Tips Agar Terlihat Profesional Saat Meeting Online

Keadaan saat ini membuat aktivitas dibatasi untuk meminimalisir kontak fisik. Termasuk rapat dan pertemuan penting yang mulai dialihkan secara daring. Maka dari itu dibutuhkan tips meeting online profesional meskipun tidak bertatap muka secara langsung.

Sebab masih banyak orang yang menganggap saat meeting secara online tidak perlu bersikap profesional. Padahal baik secara online maupun offline kita harus tetap tampil profesional. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar tetap terlihat profesional saat mengadakan virtual meeting.

Memiliki Ruang Kerja Khusus

Virtual meeting adalah pertemuan yang dilakukan secara daring menggunakan media online seperti zoom atau google meet. Kini perusahaan yang menerapkan Work from Home (WFH) menggunakan metode ini.

Tentu saja hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir adanya kontak fisik secara langsung. Untuk itu Anda harus selalu siap mengadakan meeting online yaitu dengan memiliki ruang kerja khusus.

Dengan memiliki ruangan khusus tentu gangguan yang didapatkan pun semakin sedikit. Selain itu Anda juga dapat mengatur pencahayaan di ruangan tersebut agar saat digunakan untuk meeting online terlihat bagus. Pencahayaan yang stabil dapat membuat Anda terlihat lebih profesional.

Pengaturan Kamera Yang Baik

Ketika melakukan rapat secara online Anda tentu akan membutuhkan kamera untuk terhubung langsung dengan peserta rapat lainnya. Saat menggunakan kamera untuk meeting online pastikan wajah tidak terlalu dekat dengan kamera. Sebab dapat membuat wajah Anda terlihat lebih lebar.

Sebaiknya duduk tegap di depan kamera dengan jarak yang normal selayaknya Anda sedang bekerja di depan laptop. Tidak perlu khawatir wajah tidak terlihat karena angle webcam cukup lebar. Selain itu jangan sampai kamera membelakangi cahaya karena akan membuat wajah Anda tidak terlihat dengan jelas.

Perhatikan Baju Yang Anda Gunakan

Ketika bekerja di rumah Anda mungkin bisa menggunakan baju yang lebih santai. Namun ketika ada virtual meeting maka jangan sampai menggunakan baju santai. Sebab meski dilakukan tanpa tatap muka langsung Anda harus tetap memperhatikan etika meeting online.

Gunakanlah pakaian formal selayaknya ketika Anda datang ke kantor. Setidaknya gunakan baju kemeja agar terlihat profesional. Apalagi jika meeting bersama dengan klien penting.

Menggunakan Laptop Bukan Smartphone

Banyak sekali orang yang memilih untuk menggunakan smartphone saat meeting online. Hal ini karena smartphone dapat dibawa kemana saja dengan mudah. Namun cara rapat virtual yang profesional adalah dengan menggunakan laptop.

Sebab dengan menggunakan laptop kamera lebih stabil karena tidak bergerak. Anda pun bisa menuliskan point-point penting saat rapat karena tidak perlu memegang smartphone. Layar laptop pun lebih luas sehingga ketika ada presentasi Anda dapat membacanya dengan jelas.

Apabila laptop tidak mendukung dan memilih menggunakan smartphone maka gunakanlah holder. Tujuannya agar Anda tidak perlu memegangi smartphone selama rapat berlangsung dan kamera lebih stabil.

Fokus Pada Rapat

Ketika melakukan meeting online sebaiknya Anda fokus pada rapat. Jangan melakukan hal lainnya baik ketika on maupun off camera. Misalnya mengerjakan pekerjaan lain menelpon atau bahkan makan saat rapat berlangsung.

Hal tersebut tentu sangat tidak profesional karena tidak bisa menghargai pembicara saat rapat. Maka dari itu lakukan sebelum atau sesudah rapat hal-hal yang ingin Anda lakukan. Selama rapat fokuslah pada pembahasan dan catat point-point pentingnya.

Memberikan Tanda Sebelum Berbicara

Saat melakukan rapat pasti akan selalu ada hal-hal yang tidak sesuai dengan pendapat Anda. Namun untuk menyampaikan pendapat sebaiknya memberikan tanda terlebih dahulu. Sebelum mendapat persetujuan untuk berbicara, jangan memotong pembicaraan orang lain.

Ini merupakan etika dasar yang harus diketahui oleh semua orang. Sebab memotong pembicaraan orang lain sangat tidak sopan. Apalagi jika dalam situasi formal seperti meeting bersama rekan kerja maupun klien.

Demikian beberapa tips meeting online profesional yang dapat Anda terapkan. Dengan melakukan hal-hal tersebut maka Anda bisa terlihat lebih profesional ketika meeting online meskipun bekerja di rumah. Membiasakan diri untuk terlihat profesional di segala keadaan sangat penting bagi semua orang.

Related Posts