Strategi Pemasaran Produk Yang Efektif Di Tengah Wabah Corona

Dalam mempromosikan sebuah produk tentu dibutuhkan strategi pemasaran produk yang mampu memberikan efek penjualan secara positif. Apalagi di tengah merebaknya pandemi Covid-19 yang benar-benar berdampak pada penurunan aktivitas penjualan.

Di sini sudah pasti jika Anda selaku pengusaha, maka harus memainkan kreativitas tinggi agar produk yang Anda tawarkan tetap bisa laku keras. Tentu saja di dalam penerapannya, Anda harus memahami strategi pemasaran di masa pandemi yang mungkin sedikit berbeda dari kondisi saat sebelum ada wabah corona.

Pada bagian ini ada beberapa langkah tepat yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan level penjualan atau setidaknya mempertahankan pemasaran supaya penjualan produk bisnis tetap bisa bertahan sebagaimana mestinya.

Teknik Pemasaran Produk Bisnis di Tengah Pandemi

Ada langkah-langkah memasarkan produk dengan tingkat efektivitas cukup tinggi dalam mendongkrak angka penjualan di saat wabah corona seperti saat ini, berikut tips pemasarannya.

Gunakan Komunikasi Yang Lebih Intens

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membangun komunikasi yang lebih intensif kepada calon pelanggan yang Anda targetkan. Jadi bukan hanya sekedar menawarkan produk dengan berbagai daya tariknya saja melainkan lebih kepada bagaimana Anda memberikan perhatian khusus terhadap kondisi konsumen di tengah wabah virus Covid-19 yang melanda saat ini.

Taktik pemasaran seperti ini bisa Anda gali dengan membangun kepercayaan bahwa Anda masih akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik sesuai protokol kesehatan anjuran pemerintah. Bahkan Anda bisa memberikan potongan harga atas produk yang Anda jual untuk sementara waktu dengan target pelanggan yang benar-benar membutuhkan barang tersebut.

Adakan Donasi Atas Nama Perusahaan Anda

Memang secara finansial hal ini tidak banyak memberikan keuntungan secara materi. Namun dari aspek sosial apalagi di masa pandemic seperti ini, tentu saja upaya tersebut mampu menarik dorongan sosial dari konsumen.

Misalnya saja Anda menjual sebuah produk seharga Rp 100.000. Dari harga tersebut 25% dari total harga tersebut akan didonasikan untuk membantu meringankan beban para pekerja yang di-PHK maupun penjual kecil yang tidak dapat lagi berjualan.

Dari sini tentu Anda akan mendapat dukungan secara moril dari para calon konsumen. Sehingga bisa dijadikan sebagai alat efektif untuk menjamin penjualan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Pastikan Produk Yang Anda Jual Aman Dan Steril

Tak bisa dipungkiri bahwa perhatian terhadap kesehatan di saat pandemic seperti saat ini tentu menjadi prioritas utama bagi para konsumen. Maka dari itu dalam menawarkan produk pastikan bahwa produk yang Anda jual telah benar-benar terjamin kesterilan dan keamanannya.

Sangat tidak disarankan untuk menawarkan produk yang justru akan memberikan kesan negatif yang mana akan merusak bisnis Anda. Dengan demikian kepastian akan jaminan dan kualitas produk ini nantinya akan memancing para konsumen agar semakin percaya bahwa jika bisnis yang Anda jual sudah minim akan segala risiko terkait penularan Virus Covid-19.

Fokus pada Pelanggan Setia

Bilamana Anda memiliki konsumen tetap maka itu adalah aset berharga, khususnya di tengah menjalarnya wabah virus corona ini. Bukan tanpa sebab mengingat pelanggan setia Anda tentu sudah mengenal bagaimana kualitas dan produk yang Anda jual kepada mereka saat transaksi.

Hal ini tentu menjadi kelebihan sekaligus kemudahan. Maka dari itu pertahankan selalu konsumen yang telah lama bertransaksi dengan Anda agar rotasi penjualan tetap berputar. Selain itu hal-hal lain yang kiranya berkenaan dengan pandemi corona, tentu akan lebih mudah dipahami oleh mereka karena kepercayaan yang telah terbangun.

Sebagai pengusaha tentu saja Anda menginginkan produk laku keras di pasaran. Bahkan di saat pandemic seperti saat ini sekalipun, kreativitas dalam mempromosikan produk adalah kunci. Maka dari itu selalu pantau perkembangan kebutuhan calon konsumen sasaran maupun pelanggan setia Anda agar bertahan untuk selalu percaya membeli produk yang Anda jual.

Yang jelas strategi pemasaran produk terbaik dan efektif di tengah merebaknya virus corona ini adalah dengan memahami kondisi konsumen sekaligus menjamin produk dalam kondisi aman dan steril dari penyebaran Covid-19.

Related Posts