Perbedaan Remote Sales Dengan Outside Sales

Sales memegang peranan penting dalam meningkatkan penjualan produk. Setiap perusahaan pasti menerapkan metode sales tertentu sesuai dengan kebutuhan. Misalnya dengan metode berupa remote sales dan outside sales.

Meski sama-sama metode untuk memasarkan produk, tetapi kedua teknik itu memiliki beberapa perbedaan. Lalu apa sebenarnya pengertian remote sales dan outside sales? Apakah keduanya sama-sama menguntungkan bagi perusahaan?

Definisi Remote Sales

Sebagaimana namanya remote sales berarti memasarkan produk secara remote. Jadi para tim yang tergabung bisa melakukan pekerjaannya dari jarak jauh. Sehingga tidak perlu bertemu secara langsung dengan para pelanggannya.

Selain dikenal sebagai remote sales, metode ini juga disebut sebagai virtual sales dan inside sales. Ini berarti ada ketergantungan dengan alat-alat elektronik sebagai perantara.

Definisi Outside Sales

Jika remote sales tidak perlu bertemu secara langsung dengan pelanggan, maka outside sales adalah kebalikannya.

Tim yang tergabung dalam metode pemasaran ini harus menemui pelanggan secara langsung. Pertemuan biasanya akan dilakukan di tempat-tempat sesuai kesepakatan atau permintaan klien. Jadi pekerjaan dilakukan di luar kantor.

Perbedaan Antara Outside Sales dan Remote Sales?

Ada beberapa hal yang membedakan kedua teknik penjualan tersebut. Di antaranya dapat dilihat dari sejumlah aspek berikut ini:

Strategi yang Digunakan

Dalam metode outside sales, tim harus memutar otak untuk bisa membuat para pelanggan yang ditemui tertarik dengan produk yang ditawarkan. Sebagaimana tim sales pada umumnya, kemampuan interpersonal dan komunikasi sangat dibutuhkan.

Bahkan dalam beberapa kesempatan perlu menggunakan media seperti selebaran, membuka stan di berbagai acara keramaian atau bertemu langsung dengan klien. Berbeda dengan metode remote sales yang memanfaatkan teknologi sebagai perantara pemasaran produk.

Para tim yang tergabung dalam inside sales harus bisa mengirimkan email persuasif yang menarik perhatian pelanggan. Termasuk memberikan penawaran melalui telepon, SMS atau metode virtual lainnya.

Waktu Penawaran Produk

Dilihat dari segi waktu, outside sales memerlukan waktu yang relatif lama. Misalnya dalam satu hari hanya bisa bertemu dengan satu atau dua orang. Menjelaskan produk dengan rinci kepada pelanggan dan berusaha meyakinkan agar klien tertarik.

Berbeda dengan inside sales yang jangkauannya lebih mudah dan luas. Perusahaan bisa menawarkan produk kepada beberapa orang secara praktis melalui telepon atau email. Tidak mustahil untuk bisa menawarkan produk kepada ratusan pelanggan dalam satu hari.

Keahlian yang Diperlukan

Semua sales harus mempunyai kemampuan komunikasi yang sangat baik. Serta mengerti secara detail mengenai produk yang dipasarkan.

Tim outside sales harus bisa memiliki penampilan yang menarik, rapi dan berkepribadian ramah. Cara bicara dan gesture tubuh juga harus meyakinkan sehingga bisa menarik perhatian pelanggan.

Di sisi lain remote sales harus menguasai beberapa hal terkait cara komunikasi yang baik secara virtual. Serta bisa menggunakan berbagai media sosial untuk melakukan komunikasi sesuai dengan kebutuhan.

Penjualan dan Biaya

Outside sales yang memiliki waktu untuk bertemu pelanggan secara langsung akan berhasil membangun relasi dengan baik. Sehingga pelanggan akan menaruh kepercayaan yang lebih dan bisa bertahan dalam waktu yang lebih lama.

Oleh karena itu biayanya juga besar, karena biasanya akan bertemu secara langsung dengan klien. Membelikan makanan, menyewakan tempat, bahkan menyiapkan akomodasi.

Sedangkan inside sales kurang sesuai jika digunakan untuk membangun relasi dengan pelanggan. Rata-rata akan berakhir dalam waktu yang singkat. Mungkin hanya sekali membeli produk lalu selesai.

Namun biaya yang diperlukan lebih sedikit dari outside sales. Hanya biaya untuk menelepon, membayar data internet, serta listrik.

Mana Metode yang Paling Efektif?

Metode remote sales dan outside sales sama-sama efektif dan akan sangat membantu perusahaan. Namun harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan itu sendiri. Sebab keduanya mempunyai kelemahan dan keunggulan masing-masing.

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan untuk menerapkan metode yang sesuai adalah memahami jenis produk, target pasar, serta biaya penjualan. Dengan memahami remote sales dan outside sales secara detail, Anda bisa menerapkan metode paling sesuai untuk pemasaran produk perusahaan.

Related Posts