Sejarah Awal Perusahaan Samsung Dan Perkembangannya

Sejarah Awal Perusahaan Samsung Dan Perkembangannya Pranata Printing

Saat ini siapa sih yang tidak kenal dengan Samsung? Salah satu perusahaan asal korea selatan yang cukup terkenal kini sukses menjadi vendor populer di antara bisnis teknologi beberapa tahun terakhir. Namun tahukah anda bagaimana sebenarnya permulaan sejarah perusahaan Samsung dan perkembangannya hingga bisa sukses seperti sekarang?

Sejarah Perusahaan Samsung

Perusahaan Samsung dikenal sebagai salah satu produsen elektronik seperti panel LCD, TV, dan memory chip paling besar sedunia sekaligus sebagai produsen telephone yang terbesar kedua di dunia. Diketahui awalnya sejarah perusahaan Samsung sebagai perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan ekspor beragam produk dari korea selatan ke china.

Pada awalnya sejarah perusahaan Samsung didirikan pada tahun 1938 oleh Lee Byung-chul secara bertahap hingga berkembang menjadi korporasi multinasional seperti saat sekarang ini. Di Korea, kata Samsung berarti “tiga bintang” yang berkaitan dengan berbagai jenis usaha yang ada di Korea selatan dan juga di berbagai belahan dunia.

Samsung bermula pada saat Lee Byung-chul datang menuju kota Daegu dan kemudian mendirikan Samsung Sanghoe. Samsung Sanghoe merupakan perusahaan kecil dengan 40 karyawan yang berada di Su-dong atau sekarang dikenal dengan Ingyo-dong.

Ia mengusahakan Samsung agar dapat menjadi pemimpin industri dalam segala bidang seperti sekuritas, asuransi dan ritel. Dimulai pada akhir tahun 1960-an, Samsung sudah mulai berkembang menjadi salah satu industri elektronik dan juga membentuk berbagai divisi elektronik seperti, Samsung Electro-Mechanics Co,Samsung Electronics Co Devices, Samsung Semiconductor & Telecommunications Co dan Samsung Corning Co.

Satu set televisi hitam-putih pada saat itu menjadi produk pertama yang diciptakan Samsung sebagai produk elektroniknya. Kemudian pada tahun 1980-an, perusahaan Samsung sudah mulai membangun suatu perangkat telekomunikasi dengan membeli Hanguk Jeonja Tongsin. Dan produk awal yang diciptakannya yaitu Switchboards.

BACA JUGA :  Berbagai Manfaat Kopi Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Fasilitas tersebut kemudian kian berkembang menjadi salah satu sistem manufaktur faks dan telepon dan juga menjadi pusat dari manufaktur telepon Samsung. Hingga saat ini perusahaan Samsung tercatat sudah menghasilkan lebih dari 800 juta ponsel. Pada tahun 1980-an Samsung sudah dikelompokkan bersama dengan dibawah Samsung Electronics Co, Ltd.

Pada tahun 1990-an Sejarah perusahaan Samsung sudah mulai bangkit menjadi salah satu perusahaan internasional. Tak kalah menariknya cabang dari konstruksi Samsung juga mendapatkan kontrak untuk bisa membangun satu petronas towers yang ada di malaysia, Khalifa Burj di Uni Emirat Arab dan Taipei 101 di Taiwan.

Samsung telah berhasil menjadi salah satu produsen terbesar di dunia yang menciptakan memory chips tahun 1992 dan juga membuat chip terbesar didunia setelah Intel. Jika dibandingkan dengan beberapa perusahaan besar yang ada di Korea, Samsung menjadi salah satu perusahaan yang berhasil selamat dari krisis Asia pada tahun 1997.

Sepuluh tahun setelahnya, Samsung berhasil tumbuh sebagai produsen terbesar di dunia yang membuat panel layar liquid-crystal. Samsung dan sony sempat mendirikan S-LCD dan menjadi perusahaan patungan guna dapat menyediakan pasokan yang stabil dari panel LCD pada mereka dan membangung fasilitas serta dapat mengoperasikan pabrik di tanjung, korea selatan.

Sejarah perusahaan Samsung pada tahun 2004 dan 2005 mampu mengungguli Sony menjadi salah satu brand yang paling populer di kalangan konsumen elektronik bahkan kini mencapai peringkat ke 19 seluruh dunia. Samsung dikenal sebagai perusahaan terbesar kedua setelah nokia yang menjadi produsen ponsel khususnya di Eropa barat dan Amerika.

Keberhasilan perusahaan Samsung sebagai salah satu penyedia teknologi dan elektronik hingga kini terus berkembang menuju aspal kuat di pasar internasional dengan produk elektronik yang pastinya kini sudah menjadi kebutuhan di setiap rumah masyarakat. Diantara produk-produk tersebut seperti printer Samsung, TV-LCD, tabung gambar, dan produk teknologi tinggi lainnya.

BACA JUGA :  Pengertian Solar Panel Dan Cara Kerjanya

Diketahui bahkan Samsung telah berhasil menjadi yang terbaik di dunia dalam bidang industri LCD pada tahun 1993. Hingga kini sejarah kesuksesan perusahaan Samsung Sudah tidak lagi terbantahkan.

Sudah hampir di segala aspek teknologi sudah pernah diciptakan oleh perusahaan Samsung. Bahkan pada tahun 2013 Samsung Galaxy S4 yang menjadi smartphone andalan Samsung berhasil menjadi perangkat terpopuler pada saat itu. Oleh karena itu Samsung terus mempertahankan statusnya menjadi salah satu operator terbaik di dunia khususnya dunia teknologi.

Related Posts