Pilihan Tas Belanja Ramah Lingkungan Pengganti Plastik

Pilihan Tas Belanja Ramah Lingkungan Pengganti Plastik

Tas belanja ramah lingkungan pengganti plastik wajib untuk Anda miliki saat ini. Karena dengan melakukan hal tersebut, Anda telah ikut serta menjaga lingkungan agar terbebas dari sampah plastik.

Selain itu hampir semua supermarket dan beberapa minimarket telah memberlakukan peraturan dari pemerintah. Seperti setiap pembeli harus membayar Rp 2000 – Rp 4000 per tas spunbond yang digunakan atau menggunakan tas belanja sendiri.

Jadi jika Anda kebetulan membeli keperluan bulanan maka akan membutuhkan banyak plastik sehingga banyak tambahan bayaran untuk plastik tersebut. Hal ini mungkin terlihat sepele, tetapi hal ringan seperti ini bisa menjadi salah satu penyebab bocornya keuangan bulanan.

Karenanya dengan memakai tas alternatif untuk belanja Anda dapat menghemat pengeluaran. Selain itu Anda bisa mengalokasikan dana yang ada untuk kebutuhan yang lain.

Berbagai Pilihan Tas Belanja Ramah Lingkungan Pengganti Plastik

Terdapat berbagai alternatif sebagai tas belanja tentu sangat bermanfaat. Terutama bagi Anda yang sering belanja sehingga dapat mengurangi jumlah plastik yang dipakai. Adapun alternatif kantong belanja ramah lingkungan tersebut antara lain;

Tas Plastik Bekas

Jika Anda memiliki banyak kantong plastik di rumah, maka gunakanlah plastik tersebut kembali terutama ketika membeli benda kering. Untuk kantong plastik yang terlanjur dibeli, sebaiknya Anda simpan baik-baik dan jangan langsung dibuang. Karena masih bisa dimanfaatkan untuk banyak hal.

Jika plastik yang dipakai digunakan untuk membungkus ikan atau bahan lain yang basah. Maka bilaslah plastik tersebut dengan air dan jemur sebentar agar dapat digunakan kembali.

Tas Kain Spunbond

Pilihan lain yang bisa Anda pakai adalah dengan menggunakan tas yang berbahan kain sintetis. Tas ini tidak hanya kuat menampung berbagai bahan belanjaan, tetapi juga relatif ringan dan mudah dicuci. Jadi jika kotor sehabis belanja Anda dapat mencuci kering tas ini.

Selain itu tas jenis ini terbuat dari serat kapas yang mudah terurai oleh alam. Jadi tas ini benar-benar ramah lingkungan dan aman digunakan oleh siapa saja.

Kardus

Tas belanja ramah lingkungan murah lain yang bisa dijadikan pilihan adalah dengan memakai kardus bekas. Kardus juga termasuk benda yang lebih mudah terurai oleh alam. Karena kardus ini terbuat dari lapisan kertas tebal. Seperti yang diketahui kertas ini terbuat dari serat kayu sehingga ramah lingkungan.

Biasanya penggunaan kardus disediakan oleh supermarket dan diberikan secara cuma-cuma alias gratis dengan minimum total pembelanjaan. Oleh karena itu jika Anda belanja di salah satu supermarket tersebut dan kebetulan belanja banyak maka mintalah kepada petugas untuk memakai packing dari kardus saja.

Tas Berbahan Parasut

Bahan parasut biasa digunakan untuk jaket karena ringan dan kuat. Karenanya memiliki tas ini bisa menjadi alternatif bagi Anda. Selain itu memperoleh tas ini cukup mudah karena banyak tersedia secara online.

Tas ini tidak hanya kuat dan ringan namun juga dapat dilipat. Jadi Anda bisa membawanya di dalam tas tanpa membuat isinya menjadi sesak karena ukurannya kecil. Jadi Anda dapat memakai tas ini kapanpun terutama ketika ingin belanja dadakan.

Tas Jaring

Tas ini juga bisa menjadi alternatif pengganti kantong plastik. Tas model jaring biasanya digunakan untuk menampung buah ataupun sayuran. Tas satu ini tidak hanya ringan tetapi juga kuat dan mudah dilipat sehingga dapat disimpan dengan mudah.

Tas Ransel

Tas ransel yang biasa Anda gunakan ke sekolah ataupun kantor juga bisa menjadi alternatif sebagai tas belanja. Terutama untuk Anda yang sering belanja dadakan. Karena tas saat ini memiliki ruang yang luas serta terdapat banyak kantong atau ruang kecil sehingga mudah mengatur berbagai barang dengan baik.

Selain itu tas ini banyak terbuat dari kain yang kuat dan tebal sehingga mampu menampung banyak barang namun tetap ramah lingkungan. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan benda ini sebagai tas belanja ramah lingkungan.

Paperbag

Tas lain yang bisa Anda gunakan adalah yang terbuat dari kertas. Biasanya tas ini disediakan di berbagai pusat perbelanjaan dengan harga murah atau gratis. Penggunaan tas ini tentu terbatas karena tidak tahan lama. Namun tas satu ini mudah terurai oleh alam sehingga ramah lingkungan.

Itulah 7 pilihan tas belanja ramah lingkungan pengganti plastik yang dapat Anda gunakan sehari-hari. Pilihan tas ini tidak hanya berguna untuk menjaga lingkungan tetapi menghemat pengeluaran Anda dari membeli kantong plastik.

Related Posts