Sejarah Singkat Perusahaan Alibaba Dan Perkembangannya

Sejarah Singkat Perusahaan Alibaba Dan Perkembangannya

Sejarah singkat perusahaan Alibaba dan perkembangannya tentu tidak bisa dilepaskan dari peran Jack Ma yang menjadi salah satu pendiri perusahaan ini. Meskipun awalnya sempat dipandang sebelah mata, namun ide Jack Ma berhasil membuat dirinya menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Pada awalnya Jack Ma dan temannya hanya memiliki mimpi untuk membuat perusahaan besar. Ide yang mereka utarakan kerap kali mendapatkan hinaan dari banyak orang karena dianggap mustahil. Namun dengan kegigihannya, Jack Ma berhasil membuktikan bahwa ia mampu menjadi orang sukses.

Kini Alibaba bahkan telah merambah ke kurang lebih 190 Negara di dunia. Kisah perkembangan perusahaan ini banyak menjadi inspirasi. Berikut ini merupakan sejarah singkat perusahaan Alibaba dan perkembangannya.

1999 – Sejarah Singkat Perusahaan Alibaba Dimulai

Kesuksesan perusahaan Alibaba mulai terlihat pada tahun 1999. Jack Ma dan 18 orang temannya mulai mendirikan sebuah perusahaan ritel.  Perjalanan yang harus ditempuh tidaklah mudah. Mereka harus merasakan sulitnya mencari tempat usaha yang terjangkau di Tiongkok.

Mereka akhirnya memutuskan untuk memulai usaha dari sebuah tempat kecil yang berlokasi di Hangzhou, Tiongkok. Dari kawasan tersebut, mereka mulai merintis sebuah tempat grosir. Namun, saat itu perusahaan yang dirintis baru memiliki skala yang kecil.

Seiring dengan perkembangannya, perusahaan Alibaba akhirnya memiliki sebuah situs website alibaba.com. Situs tersebut menjadi penanda awal bahwa produk Alibaba akan berfokus pada penjualan dengan cara daring atau online.

Meskipun pada saat itu penjualan secara online belum terlalu populer di Tiongkok, namun Jack Ma dan teman-temannya mampu membuat perencanaan yang tepat untuk membuat sistem belanja berbasis online. Hal ini terus dibuktikan di tahun-tahun berikutnya.

2004 – Kehadiran Alipay

Dalam perkembangannya, perusahaan Alibaba juga mulai mengembangkan sistem atau platform pembayaran sendiri. Cara pembayaran tersebut adalah Alipay. Alipay juga berhasil menjadi salah satu platform pembayaran terbesar di Tiongkok pada saat itu.

Dengan sistem QR yang berhasil dikembangkan, Alipay juga mulai memperluas pasarnya dengan mengintegrasikannya dengan website jual beli online yang telah dimiliki oleh perusahaan Alibaba sebelumnya. Integrasi tersebut akan memudahkan konsumen untuk berbelanja.

Bila konsumen akan membeli suatu barang dari situs Alibaba, konsumen hanya perlu mengisi saldo di akun Alipay untuk kemudian melakukan pembayaran dengan lebih cepat dan aman. Tak diduga-duga, cara ini sangat diterima oleh pasar Tiongkok saat itu.

Kehadiran Alipay juga ditandai dengan kehadiran beberapa anak perusahaan lain seperti TaoBao dan TMall. Kedua perusahaan tersebut kemudian membuat nama perusahaan Alibaba menjadi semakin besar.

2007 – Masuk ke Bursa Saham Hongkong

Dengan perkembangan yang sangat pesat, perusahaan Alibaba mampu membuktikan dirinya dengan masuk ke jajaran saham Hongkong yang juga akhirnya mampu mengantarkan mereka untuk mendapatkan investor-investor besar.

Pada tahun itu, Yahoo juga menjadi salah satu perusahaan yang memiliki saham terbesar perusahaan Alibaba. Pencatatannya cukup menakjubkan. Dana yang didapatkan sekitar 13 miliar dollar Hongkong. Jumlah ini menjadi penanda bahwa Alibaba merupakan perusahaan yang menjanjikan.

2014 – Merambah Pasar Internasional

Tidak cepat puas dengan pencapaian yang telah diraih, kemudian Alibaba kembali mengembangkan dirinya. Kali ini Alibaba telah memiliki banyak anak perusahaan, termasuk TMall dan berhasil merambah ke pasar internasional.

Pada tahun 2014, untuk pertama kalinya Alibaba berhasil masuk ke lantai bursa New York. Pada saat Alibaba berhasil masuk ke pasar internasional, Ia juga kembali berusaha untuk membeli kembali saham perusahaan yang telah dimiliki oleh Yahoo.

Setelah berhasil merambah ke semakin banyak negara, Alibaba juga mendapatkan tambahan investor besar, yaitu Suning senilai US$ 4.6 miliar. Jumlah tersebut membuat Alibaba kembali mengembangkan sayapnya untuk berintegrasi dengan perusahaan financial lain.

Alibaba berhasil mendapatkan lisensi untuk menjadi salah satu perusahaan fintech di dunia. Bukan hanya berjualan secara daring, kini perusahaan yang telah didirikan oleh Jack Ma tersebut menjadi salah satu perusahaan yang paling berpengaruh di dunia.

Perjalanan panjang perkembangan dan jatuh bangun perusahaan Alibaba tidak bisa dilepaskan dari peranan Jack Ma dan teman-temannya sebagai pendiri perusahaan tersebut. Sejarah singkat perusahaan Alibaba juga telah banyak dimuat sebagai salah satu kisah inspiratif di dunia.

Related Posts