Sejarah Singkat Perusahaan Bukalapak Dan Perkembangannya

Jika dengar nama Bukalapak pasti yang terlintas di pikiran ialah situs yang memudahkan jual beli secara online. Artikel ini juga membahas sejarah Bukalapak dan perkembangannya di samping  pengertian apa itu Bukalapak sendiri.

Sejarah Bukalapak di Indonesia pasti tidak lepas dari nama Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono serta Fajrin Rasyid. Tiga anak muda dengan bakat dan pemikiran luar biasa sebagai lulusan ITB ini memang pendiri Bukalapak. Semua lulusan Teknik Informatika dan uniknya lagi jika Bukalapak lahir dari sebuah kamar kos.

Sejarah Singkat Bukalapak

Seperti apa yang tersebut di atas, Bukalapak didirikan oleh tiga pemuda indonesia pada tanggal 10 Januari 2010. Tujuan awal dibuatnya situs ini sangat mulia demi memberi wadah bagi UKM di Indonesia. Secara UKM sendiri mempunyai peran penting dalam proses memajukan perkembangan perekonomian di Indonesia.

Karena melihat kebutuhan masyarakat dan pesatnya teknologi informasi menjadikan situs ini mudah berkembang pesat. Hal ini semakin tampak ketika adanya tren sepeda lipat di tahun 2010. SItus ini punya peran penting di mana menjadi wadah untuk jual beli berbagai sepeda hingga aksesoris dan lainnya.

Melihat peluang tersebut, banyak investor yang akhirnya tertarik untuk memberikan modal pada Bukalapak. Mulai dari Batavia Incubator, GREE Ventures di 2012 hingga masih banyak investor lainnya. Pada akhirnya seiring berjalannya waktu Bukalapak sendiri pada akhirnya mencatat transaksi yang nilainya semakin tinggi,

BACA JUGA :  Berbagai Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Franchise

Perkembangan Bukalapak

Perkembangan Bukalapak business model dari tahun ke tahun bisa dilihat dari beberapa penjelasan berikut ini.

  • Bukalapak sendiri didirikan pada tahun 2010 dengan Achmad Zaky sebagai CEO, Muhammad Fajrin Rasyid sebagai CFO, Nugroho Herucahyono sebagai CFO.
  • Setelah satu tahun berjalan, Bukalapak mulai banyak dilirik oleh investor dengan perusahaan Batavia Incubator yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara sebagai investor pertama.
  • Pada tahun 2012 mulai ada investor lain yang ikut berpartisipasi dalam proses penambahan modal yaitu GREE Ventures.
  • Di tahun 2014, Bukalapak sendiri juga mendapat tambahan investasi dari Aucfan, IREP 500 Startup dan juga GREE Ventures.
  • Di Tahun 2015 masuklah Grup Emtek melalui anak perusahaan bernama PT. Kreatif Media Karya.
  • Setelah banyaknya investor, Bukalapak semakin maju dengan pesat dengan bukti banyaknya penghargaan yang diraih.
  • Puncaknya di tahun 2017 dan juga 2018 berupa penghargaan AChmad Bakrie XVI 2018, Youtube Pulse 2018 dan masih banyak lagi yang lainnya.
  • Sepertinya di tahun 2019 menjadi tahun yang cukup berat untuk situs ini. Di tahun ini ada seorang peretas yang mengklaim telah mencuri data dari pengguna Bukalapak.
  • Namun untuk Bukalapak sendiri mengklaim jika tidak ada data nasabah yang dicuri hingga ada lagi cobaan berat menjelang akhir tahun 2019.
  • Adanya PHK pada karyawan Bukalapak yang kabarnya mencapai ratusan yang terjadi di bulan September 2019.
  • Kabar mengejutkan lagi ketika di tahun 2020, Achmad Zaky yang dulunya sebagai CEO Bukalapak pada akhirnya digantikan oleh Rachmat Kaimuddin.
  • Achmad Zaky sendiri pada akhirnya hanya fokus sebagai penasihat Bukalapak dan juga menjadi Tech Startup Mentor.
  • Sekarang ini Bukalapak terus berkembang dan juga berinovasi menjadi situs yang lebih baik lagi demi memenuhi kebutuhan pengguna dari segala bidang usahanya.
  • Pemilik Bukalapak sekarang ialah Suitmedia dan juga Kreatif Media Karya sementara Rachmat Kaimuddin sebagai CEO, Willix Halim sebagai COO dan juga Teddy Oetomo sebagai CSO.
  • Kamu dapat mengunjungi situs bukalapak.com dan nikmati setiap kemudahan yang dihadirkan situs ini.
  • Untuk kantor Bukalapak sendiri ada di Cilandak, Jakarta Barat sementara untuk kantor customer service berada di Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
BACA JUGA :  Manfaat Kerja Remote Bagi Seorang Karyawan

Setelah mengetahui sejarah Bukalapak dan juga perkembangannya seperti tersebut di atas bisa membuat sedikit gambaran untuk kita. Selamat menggunakan salah satu situs online terbaik buatan anak Indonesia ini.

Related Posts