Sejarah Singkat Perusahaan Traveloka dan Perkembangannya

Perusahaan Traveloka merupakan salah satu jasa layanan travel dalam bentuk platform yang cukup terkenal di Asia tenggara. Jasa ini menyediakan berbagai layanan mulai dari tiket akomodasi hingga penyewaan hotel.

Sejarah Traveloka dan perkembangannya tak pernah bisa luput dari pengaruh perkembangan teknologi. Terlebih dengan adanya dukungan dari Indonesia yang menjadi salah satu negara dengan penggunaan internet terbanyak di Asia.

Bahkan pada tahun 2011 pengguna internet di Indonesia meningkat cukup pesat dari 40 juta pengguna naik hingga lebih dari 50 juta pengguna. Dengan dasar inilah, Ferry Unardi memberanikan diri untuk membangun perusahaan tech startup di Indonesia.

Karena menurut riset yang ia pelajari, tech startup pada bidang travel dinilai cukup menguntungkan di Indonesia.

Sejarah Singkat Berdirinya Platform Online Traveloka

Menurut sumber, Traveloka berdiri sekitar 9 tahun yang lalu tepatnya di tahun 2012. Perusahaan berbasis daring ini didirikan oleh Ferry Unardi yang dibantu dengan rekannya yaitu Albert Zhang dan Derianto Kusuma.

Ferry Unardi sendiri merupakan warga Indonesia yang sempat menempuh pendidikan di Purdue University di Amerika Serikat. Semasa kuliah, pria berusia 33 tahun ini mengambil jurusan Computer Science and Engineering.

Dengan ilmu yang ia pelajari di bangku kuliah, ia bahkan sempat bekerja di perusahaan Microsoft selama tiga tahun sebagai software engineer. Berdirinya Traveloka awalnya juga didasari oleh pengalaman pribadi Ferry yang hendak pulang dari Amerika ke tanah kelahirannya, Padang, Sumatera.

Saat itu ia kesulitan menemukan tiket pesawat dari Indianapolis, Amerika menuju Kota Padang. Ditambah lagi berbagai website penyedia tiket pesawat tidak memberikan layanan yang memuaskan.

Setelah itu Ferry berinisiatif untuk menciptakan perusahaan Travel Agent untuk memudahkan orang-orang dalam bepergian. Kemudian Ferry mengajak dua temannya yang juga berasal dari Indonesia untuk membangun bisnis bersama yang juga pernah bekerja di perusahaan Microsoft.

Mereka bertiga kemudian menyusun bisnis selama 6 bulan sendiri tanpa adanya satupun investor. Pada tahun 2012 berdirilah Traveloka. Tujuan perusahaan Traveloka saat itu membantu orang-orang sebagai mesin pencari tiket pesawat dan reservasi hotel.

Perkembangan Traveloka di Indonesia

Sejak awal kemunculannya 9 tahun lalu, perkembangan Traveloka terbilang sangat pesat di jagat industri bisnis Indonesia. Pasalnya setelah beberapa bulan didirikan, perusahaan ini mampu menarik banyak investor bahkan bekerja sama dengan maskapai penerbangan.

Hasilnya pada pertengahan 2013, Traveloka secara resmi menyediakan jasa reservasi tiket pesawat. Tidak berhenti disitu pada tahun 2014, Traveloka kembali melebarkan sayapnya untuk membantu pengguna dalam reservasi kamar hotel secara online.

Hingga saat ini dalam hal transportasi, Traveloka tidak hanya menyediakan jasa reservasi tiket pesawat. Pelanggan juga dapat melakukan reservasi alat transportasi lain seperti kereta, bis, bahkan rental mobil.

Selain menyediakan jasa reservasi kamar hotel. Anda pun juga dapat melakukan reservasi apartment, guest house, villa, resort, dan lain-lain. Yang tidak kalah menarik, kini sudah ada lebih dari 100 maskapai penerbangan yang bekerja sama dengan traveloka baik domestik maupun internasional.

Selain lewat website akses Traveloka juga mudah karena sudah tersedia dalam aplikasi yang bisa diunduh iOS maupun Android. Untuk melakukan reservasi layanan yang tersedia di Traveloka, disediakan berbagai metode pembayaran yang memudahkan pelanggan.

Pembayaran layanan traveloka kini didukung dengan 40 macam metode pembayaran yang dapat dipilih pelanggan sesuai dengan selera. Tidak hanya di Indonesia, perusahaan travel agent ini juga sudah melebarkan sayapnya hingga ke berbagai negara di Asia lainnya seperti Filipina, Vietnam, Malaysia dan Singapura.

Perusahaan Traveloka sendiri memiliki beberapa visi dan misi. Visi misi Traveloka tentunya tidak luput dari peningkatan layanan bagi pelanggan. Salah satu visi perusahaan ini adalah untuk selalu memberikan kontribusi dalam peningkatan industri pariwisata dan transportasi di Indonesia.

Adapun keuntungan-keuntungan yang dapat diperoleh pelanggan saat menggunakan jasa layanan Traveloka. Diantaranya yaitu lebih cepat. Dengan Traveloka, Anda cukup melakukan reservasi secara online yang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Keuntungan selanjutnya yaitu Anda tidak akan kehilangan atau ketinggalan e-Ticket karena tersimpan di dalam akun aplikasi Traveloka Anda. Yang tidak kalah penting yaitu hemat kertas. Hal ini tidak bisa dianggap sepele karena print out tiket dengan kertas bisa menghabiskan banyak batang pohon.

Demikian ulasan seputar sejarah singkat Perusahaan Traveloka dan perkembangannya di Indonesia. Semoga bisa memberi wawasan baru.

Related Posts