Sejarah Awal Perusahaan Apple Dan Perkembangannya

Sejarah Awal Perusahaan Apple Dan Perkembangannya Pranata Printing

Saat kita mendengar kata Apple maka yang terlintas di kepala kita pasti iPhone dan langsung yang terbesit merupakan perusahaan dengan keluaran produk yang mahal dan berkualitas. Tidak bisa kita pungkiri bahwa kini Apple sudah merajalela dalam pasar seluruh dunia termasuk Indonesia dan produk yang dikeluarkan pun pasti selalu laris dipasaran.

Namun, kalian pasti belum tahu kan bagaimana sejarah awal perusahaan Apple serta perkembangannya hingga sukses sampai saat ini? Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai sejarah awal dan perkembangan Apple yang wajib banget nih kalian tahu apalagi bagi kalian pecinta produk Apple.

Sekilas Tentang Perkembangan Apple Dari Masa Ke Masa

Apple atau yang biasa disebut Apple inc merupakan salah satu perusahaan teknologi yang memiliki nama besar di pasar dunia. Pusat dan kantor Apple inc berada di California yang mana ditempat tersebut mereka mengembangkan dan merancang barang-barang elektronik, perangkat lunak serta layanan yang lainnya.

Beberapa produk yang sudah dirilis yaitu laptop, iPad, iOS, layanan iTunes, dan masih banyak lagi yang bisa kita temukan dalam smartphone iPhone yang memang di dalamnya terdapat teknologi iOS.

1. Logo dan Nama Apple

Kalian pasti penasaran mengenai perkembangan Apple terutama logo dan kenapa harus diberi nama Apple dan ternyata memang memiliki sejarah yang menarik. Ada beberapa teori mengenai logo Apple yang kini menjadi sangat ikonik.

Pada mulanya, nama Apple sendiri terinspirasi dari kisah Newton dimana apel tersebut jatuh di atas kepala Newton. Sehingga, pada awalnya logonya adalah gambar Newton yang didih di bawah pohon.

Kemudian pada tahun 1977, Jobs yang merupakan pendiri Apple merasa kalau logo tersebut sangat sulit untuk diingat dimana logo tersebut sangat detail. Sehingga, pada tahun tersebut diubahkan logo menjadi sebuah apel yang digigit dengan berisikan warna pelangi namun tidak berurutan.

BACA JUGA :  Berbagai Objek Wisata Pantai Terbaik di Indonesia

Pembuatan logo apel yang digigit di bagian kanan atas juga memiliki makna yang berarti bahwa itu merupakan apel bukan jeruk atau tomat. Sedangkan warna pelangi yang tidak berurutan memiliki filosofi dari perusahaan Apple yaitu keluar dari aturan baku.

Artinya perusahaan tersebut memiliki kebebasan serta keberanian untuk terus berinovasi dalam bidang teknologi. Namun Jobs pada akhirnya memutuskan untuk mengubah warna menjadi monokrom yang digunakan sampai saat ini dimana warna tersebut terlihat lebih sederhana dan minimalis.

2. Penemuan Komputer Pertama Di Dunia

Apple inc pertama kali dibuat pada tanggal 1 April 1976 oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak dimana mereka sudah berteman dekat dengan sangat lama. Perkembangan Apple dari perusahaan Apple bermula dari sebuah garasi rumah Jobs dengan peralatan yang seadanya.

Setelah itu mereka memiliki misi dalam membangun komputer Apple pertama. Hal tersebut bertujuan untuk mengubah sudah pandang masyarakat tentang pentingnya komputer kala itu.

Apple menemukan komputer pertama mereka oleh Wozniak dimana komputer tersebut terlihat seperti mesin ketik dengan adanya monitor, keyboard, dan casing dan diberi nama Apple I dan masih tergolong belum sempurna. Pada zaman tersebut memang komputer yang ada tidak adanya monitor untuk menampilkan visual.

Pada saat itu pengguna Apple I harus menggunakan TV sebagai layar dan keyboard yang terpisah. Pada kala itu penemuan Wozniak ini mengguncangkan dunia karena bisa dibangun dari komponen yang sederhana.

3. Perkembangan Apple Tahun 1978-1997

Apple memiliki kantor sendiri pada tahun 1978 dan pada tahun 1979 para insinyur diperkenankan untuk mengunjungi sebuah perusahaan yang bernama Xerox PARC dimana mereka mempelajari ilmu teknologi serta komputer di kampus PARC.

Xerox PARC sendiri adalah perusahaan yang sangat terkenal di dunia dan memiliki banyak prestasi teknologi. Jadi, Jobs memutuskan untuk mengunjungi perusahaan tersebut dalam rangka menuntut ilmu. Namun sayang, pada tahun 1997 Apple hampir mengalami kebangkrutan.

BACA JUGA :  Perbedaan Antara Buzzer Influencer Dan Endorser

4. Perkembangan Apple 1997 – Sekarang

Perkembangan Apple pada tahun 1997 Jobs ditetapkan sebagai CEO Apple dan akhirnya Apple kembali Berjaya dengan adanya aliansi bekerja sama dengan Microsoft dalam rangka menciptakan software yaitu Mac.

Selain itu, Jobs juga merilis iBook sebagai laptop personal, ada juga iPod untuk mendengarkan music dan software lainnya. Hal tersebut membuat penjualan melonjak tinggi dan omset pun menjadi tinggi. Namun penemuan terbesar yaitu pada tahun 2007, yaitu smartphone iPhone yang masih menjadi pilihan utama masyarakat sampai saat ini.

Itulah sekilas tentang perkembangan Apple dari masa ke masa yang jarang diketahui. Dibalik sebuah perusahaan besar, ternyata ada sebuah sejarah yang penuh perjuangan dibaliknya. Menarik bukan?

Related Posts