Prinsip Hidup Orang Jepang Yang Wajib Ditiru Untuk Bisa Sukses

Prinsip Hidup Orang Jepang Yang Wajib Ditiru Untuk Bisa Sukses

Jepang selain dikenal dengan bunga Sakuranya yang indah, juga sangat identik dengan kemajuan di berbagai bidang. Tentunya tak lepas dari prinsip hidup masyarakatnya yang patut diacungi jempol, bahkan banyak negara di dunia berkiblat padanya. Anda mau tahu apa saja prinsip hidup orang Jepang yang wajib ditiru agar sama suksesnya dengan mereka?

Prinsip Hidup Tentang Kepribadian

Beberapa kepribadian orang Jepang asli berikut ini mungkin sudah dimiliki oleh Anda dan keluarga, hanya saja konsistensi mereka dalam mempraktekkannya memang jauh di atas rata-rata.

Sangat Sopan

Ada tiga budaya sopan santun yang diterapkan orang Jepang sejak kecil yaitu membiasakan minta maaf ketika salah, makanya bisa dilihat kelanggengan hubungan orang Jepang sebab mereka tidak egois pada diri sendiri dan mau menerima kesalahan dalam bentuk permintaan maaf.

Kemudian membungkuk saat berbicara untuk menghargai lawan bicara, bahkan saat bicara melalui telepon mereka akan melakukan kebiasaan tersebut. Terakhir yaitu selalu mau berkenalan dengan siapa saja, jadi jangan kaget jika bertemu orang Jepang yang langsung menyapa Anda dan memberitahu namanya tanpa diminta.

Jujur

Mungkin di tempat lain, mencari orang jujur saat ini sangat susah. Tapi di Jepang rata-rata semuanya masih menjunjung kejujuran diatas segalanya. Jadi tak aneh jika Anda kehilangan dompet saat di Jepang dan tiba-tiba ada yang mengembalikannya tanpa adanya barang atau uang yang hilang di dalam dompet tersebut.

Mandiri

Sejak kecil kebiasaan orang Jepang untuk mandiri sudah ditanamkan, terlihat dari kebiasaan di taman kanak-kanak untuk membawa tas dan bekal sendiri. Selanjutnya tamat kuliah, anak-anak Jepang khususnya laki-laki tidak ada yang masih bergantung pada orang tua, mereka akan mencari pekerjaan untuk menghasilkan uang sendiri.

Malu

Orang Jepang juga punya budaya malu yang sangat tinggi, sehingga mereka akan memilih bertanggung jawab atas kegagalan dengan jalan menebusnya dengan berbagai cara. Contohnya saja pejabat Jepang yang terindikasi korupsi akan mengundurkan diri sebagai budaya malu atas tindakan buruk yang dilakukannya tersebut.

Prinsip Hidup di Dunia Kerja

di dalam dunia kerja juga ada prinsip hidup orang Jepang yang wajib ditiru, karena itulah yang membuat Jepang sukses jadi negara maju dan berkembang saat ini. apa saja prinsip tersebut?

Tekun

Dalam bekerja mereka akan sangat tekun dan mau melakukan pekerjaan hingga tuntas walaupun sudah saatnya jam pulang kerja. Bahkan karena ketekunannya tersebut jam kerja di Jepang menjadi salah satu yang tertinggi di dunia, yaitu mencapai 2450 jam setiap tahun mengalahkan Amerika dan Jerman.

Tidak Pilih Pekerjaan

Bagi Anda yang sampai saat ini masih suka memilih pekerjaan saat melamar, cobalah untuk merubah pola pikir seperti budaya Jepang yang satu ini. Dimana masyarakatnya mau bekerja apa saja tanpa memikirkan latar belakang pekerjaan, bahkan satu orang bisa memiliki beberapa pekerjaan sekaligus.

Suka Bekerja Sama

Hasil kerja berkelompok yang dilakukan orang Jepang, akan lebih maksimal ketimbang mereka kerja sendirian. Karena mereka terbiasa untuk melakukan sesuatu bersama-sama, agar sebuah pekerjaan cepat selesai dengan kualitas yang lebih baik.

Hemat

Budaya hemat memang sudah mengakar di tengah masyarakat Jepang, bahkan untuk bekerja mereka hanya memiliki beberapa helai pakaian dan banyak yang memilih pergi ke kantor dengan jalan kaki atau pakai sepeda ketimbang pamer mobil mewah.

Prinsip Hidup Untuk Negara

Satu lagi prinsip hidup orang Jepang yang patut ditiru adalah kecintaannya kepada negara, bisa dilihat dari berbagai bukti berikut ini.

Cinta Tradisi Sendiri

Sampai saat ini warga Jepang masih menjunjung tinggi tradisi yang sudah turun temurun dilestarikan. Mulai dari cara berpakaian, hingga bagaimana menghargai negara mereka sendiri. Makanya orang Jepang lebih banyak memilih membeli produk dalam negeri ketimbang berlomba pakai produk luar negeri.

Sulit Dimasuki Budaya Lain

Ketika dunia dihebohkan dengan demam musik genre tertentu, orang Jepang masih tetap mempertahankan musik khas mereka tanpa terkontaminasi oleh tradisi lain.

Itulah beberapa prinsip hidup orang Jepang yang wajib ditiru dan dijadikan acuan, karena dengan prinsip itulah mereka bisa berkembang pesat hingga saat ini. Kalau Anda berhasil menerapkan prinsip tersebut, paling tidak diri sendiri bisa jadi lebih baik dan punya masa depan lebih hebat.

Related Posts