Perbedaan PPI, DPI Dan LPI Dalam Desain Grafis

Perbedaan PPI DPI Dan LPI Dalam Desain Grafis Pranata Printing

PPI, DPI dan LPI? Apa itu ya? Bagi Anda yang masih awam mengenai desain grafis maka pasti belum mengerti bahkan sama sekali belum mendengar istilah tersebut. Jika Anda belum mengetahui PPI, DPI dan LPI itu apa maka Pranata Printing akan membahas perbedaan PPI, DPI dan LPI Sebelum membahas perbedaan ketiga hal tersebut maka ketahui dahulu apa itu desain grafis.

Desain grafis adalah bentuk seni dengan tujuan memecahkan masalah komunikasi melalui kombinasi elemen grafis seperti bentuk, garis, warna, dan sebagainya. Visual tercipta diharapkan dapat menjadi sarana penyampaian informasi.

Peralatan utama seorang desain grafis adalah pikiran (ide). Di samping komputer/laptop sebuah desain grafis yang baik juga memerlukan kreativitas dan niat tentunya. Hal ini karena niat itulah yang menjadi modal utama dalam menjalankan sebuah bisnis.

Prinsip desain grafis sendiri adalah keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (proportion), dan kesatuan (unity). Ada pun manfaat mempelajari desain grafis adalah untuk ladang usaha / mata pencaharian, membantu orang lain / organisasi. Kemudian uang hasil usaha desain grafis bisa digunakan untuk mengembangkan ilmu desain lebih baik lagi atau hal lain lainnya.

Perbedaan PPI, DPI dan LPI dalam desain grafis sendiri seringkali tertukar oleh seorang desainer karena kebingungan. Mengapa seorang desainer tersebut merasa kebingungan? Perbedaan PPI, DPI dan LPI merupakan ketiga hal yang sama-sama mempunyai sebuah satuan tiap inchi. Berikut beberapa perbedaannya tersebut.

Perbedaan PPI, DPI dan LPI dalam dunia Desain Grafis

Marilah Kita cari tahu perbedaan PPI, DPI dan LPI dalam dunia desain grafis. Istilah tersebut merupakan bagian yang tidak terlepas pada dunia desain grafis. Berikut beberapa perbedaannya:

  1. PPI (Pixel Per Inch)

Yakni satuan resolusi berdasarkan banyaknya Pixel (titik layar terkecil) tiap inchi-nya. PPI merupakan satuan untuk digital (tidak di kertas fisik melainkan layar monitor). Standar monitornya memiliki ukuran 72 PPI. Semakin tinggi PPI maka Pixel akan semakin rapat. Semakin banyak PPI maka kualitas sebuah gambar akan semakin bagus.

  1. LPI (Lines Per Inch)

LPI adalah satuan berdasarkan banyaknya garis baris tiap inchi-nya. Sistem halftone dalam LPI ini digunakan untuk resolusi dalam mesin cetak offset. Biasanya LPI digunakan mencetak koran dan majalah. LPI mewakili karakteristik dari gambar digital dan ada hubungannya dengan masukan.

  1. DPI (Dot Per Inch)

Yakni berdasarkan banyaknya dot (titik lingkaran terkecil) tiap inci-nya. DPI digunakan untuk meresolusi output yakni printer. Jadi DPI itu adalah jumlah titik dalam tinta fisik yang dicetak oleh printer. Standar DPI tinggi sendiri adalah 300. Sedangkan untuk rasio DPI dengan PPI adalah 1:1.

BACA JUGA :  Tips Sukses Membuka Bisnis Salon Kecantikan

Perbedaan PPI, DPI dan LPI di atas tentu saja harus Anda ketahui secara detail. Hal ini agar Anda tidak salah sebut dalam mengirimkan file ke sebuah percetakan. Namun apabila Anda menggunakannya sendiri, tidak menjadi masalah.

Bagaimana Anda masih bingung dengan perbedaan PPI, DPI dan LPI? Intinya kalau PPI itu digunakan untuk file yang bukan cetakan. Jika di Photoshop dilakukan pembesaran gambar yang nantinya akan membuat jumlah PPI semakin berkurang sehingga kualitas gambar menurun. Apabila gambar belum dicetak, gambar itu terbentuk dari piksel.

Istilah DPI sebenarnya juga berfungsi pada mouse lho. DPI berfungsi untuk menunjukkan seberapa jauh kursor mouse berpindah berdasarkan gerakan fisik pada mouse. Semakin besar DPI, akan sensitif kursornya. Dengan begitu kursor mouse bisa dijalankan dengan cepat dan akurat.

Biasanya resolusi mouse normal di pasaran berkisar 800 DPI sampai dengan 1200 DPI. Jika untuk keperluan game, resolusi dibuat lebih tinggi yaitu 2000, 4000 sampai 5600 DPI. Anda bisa menggunakannya sesuai dengan keperluan dan kebutuhan,

Namun jika Anda ingin bergelut dalam dunia desain grafis atau percetakan, tentunya sudah mengetahui apa saja perbedaan PPI, DPI, dan LPI di atas beserta cara menggunakan resolusi secara benar. Ini tak lain karena resolusi image memang sangat berpengaruh dalam kualitas hasil cetakan yang dibuat.

Itulah beberapa perbedaan PPI, DPI dan LPI yang bisa Anda pahami dalam desain grafis. Apalagi jika Anda ingin mendirikan usaha percetakan, maka perbedaan PPI, DPI dan LPI di atas tentu harus Anda pahami lebih mendalam.

Related Posts