 keunggulan dari virtual office yang bisa Anda peroleh apabila menerapkan sistem tersebut untuk kantor Anda.

Kantor secara virtual juga direkomendasikan untuk perusahaan pemula seperti start up agar bisa berkembang menjadi lebih maksimal dan maju. Semoga penjelasan mengenai pengertian virtual office dan berbagai manfaatnya di atas dapat membantu Anda untuk mengambil keputusan.

Related Posts